10 Ciri-Ciri Usus Buntu yang Harus Diwaspadai

Maksud dari ciri-ciri usus buntu di sini adalah tanda-tanda dan gejala radang usus buntu, atau dikenal dengan istilah Apendisitis (radang pada apendix = usus buntu). Kenapa ini penting, karena jika telat ditangani penyakit ini dapat menyebabkan kematian.

Kok sampai berbahaya begitu? karena usus buntu yang meradang jika dibiarkan maka bisa meledak atau pecah sehingga infeksi akan menyebar ke lapisan perut (peritonium) dimana disitu terdapat banyak pembuluh darah dan akibatnya infeksi mudah menyebar ke aliran darah seluruh tubuh (sepsis). Apa saja ciri-ciri usus buntu yang harus di waspadai?

Memang untuk memastikan apakah seseorang terkena radang usus buntu atau tidak harus diperiksa secara langsung, setelah itu dokter akan melakukan penanganan agar usus buntu tidak pecah baik secara operasi ataupun yang lainnya jika masih memungkinkan. Namun di sini setidaknya kita bisa mendeteksi dini dengan mengetahui apa saja tanda-tanda usus buntu sehingga jangan sampai kita mengabaikannya.

Catat! 10 ciri-ciri Usus Buntu

Sakit Perut Kanan Bawah

Ini merupakan gejala usus buntu yang paling utama, biasanya sakit perut awalnya dirasakan pada daerah sekitar pusar lalu berpindah ke perut kanan bawah. Sakit perut akan terasa lebih sakit saat berjalan, menggerakkan perut, saat batuk, bersin, atau ketika mengalami guncangan saat naik kendaran di jalan jelek.

Baca Juga: Sakit Perut Sebelah Kanan

Sakit Perut Cepat Memburuk

Nyeri perut yang disebabkan oleh radang usus buntu memiliki ciri-ciri yang khas yaitu sakit akan cepat menjadi buruk, bahkan ketika tidak pernah merasakan rasa sakit seperti itu sebelumnya. Jadi ketika sakit itu datang, maka akan lebih sakit lagi dalam hitungan jam setelahnya.

Badan Panas atau Demam Ringan

Gejala dan tanda usus buntu bisa mirip dengan penyakit lainnya yaitu demam atau meriyang. Jadi, ketika mengalami sakit perut seperti yang telah disebutkan sebelumnya bahkan sampai tidak bisa berdiri tegak, dan Anda mengalami demam, maka bisa jadi itu merupakan ciri-ciri usus buntu Anda sedang meradang.

Mual, Muntah, Tidak Nafsu Makan

Ini juga merupakan gejala yang sering saya temui, tidak nafsu makan, rasa mual dan muntah ringan biasanya terjadi di awal bahkan sebelum adanya rasa sakit di perut. Muntah akan lebih intens ketika sakit perut datang dan gejala semakin memburuk.

Sembelit atau Diare

Seperti ciri-ciri adanya masalah pada pencernaan lainnya, ini bisa tidak begitu parah dan mungkin akan terjadi setelah mengalami sakit perut. Tapi jika Anda mengalami diare ringan, terutama jika ada banyak lendir di dalam feses, dan disertai sakit perut kanan bawah, maka segeralah periksa ke dokter untuk memastikan adanya radang usus buntu atau tidak.

Perut Kembung

Ini merupakan gejala pelengkap, perut akan terasa kembung, kadang susah kentut, apalagi jika Anda merasa bahwa tidak ada masalah lain yang menyebabkannya seperti mimum minuman bersoda, terlalu banyak makan sayur, dll. Jadi ketika perut Anda kembung, di satu sisi mengalami sakit perut kanan bawah dan demam, maka mungkin saja itu merupakan gejala usus buntu.

Nyeri Lepas Tekan

Ini merupakan salah satu dari sekian banyak tanda-tanda usus buntu yang bisa kita lihat melalui pemeriksaan. Maksud dari nyeri lepas tekan adalah ketika kita menekan perut memang terasa sakit tapi ketika tekanan itu kita lepas, maka sketika akan terasa lebih sakit. Jika kita dapati tanda seperti itu maka kita sebut nyeri lepas tekan (+). Sebaiknya ini dilakukan oleh dokter saja, tidak dilakukan sendiri karena dikhawatirkan akan memperberat kondisi.

ciri ciri usus buntu

Kapan Harus Ke dokter?

Apendisitis akut adalah keadaan darurat medis yang bisa berakibat fatal. Penanganan operasi secepatnya sering diperlukan dan sering bisa menolong. Baca Juga: Operasi Usus Buntu

Ketika Anda mengalami sakit perut, jangan makan, minum obat nyeri nyeri, antasida (obat maag), obat pencahar, atau lainnya karena itu dapat menyebabkan usus buntu yang meradang menjadi memburuk dan bisa mempersulit pemeriksaan dokter.

Jadi, ketika Anda mengalami ciri-ciri usus buntu seperti di atas, terutama sakit perut, maka segeralah periksa ke dokter.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer