Kapan Bayi Bisa Melihat dengan Jelas?

Salah satu momen terindah ketika memiliki bayi adalah saat pertama kalinya bayi yang baru lahir membuka mata dan melakukan kontak mata dengan Anda. Seolah sang bayi sedang mengemati wajah Anda, namun apakah bayi bisa melihat dengan jelas pada saat itu? Jika tidak, kapan bayi bisa melihat dengan jelas?

Tidak seperti sistem pendengaran yang sudah matang dan berfungsi baik saat bayi dilahirkan, sistem visual atau penglihatan bayi yang baru lahir membutuhkan beberapa waktu untuk berkembang hingga berfungsi penuh. Segera setelah lahir hingga minggu pertama kehidupan, bayi tidak dapat melihat dengan detail. Bayi bisa melihat namun tidak jelas dan hanya dalam warna abu-abu, hitam dan putih. Yang terlihat hanya objek dekat dan itupun terbatas pada tepi objek. Dibutuhkan beberapa bulan agar fungsi penglihatan bayi berkembang sepenuhnya.

kapan bayi bisa melihat

Lantas, umur berapa bayi bisa melihat jelas?

Bayi akan bisa melihat cukup jelas pada saat dia berusia 12 bulan, tapi penglihatannya tidak sepenuhnya sempurna sampai dia berusia antara 3 sampai 5 tahun.

Perkembangan fungsi penglihatan akan meningkat secara dramatis selama tahun pertama. Saat lahir bayi dapat mendeteksi cahaya dan gerak, maka ia bisa melihat bentuk wajah dengan mengamati tepinya dan objek yang besar. Pada akhir bulan pertama, bayi dapat melakukan kontak mata dan fokus pada objek pada jarak sekitar 12 inci.

Pada saat bayi berusia 3 sampai 4 bulan, ia dapat membedakan antara warna dan fokus pada objek yang lebih kecil. Ketika ketajaman persepsinya membaik, dia bisa fokus pada objek sampai 3 kaki dan melihat aktivitas di sekelilingnya. Jika Anda memindahkan mainan dari satu sisi ke sisi lainnya dengan jarak beberapa inci dari wajahnya, maka dia akan mengikutinya dengan gerakan bola mata atau tengokan sesuai arah gerak objek.

Jika bayi tidak dapat melihat benda bergerak, atau jika ia tampaknya mengalami kesulitan untuk menggerakkan bola matanya dalam mengikuti gerak objek sedangkan ia sudah berusia 4 bulan, maka berbicaralah dengan dokter untuk dilakukan pemeriksaan.

Tahapan Penglihatan Bayi

Lebih detil, berikut urutan perkembangan fungsi penglihatan bayi dari pertama lahir hingga berusia satu tahun.

Mata Bayi di Bulan Pertama

Mata bayi tidak sangat sensitif terhadap cahaya di bulan pertama kehidupan. Bahkan, jumlah cahaya yang diperlukan untuk menyadari adanya cahaya (disebut ambang deteksi cahaya) adalah 50 kali lebih tinggi dari orang dewasa.

Jadi tidak masalah untuk menghidupkan lampu di kamar bayi, itu tidak akan membuatnya silau, tidak menganggu tidur.

Pada usia ini, bayi mulai mengembangkan kemampuannya untuk melihat warna dengan sangat cepat. Pada satu minggu setelah lahir, mereka bisa melihat merah, oranye, kuning dan hijau. Tapi itu butuh waktu sedikit lebih lama baginya untuk dapat melihat warna biru dan ungu. Hal ini karena cahaya biru memiliki panjang gelombang yang lebih pendek, dan reseptor warna yang dalam retina manusia masih sedikit untuk cahaya biru.

Tips: Untuk membantu merangsang penglihatan bayi, hiasi kamarnya dengan warna terang, warna ceria. Termasuk karya seni dan perabotan dengan kontras warna dan bentuk.

Penglihatan Bayi Usia 2 – 3 Bulan

Banyak kemajuan perkembangan penglihatan yang berlangsung di bulan kedua dan ketiga. Tajam penglihatan menjadi meningkat, dan mata mereka mulai bergerak lebih baik. Mata bayi akan mengikuti obyek yang bergerak, bisa lirik kanan-kiri tanpa menggerakkan kepala.

Mata bayi menjadi lebih sensitif terhadap cahaya: pada usia 3 bulan, batas deteksi cahaya bayi hanya 10 kali dari orang dewasa.

Tips: Redupkan lampu sedikit saja agar tidak menganggunya untuk tidur. Perlihatkan warna dominan warna biru untuk merangsang agar bayi bisa melihat lebih baik.

Penglihatan Bayi Usia 4 sampai 6 Bulan

Pada usia 6 bulan, kemajuan signifikan telah terjadi di pusat-pusat penglihatan di otak, yang memungkinkan bayi untuk melihat lebih jelas dan gerakan bola matanya lebih cepat dan lebih akurat untuk mengikuti benda bergerak.

Ketajaman visual meningkat dari sekitar 20/400 saat lahir menjadi sekitar 20/25 di usia 6 bulan. penglihatan warna harus sama dengan orang dewasa, sehingga memungkinkan bayi bisa melihat semua warna pelangi.

Bayi juga memiliki koordinasi mata-tangan yang lebih baik pada 4 sampai 6 bulan, yang memungkinkan bayi untuk cepat menemukan dan mengambil benda dan dengan akurat mengarahkan botol susu ke mulutnya.

Penglihatan Bayi 7 sampai 12 Bulan

Bayi sekarang lebih mobile, mulai merangkak bahkan ada yang sudah berjalan. Saat ini ia sudah bisa menilai jarak, lebih akurat dalam menangkap dan melempar benda-benda.

Ini merupakan periode perkembangan penting bagi anak. Pada tahap ini, bayi sedang mengembangkan sebuah kesadaran yang lebih baik dari tubuhnya secara keseluruhan dan belajar bagaimana untuk mengkoordinasikan penglihatan dengan gerakan tubuh.

Ini juga merupakan waktu yang membutuhkan ketekunan orang tua untuk menjaga bayi dari bahaya. Benjolan, memar, cedera mata dan cedera serius lainnya dapat terjadi saat ia mulai secara fisik mengeksplorasi lingkungannya.

Jangan khawatir jika mata bayi mulai berubah warna. Kebanyakan bayi yang lahir dengan mata biru karena pigmen gelap di iris tidak sepenuhnya dikembangkan pada saat lahir. Seiring waktu, pigmen lebih gelap akan diproduksi di iris, yang akan mengubah warna mata bayi yang tadinya biru menjadi menjadi coklat, hijau, abu-abu atau campuran warna, seperti pada mata cokelat.

Kapan bayi bisa melihat dengan jelas? jawabannya adalah saat dia berusia 12 bulan dengan rincian tahapan seperti di atas.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer