Suplemen Vitamin untuk Anak Susah Makan

Ketika anak susah makan, kebanyakan orang tua mulai khawatir akan kesehatan sang anak. Rasa kekhawatiran akan mendorong berbagai upaya untuk mengatasi masalah tersebut, salah satu upaya yaitu menggunakan suplemen atau vitamin untuk anak susah makan. Vitamin apa yang dimaksud? simak terus penjelasannya pada artikel berikut.

Selera makan yang rendah pada anak-anak memang patut untuk benar-benar diperhatikan. Betapa tidak, anak-anak memang tidak peduli dengan kesehatannya, tetapi sebagai orang tua tentu kita harus waspada jangan sampai lantaran anak susah makan atau bahan tidak mau makan sama sekali menjadi masalah kesehatan di kemudian hari. Padahal nutrisi dan zat gizi sangat diperlukan untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, apabila tidak terpenuhi tentu hal itu akan terganggu bahkan anak bisa mengalami  gizi buruk.

vitamin untuk anak susah makan

The American Academy of Pediatrics merekomendasikan bahwa orang tua yang memiliki anak susah makan, dianjurkan untuk mendiskusikan hal tersebut dengan dokter anak. Hal ini penting untuk agar diketahui masalah apa yang menyebabkan anak susah makan, misalnya ada penyakit tertentu yang berperan. Tentu hal ini harus diatasi terlebih dahulu.

Jika diperlukan dokter juga akan merekomendasikan suplemen vitamin untuk anak susah makan. Upaya ini terutama diterapkan pada anak yang kekurangan zat gizi berupa vitamin dan mineral.

Banyak pakar yang mengatakan bahwa salah satu alasan kenapa anak susah makan yaitu ketika anak-anak memasuki usia belajar, mereka mengalami perlambatan laju pertumbuhan. Pengaruh tingkat pertumbuhan yang berkurang ini biasanya memicu penurunan nafsu makan. Ini merupakan proses alamiah yang tidak sampai menimbulkan masalah berarti bagi kesehatan anak. Namun apabila susah makan yang terjadi membuat anak menjadi tidak berenergi dan cendrung lemas, maka hal ini bisa diatasi dengan suplemen vitamin anak untuk menambah nafsu makan.

Beberapa Vitamin dan Bahan Alami Penambah Nafsu Makan

# Vitamin B

Vitmin B terbukti secara klinis untuk meningkatkan nafsu makan. Terkhusus vitamin B9 yang juga dikenal sebagai folacin. Ini adalah vitamin yang larut dalam air yang membantu tubuh memecah protein dan membangun protein baru.

Vitamin tidak hanya meningkatkan nafsu makan, tetapi juga membantu menstimulasi asam pencernaan dan membantu untuk membangun sel-sel darah merah. Untuk anak yang susah makan tidak harus mengonsumsi vitamin B9 dalam bentuk supelemen, lebih gunakan gunakan sumber makanan alami, seperti buah jeruk, jus jeruk, gandum, kacang, kacang-kacangan, sayuran berdaun hijau gelap, kerang, hati dan unggas.

# Asam Folat

Kekurangan asam folat, atau folat, dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan, sehingga mengobati kekurangan asam folat dengan meningkatan asupan asam folat dapat membantu meningkatkan nafsu makan kembali normal.

Jangan mengonsumsi suplemen asam folat kecuali dokter menyarankannya, karena hal ini dapat menyebabkan ketidakseimbangan dari vitamin B yang lain, dan folat dapat berinteraksi dengan obat tertentu. Sebaiknya gunakan sumber makanan alami yang kaya akan asam folat seperti sayuran berdaun hijau, buah jeruk, brokoli, asparagus, dan kacang-kacangan.

# Vitamin K

Kekurangan vitamin K juga dapat menyebabkan hilangnya nafsu makan pada anak ataupun dewasa, serta lemah tulang, lesu, mudah memar dan pertumbuhan yang lembat. Anak-anak berusia 1-3 tahun harus mengkonsumsi setidaknya 30 mikrogram vitamin K per hari untuk menghindari gejala defisiensi (kekurangan). Anak kita dapat terpenuhi kebutuhan vitamin K dengan meningkatkan asupan makanan berupa sayuran berdaun hijau, asparagus, plum dan kedelai.

# Kelebihan Vitamin D

Tidak hanya kekurangan vitamin, kelebihan vitamin juga bisa menyebabkan anak susah makan. Misalnya ketika anak diberikan suplemen vitamin D dalam jumlah yang sangat besar, maka hal ini dapat menyebabkan gejala keracunan yang meliputi kehilangan nafsu makan, diare, lemah, perubahan mental dan muntah.

Kecukupan gizi yang dianjurkan untuk vitamin D adalah 600 unit internasional per hari untuk anak-anak dan orang dewasa. Vitamin D tersedia dalam makanan-makanan seperti jamur, telur, tahu, daging dan ikan berminyak.

# Meningkatkan Asupan Zinc

Zinc membantu membangun nafsu makan anak. Zat ini banyak terkandung dalam makanan-makanan seperti gandum, kacang mete, biji labu, dan seafood. Jika hendak menggunakan suplemen zink, konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter.

# Yoghurt

Yoghurt merupakan salah satu makanan yang penting untuk anak. Ini adalah produk susu yang mengandung probiotik yang sehat dan kalsium yang menakjubkan untuk nafsu makan dan kekebalan tubuh anak.

Baca juga:

Obat atau Vitamin untuk Anak Susah Makan

Berikut ini beberapa obat atau vitamin yang sering diresepkan dokter untuk mengatasi anak susah makan, pastikan berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakannya.

  • Multivitamin B. Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa kekurangan vitamin B kompleks dapat mempengaruhi nafsu makan anak. Lebih lanjut vitamin ini berperan melancarkan proses pencernaan dan mengatasi gangguan gangguan penyerapan dan penggunaan zat makanan, mempercepat proses penyembuhan, menunjang pertumbuhan anak, mengatasi sariawan, sembelit, dan gangguan fungsi saraf.
  • Probiotik. Probiotik adalah mikroorganisme hidup (bakteri) yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Bakteri-bakteri baik tersebut dalam organ pencernaan membantu proses pencernaan. Contohnya lactic acid bacteria (LAB). LAB telah populer digunakan dalam industri makanan, bakteri ini mampu mengubah gula (termasuk laktosa) dan karbohidrat lain menjadi asam laktat. Contoh probiotik lainnya seperti Lactobacillus pada yoghurt. Dengan meningkatnya kesehatan sistem pencernaan, maka otomatis nafsu makan anak akan meningkat alias normal kembali.
  • Cyproheptadine. Ini sebenarnya adalah obat anti alergi golongan antihistamin yang biasa digunakan untuk mengobati reaksi Alergi seperti gatal-gatal, kemerahan, pembengkakan, dan sebagainya. Namun ada efek lain dari obat ini, yaitu dapat meningkatkan nafsu makan. Setelah diselidiki, ternyata penyebab tersering gangguan sulit makan pada anak adalah gangguan saluran cerna yang sering dialami oleh penderita alergi.
  • Enzyplex. Enzyplex merupakan suplemen enzim pencernaan yang diperlukan untuk mengatasi gangguan pencernaan berupa perut kembung, sering bersendawa, rasa begah, sering buang gas, perut terasa penuh, dan sebagainya. Gejala-gejala tersebut membuat anak menjadi tak nafsu makan,sehingga penggunaan Enzyplex atau produk sejenis seperti Vitazym terkadang bisa membantu memulihkan nafsu makan anak. Sebaiknya berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum menggunakan obat ini.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer