11 Jenis Penyakit Kulit Berbahaya

Penyakit Kulit – Tahukah Anda bahwa kulit adalah organ terbesar tubuh kita. Jika kita ukur, luas permukaan kulit manusia sekitar 2 kilometer persegi. Kulit merupan organ penting yang melindungi bagian dalam tubuh dari dunia luar. Melindungi dari bakteri dan virus, dan mengatur suhu tubuh.

Nah, sekarang apa jadinya apabila kulit mengalami suatu penyakit, beberapa contoh kondisi masalah pada kulit seperti kemerahan, bengkak, rasa terbakar, dan gatal-gatal bisa disebabkan oleh bebagai macam jenis penyakit kulit, ada diantaranya yang cukup ringan yang tidak membahayakan, namun adapula yang merupakan tanda-tanda bahaya yang dapat menganca nyawa.

Jenis-Jenis Penyakit Kulit

Jerawat

Ini merupakan jenis penyakit kulit yang cukup populer karena banyak dialami, terutama di usisa muda. Jerawat adalah masalah [ada kulit yang mempengaruhi kelenjar minyak kulit. Lubang-lubang kecil di kulit (pori-pori) terhubung ke kelenjar minyak di bawah kulit. Kelenjar ini membuat zat yang disebut sebum. Pori-pori terhubung ke kelenjar oleh kanal yang disebut folikel. Ketika folikel dari kelenjar kulit tersumbat, maka timbullah jerawat. Jerawat adalah penyakit kulit yang paling umum; sekitar 80 persen dari semua orang pernah memiliki jerawat di beberapa titik.

Baca juga: Cara Menghilangkan Jerawat dengan Tuntas

Penyakit Kulit Eksim

Dikenal juga sebagai dermatitis atopik, ini adalah penyakit kulit jangka panjang (kronis). Gejala yang paling umum adalah kulit kering dan gatal, ruam pada wajah, siku, belakang lutut, dan pada tangan dan kaki. Ini merupakan jenis penyakit kulit yang didasari oleh reaksi alergi dan sering mempengaruhi dalam satu keluarga.

penyakit kulit eksim

Biduran

Kulit yang terkena penyakit ini akan berwarna merah dan menimbul. Sering disebabkan oleh reaksi alergi terhadap obat atau makanan, bisa juga karena dingin (baca: Alergi Dingin). Penyebab lainnya adalah infeksi dan stres. Silahkan baca lebih lanjut menganai Biduran atau Urtikaria

Infeksi kulit: Impetigo

Merupakan jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Biasanya penyebabnya adalah bakteri Staphylococcus dan Streptokokus (radang). Penyakit ini paling sering terjadi pada anak-anak usia 2 – 6 tahun. Bakteri masuk ke kulit melalui kulit yang terkoyak misalnya karena luka, goresan, atau gigitan serangga. Gejala Impetigo dimulai dengan timbulnya permukaan kulit seperti jerawat atau bahkan koreng (luka) yang dikelilingi oleh kulit yang memerah. Lama kelamaan luka akan terisi dengan nanah, kemudian terbuka setelah beberapa hari dan membentuk kerak tebal (keropeng).

infeksi kulit impetigo

Melanoma

Merupakan suatu bentuk keganasan (kanker kulit) yang tampak seperti tahi lalat pada kulit. Ini merupakan jenis penyakit kulit yang berbahaya karena mengancam nyawa. Jika Anda memiliki tahi lalat perhatikan tanda-tanda melanoma sebagai berikut:

  • Asimetri : bentuknya tidak simetris (tidak beraturan)
  • Border : Tepi tahi lalat compang-camping, kabur, atau tidak teratur
  • Warna : warna tidak merata dan mungkin termasuk warna hitam, coklat, atau kemerahan.
  • Diameter : Ukuran cepat membesar dalam waktu yang singkat

penyakit kulit melanoma

Moles

Merupakan pertumbuhan pada kulit yang terjadi ketika sel-sel kulit mati, yang disebut melanosit, tumbuh dalam sebuah cluster dengan jaringan di sekitar mereka sehingga bentuknya seperti tahi lalat yang menonjol. Kebanyakan orang memiliki antara 10 dan 40 moles. Seseorang dapat mengembangkan mole baru dari waktu ke waktu, biasanya sampai sekitar usia 40 tahun.

penyakit kulit moles

Penyakit Kulit Psoriasis 

Psoriasis bentuknya berupa bercak (Patch) tebal pada kulit yang memerah dengan sisik keperakan. Patch ini bisa terasa gatal atau akit. Psoriasis sering ditemukan di siku, lutut, kaki, kulit kepala, punggung bawah, wajah, telapak tangan, dan telapak kaki. Tapi dapat muncul di daerah lain juga. Psoriasis agak sulit didiagnosis karena dapat terlihat seperti penyakit kulit lainnya. Dokter mungkin perlu melihat sampel kulit kecil di bawah mikroskop. Pengobatan tergantung pada seberapa serius penyakit ini, ukuran patch psoriasis, jenis psoriasis, dan bagaimana pasien bereaksi terhadap pengobatan tertentu.

penyakit kulit psoriasis

Ruam (dermatitis)

Ditandai dengan kulit kering dan gatal; Ruam di wajah, di dalam siku, belakang lutut, dan pada tangan dan kaki. Dokter akan membantu Anda untuk mengatur rutinitas perawatan kulit yang baik, belajar untuk menghindari hal-hal yang menyebabkan kekambuhan, dan mengobati gejala ketika ruam kulit ketika terjadi. Keterangan lebih lanjut lihat juga Penyakit Kulit Ruam

Rosacea

Sering ditandai dengan kemerahan (flushing) pada wajah; garis merah kecil di bawah kulit; mata / kelopak mata meradang , hidung bengkak, dan kulit menebal. Dokter biasanya dapat mendiagnosis rosacea dengan menelaah riwayat kesehatan menyeluruh dan pemeriksaan fisik. Tidak ada obat yang menyembuhkan rosacea, tetapi dapat dikontrol atau diredakan gejalanya.

penyakit kulit rosasea

Kanker Kulit

Ada dua jenis penyakit kanker kulit yang paling umum, yaitu kanker sel basal dan kanker sel skuamosa. Biasanya terdapat pada kepala, wajah, leher, tangan, dan lengan. Tipe lain dari kanker kulit, seperti pada contoh di atas yaitu melanoma, lebih berbahaya tetapi tergolong lebih jarang terjadi.

Kulit Keriput

Semakin bertambahnya usia seseorang maka kulit akan terlihat keriput, bintik-bintik usia, dan kekeringan. Sinar matahari merupakan penyebab utama penuaan kulit. Merokok juga berkontribusi menyebabkan kulit keriput.

Masih banyak jenis-jenis penyakit kulit lainnya, daftar di atas adalah yang paling banyak dikeluhkan dan tentunya sagat perlu untuk Anda ketahui. Dari sekian banyak jenis penyakit sebagian besar terasa gatal, untuk itu baca juga mengenai Obat Gatal yang mungkin bisa membantu.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer