Anak Susah Makan? Ini Tips Ampuh Mengatasinya

Ada beberapa penyebab mengapa anak susah makan. Di antaranya dimungkinkan karena pengalaman sebelumnya yang mempengaruhi emosi seperti ketakutan, cemas, atau kesedihan yang bisa sangat mempengaruhi nafsu makan anak.

Pengalaman buruk pada saat diberi makan juga bisa mempengaruhi nafsu makan anak contohnya dipaksa untuk makan, terlalu cepat memeberi makan, memakai botol dot yang bisa membuat psikologi negatif yang berhubungan dengan makan. Variasi makanan yang terbatas juga bisa mempengaruhi nafsu makan pada anak.

Apa yang harus dilakukan bila anak susah makan?

Atasi Penyebab. Pertama, eliminasi faktor yang mempengaruhi seperti pengobatan atau gangguan gigi yang dapat mempengaruhi nafsu makan seperti gigi yang bolong, gusi yang bengkak, batuk, alergi, amandel yang membesar, masalah pencernaan, dan parasit contohnya cacingan.

Jangan memaksa. Walaupun memberi nutrisi yang baik adalah prioritas utama tetapi jangan jadikan hal tersebut untuk memaksa anak Bunda sehingga akan menimbulkan dampak psikologi yang buruk pada makanan. Sebesar apapun tekanan yang Bunda rasakan untuk memenuhi nutrisi pada tubuhnya yang sedang tumbuh, ingatlah apa yang anak Bunda makan tidak lebih penting dibanding perasaannya terhadap makanan yang ini akan berdapak selama sisa hidupnya.

Makanan baru dan rasa baru. Anak susah makan bisa jadi karena dia bosan atau tidak suka dengan makanan yang ditawarkan. Pendekatan secara perlahan-lahan untuk memperkenalkan tekstur dan rasa makanan yang baru memberikan ruang untuk anak memproses makanan baru tersebut. Coba untuk menambahkan sejumlah tekstur baru contohnya makanan yang lembut menjadi makanan yang agak crunchy. Apabila dalam jumlah kecil diterima oleh anak boleh ditambahkan atau diganti secara bergantian. Begitu juga untuk rasa, perkenalkan kepada anak rasa yang bervariasi. Biasanya butuh waktu untuk memperkenalkan makanan baru. Bila ketika kita perkenalkan anak makanan baru tapi ia hanya mau makan sedikit, maka itu tidak mengapa, letakkan saja di piring si anak. Hal ini memberikan kesempatan pada anak untuk menyentuh dan mencium makanan tersebut secara suka rela karena rasa penasaran yang tinggi.

Ajak anak Bunda untuk ikut memasak. Bila anak Bunda diajak dikutsertakan untuk memilih dan memasak makanan mereka sendiri, mereka merasa tertarik untuk makan apa yang telah mereka buat. Bisa ajak anak Bunda memotong sayur-sayuran agar mereka tertarik untuk makan sayur-sayuran, dan lain-lain.

mengatasi anak susah makan

Makan bersama dalam satu meja sesering mungkin. Anak-anak lebih suka untuk makan bila melihat orang lain melakukan hal yang sama dan mereka akan meniru apa yang orang lain lakukan. Oleh karena itu salah satu cara mengatasi anak susah makan yaitu mengajaknya untuk makan bersama. Jadi untuk ayah bundanya harus menjadi contoh untuk anak sendiri. Mereka akan meniru apa yang Bunda lakukan, bila ayah bunda makan sayur misalnya, anak Bunda pun akan makan sayur. Pahamkan tentang “alarm” tubuh Bunda kapan merasa lapar kapan merasa kenyang dan anak Bunda akan belajar untuk melakukan hal yang sama.

Tingkatkan keinginan makan pada anak. Biasanya anak-anak akan lebih banyak makan bila mereka merasa lapar. Coba lah beberapa cara untuk meningkatkan rasa lapar agar anak mau makan yaitu dengan cara mendorong anak untuk melakukan aktifitas fisik sebelum waktu makan, bila mungkin lakukan di luar ruangan, hal ini dapat meningkatkan rasa lapar. Bisa ajak anak Bunda bermain bola, berlari-lari, bermaian anjing kucing, dan sebagainya.

Porsi Kecil. Tawarkan beberapa porsi kecil sehari daripada 3 kali sehari dalam porsi besar. Lebih baik makan lebih sering dalam porsi kecil daripada memaksakan anak makan dalam jumlah besar sekaligus. Bisa diberikan 3-4 kali porsi makanan berat dan diselingi 2 kali snack.

Beri Minum dengan Tepat. Jika anak Bunda sering minum pada saat makan, coba tawarkan minum di tengah makan saja atau di akhir makan. Jadi si anak tidak cepat merasa kenyang.

Berikan penghargaan dan pengertian. Sampaikan dan jelaskan betapa pentingnya makanan untuk pertumbuhannya jadi makanan harus dihabiskan. Betapa senangnya Bunda bila sang anak menghabiskan makanan di piring. Puji anak Bunda sebagai anak yang pintar dan sehat. Hal ini mendorong perasaan sang anak untuk dihargai sehingga anak susah makan pun dapat teratasi.

Itulah beberapa alasan dan tips cara mengatasi anak susuah makan, semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer