Jangan Abaikan 10 Ciri-Ciri Kanker Prostat Berikut Ini

Dari sekian jenis penyakit mematikan, kanker prostat termasuk salah satu yang bisa disembuhkan bila mendapat penanganan yang cepat dan tepat. Namun karena gejalanya agak sulit dideteksi dan penyebaran sel kankernya tergolong lambat, maka tak sedikit penderitanya yang meninggal. Agar hal buruk tersebut tak sampai terjadi, maka kenali ciri-ciri kanker prostat berikut ini.

10 Ciri-Ciri Kanker Prostat

  1. Sering buang air kecil
  2. Urin susah keluar
  3. Aliran urin kecil dan tersendat
  4. Timbul rasa sakit atau terbakar saat kencing
  5. Sulit untuk melakukan atau mempertahankan ereksi
  6. Timbul rasa sakit ketika ejakulasi
  7. Adanya darah pada urin atau sperma
  8. Munculnya rasa sakit pada punggung bawah atau pinggul
  9. Mati rasa atau melemahnya tangan dan kaki
  10. Tak bisa mengontrol saluran kencing atau usus besar

Simak terus penjelasannya…

ciri-ciri kanker prostat

1| Intensitas buang air kecil meningkat

Salah satu ciri-ciri kanker prostat yang pertama dan paling umum adalah sering buang air kecil. Gangguan lain seputar masalah urinasi biasanya ikut menyusul. Hal ini dikarenakan ketika prostat dihinggapi sel kanker, maka kondisinya akan mengalami peradangan dan membesar. Membesarnya ukuran prostat tersebut akhirnya menekan kandung kemih sehingga memicu hasrat untuk buang air kecil terus-menerus.

Masalahnya, gejala ini bisa saja diabaikan oleh beberapa orang karena disalahartikan sebagai hal yang wajar, apalagi kalau penderitanya suka minum air atau cairan lain yang bersifat diuretik seperti teh dan kopi. Yang menjadi pembeda kalau gejala sering buang air kecil ini disebabkan oleh kanker prostat adalah urin yang keluar hanya sedikit-sedikit, bahkan hanya menetes.

Walau gejala ini bisa juga disebabkan oleh berbagai faktor lain seperti bertambahnya usia seorang pria, namun tak ada salahnya untuk segera mengunjungi bila Anda mengalaminya.

2| Urin susah keluar

Masih berkaitan dengan masalah urinasi. Seperti yang sempat disinggung di atas, bahwa meski seseorang ingin buang air kecil, namun tidak ada atau hanya sedikit urin yang dikeluarkan, hanya menetes, terasa tidak lampias, bahkan tidak adanya urin yang keluar. Hal ini dikarenakan bengkaknya prostat menghalangi aliran urin ke uretra yang posisinya berada di tengah prostat.

Selain kanker prostat, gejala ini juga bisa disebabkan oleh BPH (benign prostatic hypertrophy) atau yang lebih sering disebut dengan istilah pembesaran prostat jinak. Saat seorang pria mengidap BPH maka bagian dalam prostat yang mengelilingi uretra akan terus membesar seiring bertambahnya waktu. Namun BPH tidak berbahaya seperti kanker karena bisa disembuhkan dengan obat-obatan untuk menyusutkan ukuran prostat atau operasi.

3| Aliran urin kecil dan tersendat

Selain 2 gejala di atas, banyak penderita kanker prostat juga mendapati aliran urin yang mereka keluarkan kecil saja atau tersendat-sendat. Dan sama seperti poin sebelumnya, gejala kanker prostat yang satu ini juga bisa menjadi pertanda bahwa seseorang sedang mengalami BPH. Untuk memastikan apakah BPH atau kanker prostat yang menjadi penyebabnya, tentulah penderitanya harus memeriksakan diri ke dokter.

4| Timbul rasa sakit atau terbakar saat kencing

Kalau aktivitas buang air kecil Anda disertai dengan rasa sakit atau seperti terbakar, maka segera hubungi dokter. Namun bila kondisi ini timbul tanpa diikuti oleh 3 gejala sebelumnya, bisa jadi Anda mengidap prostatitis yaitu meradangnya prostat akibat infeksi atau penyebab lain (selain kanker).

Gejala prostatitis lainnya biasanya seperti melunaknya perineum (area di antara testikel dan rektum), sakit pada otot, sendi, serta punggung bawah, sakit saat ejakulasi, hingga adanya darah dalam urin. Walau tergolong umum, namun tentunya gangguan ini jelas tidak bisa dibiarkan dan harus segera mendapatkan penanganan medis.

Baca juga: 12 Gejala Infeksi Saluran Kemih (ISK)

5| Sulit untuk melakukan atau mempertahankan ereksi

Mereka yang menderita kanker prostat sering dilaporkan juga mengalami kesulitan dalam mendapatkan atau mempertahankan ereksi. Meski begitu keadaan ini juga dapat disebabkan oleh faktor alami lainnya seperti bertambahnya usia seorang pria. Yang terpenting adalah, ketika mengalami gangguan ereksi, jangan malu untuk berkonsultasi dengan dokter guna mendapatkan perawatan serta pengobatan lebih lanjut.

6| Timbul rasa sakit ketika ejakulasi

Sama halnya dengan saat buang air kecil, karena ejakulasi juga menggunakan saluran yang sama, maka penderita akan merasakan kesakitan saat hampir klimaks. Meski begitu, rasa sakit saat hendak ejakulasi tak melulu berkaitan dengan kanker prostat. BPH atau STD (penyakit menular seksual) juga bisa menjadi dalang di balik kondisi tersebut. Satu-satunya cara untuk mengetahui penyebab sesungguhnya adalah dengan mengunjungi dokter guna pemeriksaan lebih lanjut.

7| Adanya darah pada urin atau sperma

Perihal ini ada patokan yang mudah ditengarai, yakni kapanpun Anda melihat adanya darah kecuali pada pembuluh darah, maka hal ini berarti ada sesuatu yang salah dalam tubuh Anda. Selain sebagai salah satu dari ciri-ciri kanker prostat, darah yang ditemukan pada urin atau sperma juga dapat menjadi pertanda adanya gangguan berupa BPH atau STD.

8| Munculnya rasa sakit pada punggung bawah atau pinggul

Meski si penderita memiliki kemungkinan untuk sembuh, namun karena rasa sakit pada punggung tergolong umum, maka pengabaian gejala tersebut membuat angka kematian akibat kanker prostat cukup tinggi. Jika Anda mengalami rasa sakit pada area punggung bawah atau pinggul yang tak kunjung sembuh, maka segera temui dokter.

9| Mati rasa atau melemahnya tangan dan kaki

Kanker prostat bisa menyebabkan mati rasa atau melemahnya kaki maupun tangan. Hal ini dikarenakan membesarnya prostat karena kanker juga menekan sumsum tulang belakang yang terhubung dengan otak sebagai pusat sistem saraf. Namun sayangnya ciri-ciri kanker prostat yang satu ini sering tidak disadari, karena memang banyak kondisi yang menyebabkannya. Maka dari itu perlu pemeriksaan secara menyeluruh, untungnya lumpuhan pada kaki maupun tangan biasanya tidak permanen namun harus ditangani dengan sesegera mungkin.

10| Tak bisa mengontrol saluran kencing atau usus besar

Ciri-ciri kanker prostat yang terakhir adalah hilangnya kemampuan tubuh untuk mengendalikan saluran kencing serta usus besar. Otak menjadi terhambat dalam mengontrol area tersebut sehingga penderita tak bisa mengontrol keinginannya untuk buang air kecil maupun besar. Dan bila dibiarkan tentunya hal ini akan membuat malu si penderita. Oleh sebab itu jangan segan konsultasikan dengan dokter.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer