11 Cara Menumbuhkan dan Menebalkan Rambut Bayi Secara Alami

Banyak orang tua penasaran bagaimana cara menumbuhkan dan menebalkan rambut bayi mereka. Anda mungkin salah satunya. Padahal hingga usia 4 bulan, merupakan hal yang normal bila rambut bayi rontok sebagian atau bahkan semuanya.

Rambut baru yang diharapkan segera tumbuh pun tampaknya tak kunjung datang. Dan saat tumbuh, maka rambut baru tersebut ternyata memiliki tekstur serta warna yang berbeda dari sebelumnya. Semua hal ini normal karena bergantung penuh dari genetik bawaan.

menumbuhkan melebatkan rambut bayi

Meski begitu, masih ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan bila ingin rambut buah hati segera tumbuh dan tebal. Apa sajakah itu?

Cara Menumbuhkan dan Melebatkan Rambut Bayi

  1. Lakukan perawatan yang tepat
  2. Cuci rambut bayi secara rutin dengan shampo berkualitas
  3. Perlunya kondisioner untuk bayi
  4. Keajaiban aloe vera
  5. Gelatin pun oke
  6. Jangan segan bereksperimen dengan produk baru
  7. Jangan pakai pemanas
  8. Trimming rutin
  9. Pilih makanan penumbuh rambut
  10. Baby oil untuk kulit kepalanya yang kering
  11. Lain-lain

Baca terus penjelasannya…

# | Lakukan perawatan yang tepat

Karena bayi baru lahir menghabiskan banyak waktunya untuk tidur dan berbaring, maka ini bisa membuat rambutnya kusut. Bila dibiarkan, kusutnya rambut si kecil akan semakin sukar diuraikan sehingga menyebabkan rambut harus dipotong. Oleh sebab itu ada baiknya Anda melakukan perawatan yang tepat pada rambut buah hati sejak dini.

Hindari mencuci rambut bayi terlalu sering. Dan untuk jumlah shamponyapun, jangan terlalu banyak karena dapat membuat tekstur rambut menjadi kasar dan kusut. Sisir rambut bayi dengan lembut menggunakan sisir khusus bayi. Ketika menyisir rambutnya, ada kalanya bayi merasa lelah. Oleh sebab itu, tak ada salahnya Anda menyanyikan sebuah lagu untuk menenangkannya.

Tak hanya mengurai kekusutan rambut, menyisir rambut juga bisa melancarkan peredaran darah di kulit kepala bayi. Bila peredaran darah lancar, maka folikel rambut yang bertindak sebagai akar juga semakin dikuatkan.

# | Cuci rambut bayi secara rutin dengan shampo berkualitas

Meski rambut bayi tampaknya selalu bersih, akan tetapi penting untuk mencuci rambut dan kulit kepalanya seminggu sekali. Bersihnya kulit kepala bisa merangsang pertumbuhan rambut bayi.

Pilihlah shampo yang tidak pedih di mata dan yang bahannya aman, organik lebih baik. Shampo dengan tambahan minyak esensial seperti lavender atau chamomile bisa membantu menenangkan si kecil ketika rambutnya sedang dicuci.

Dan walaupun shamponya sudah aman, namun tetap siapkan handuk dan seka area kening serta telinganya agar tetap kering. Bagaimanapun juga kondisi basah dan licin akibat shampo masihlah dirasa kurang nyaman bagi sebagian besar bayi. Anda juga bisa mengalihkan perhatian bayi dari rasa tidak nyaman dengan menyediakan mainan kesukaannya. Pijat lembut kepalanya selagi membilas.

# | Perlunya kondisioner untuk bayi

Walau tak sepenuhnya diperlukan, namun jika rambut bayi kering dan bertekstur keriting, maka Anda bisa membuat sendiri kondisioner alami. Produk susu seperti yogurt dapat menyehatkan rambut karena kaya akan kalsium.

Resep lain adalah dengan mencampurkan madu murni dengan minyak zaitun murni (1:1), tambahkan sedikit bir bila ada. Pijatkan ke rambut buah hati dan diamkan 15 menit sebelum dibilas. Adonan kondisioner lain yang patut dicoba adalah campuran alpukat dengan minyak kelapa dan madu; atau pisang dengan minyak zaitun dan madu.

# | Keajaiban aloe vera

Cara menumbuhkan dan menebalkan rambut bayi selanjutnya adalah dengan memanfaatkan khasiat aloe vera. Seperti kita ketahui bersama lidah buaya memang bagus untuk kulit dan rambut. Anda bisa memanen dan mengolah getahnya sendiri bila punya tanaman di rumah. Namun bila tidak, carilah produk aloe vera yang aman untuk bayi. Pakailah gel lidah buaya ini sebagai tahap akhir bagi perawatan rambut si kecil.

# | Gelatin pun oke

Tak banyak yang tahu bahwa gelatin bagus untuk rambut. Kandungan asam amino jenis prolin dan glisin dalam gelatin sangat penting karena bisa membuat rambut tumbuh sehat pada bayi. Selain itu, asam amino ini juga bisa memperkuat sistem imun tubuh si kecil.

Jadi bila Anda ingin mencobanya, campurkan bubuk gelatin dengan air dingin & panas (1:1), 1 sdt cuka apel, serta madu. Pijatkan cairan tersebut di kulit kepalanya dan diamkan beberapa menit. Lalu cuci rambut bayi seperti biasa.

# | Jangan segan bereksperimen dengan produk baru

Tak ada salahnya mencoba produk baru dan membandingkan hasilnya, mana yang paling bagus bagi rambut bayi. Ketimbang membeli produk shampo dalam botol besar, ada baiknya Anda membeli beberapa sample sebagai uji coba untuk mencari mana yang terbaik.

# | Jangan pakai pemanas

Jangan sesekali mengeringkan rambut bayi yang basah dengan blow dry karena kulit kepala bayi belumlah sekuat orang dewasa. Selain itu, suhu panas dari hair dryer bisa membuat rambut kering.

# | Trimming rutin

Lakukan trimming secara rutin. Anda bisa membawa bayi ke salon khusus bila takut melakukannya sendiri. Mengenai hal ini, memang benar bahwa mencukur rambut bayi tidak membuatnya tumbuh lebih tebal. Hal ini dikarenakan rambut tumbuh dari folikel yang terletak di bawah kulit kepala. Jadi setiap aksi yang dilakukan terhadap rambut di permukaan tidak berdampak sama sekali dengan pertumbuhan rambut di folikel.

# | Pilih makanan penumbuh rambut

Beberapa makanan yang mengandung protein sehat seperti salmon, telur, dan bayam bisa membuat rambut tetap sehat. Begitu pula dengan vitamin D, jadi jangan segan memberikan asupan walnut, ubi manis, almond, wortel, aprikot, dan labu kepada buah hati.

Anda bisa mengolah makanan menjadi pasta bertekstur lunak sehingga mudah dicerna oleh bayi. Tambahkan sedikit garam sebagai penambah rasa.

# | Baby oil untuk kulit kepalanya yang kering

Seringkali penyebab mengapa rambut tidak tumbuh sehat adalah karena kulit kepalanya. Kulit kepala yang kering dan gatal bisa membuat rambut rawan rontok. Untuk menghindari hal ini, periksa kulit kepala buah hati secara rutin. Pijatkan baby oil yang ditambahi dengan minyak kastor agar rambut tumbuh cepat.

# | Beberapa tips lainnya

Anda boleh mengikat rambut si kecil bila itu mulai panjang, namun jangan terlalu ketat. Mengikat atau mengepang rambut terlalu ketat dapat merusak akar rambut karena daya tarik berlebihan.

Hindari mengganti pola makan bayi secara ekstrim hanya gara-gara Anda ingin rambutnya cepat tumbuh. Beda anak, beda pula kecepatan tumbuh rambutnya, jadi Anda tak perlu khawatir.

Cara menumbuhkan dan menebalkan rambut bayi terakhir adalah dengan membiasakan buah hati banyak minum untuk memenuhi kebutuhan cairan harian.

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer