11 Makanan Pantangan Darah Tinggi

Banyak yang mengetakan bahwa penderita darah tinggi tidak boleh makan daging kambing, baik berupa sate ataupun gulai. Namun sempatkah Anda berfikir benarkah informasi itu? Sebenarnya makanan apa saja yang menjadi pantangan darah tinggi?

Sebuah prinsip, bahwa tekanan darah tinggi akan meningkat ketika jantung berdetak kencang, pembuluh darah menyempit, dan volume cairan dalam pembuluh darah meningkat. Itulah faktor-faktor utama yang menjadi acuan dasar apakah suatu makanan dikatakan pantangan untuk darah tinggi atau tidak.

Sebagai contoh sesuatu yang rasanya asin menjadi makanan pantangan darah tinggi karena rasa asin umumnya dipengaruhi oleh tingginya kadar natrium yang ada di dalamnya. Sedangkan natrium itu sifatnya menarik cairan sehingga meningkatkan volume darah yang pada akhirnya akan meningkatkan tekanan darah.

Daftar Makanan Pantangan Darah Tinggi

1 | Garam

Garam atau sodium atau natrium merupakan makanan pantangan darah tinggi dan penyakit jantung paling utama dengan alasan yang sudah disebutkan sebelumnya. Pedoman Diet sehat bagi mereka yang memiliki hipertensi atau prehipertensi membatasi asupan natirum sehari-hari hanya 1.500 miligram.

garam pantangan darah tinggi

Lebih dari 75 persen natrium yang Anda makan berasal dari makanan kemasan, bukan jumlah garam yang biasanya dipakai untuk memasak. Beberapa contoh makanan tinggi natrium antara lain: daging deli, pizza beku, mie instan, sup kalengan, dan produk tomat kalengan, dan sebagainya.

2 | Acar

Seperti terlihat menyehatkan ketika kita memandang acar yang terdiri dari sayur-sayuran. Makanan berbentuk acar ini merupakan cara mengolah makanan agar awet dan pengawetnya adalah garam. Namun, garam dapat mengendap atau bersarang dalam mentimun yang dijadikan acar, seolah-olah menjadi spons natrium. Jadi yang membuat tidak boleh untuk penderita darah tinggi adalah kadar garamnya.

acar patangan darah tinggi

3 | Goreng-gorengan

Kita tidak bisa menjamin bahwa makanan cepat saji yang banyak dijual itu digoreng dengan minyak yang bebas dari lemak trans. Walau bagaimanapun, sebagai contoh kentang goreng, itu mengandung lemak yang tinggi serta natrium. Satu porsi kentang goreng sedang mengandung sekitar 19 gram lemak dan 270 mg sodium. Sehingga ini menjadi pantangan darah tinggi.

gorengan pantangan darah tinggi

4 | Susu

Susu merupakan sumber kalsium yang baik, tetapi juga sebagai sumber lemak yang tinggi, seperti susu biasa (whole milk), memberikan lebih banyak lemak dari yang Anda butuhkan. Satu cangkir susu mengandung 8 gram lemak dengan 5 gram lemak jenuh. Lemak jenuh itu buruk bagi kesehatan jantung dan pemuluh darah. Beralihlah ke susu rendah lemak atau susu skim.

5 | Kulit Ayam

Banyak yang belum mengetahui bahwa ini merupakan salah satu makanan pantangan darah tinggi. Hal ini karena kulit ayam banyak mengandung lemak jenuh seperti halnya susu penuh lemak, daging merah, dan mentega.

Ayam Berkulit

Bahaya juga karena kandungan lemak trans. Lemak trans ditemukan secara alami dalam jumlah kecil pada daging berlemak dan produk susu. Namun, penyumbang terbesar dari lemak trans adalah makanan yang dikemas dan makanan siap saji seperti goreng-gorengan. Jadi makin tidak boleh lagi memakan daging ayam berkulit yang digoreng.

6 | Mie Instan

Mie instan begitu populer di kalangan mahasiswa, padahal ini makanan yang tidak sehat. Dalam satu bungkus mie instan terdapat lemak dan natrium yang jumlahnya tidak sedikit, dalam serbuk bumbu itulah natrium berada yang tentunya ini menjadi makanan pantangan penderita hipertensi. Lebih lanjut, silahkan baca: Bahaya Makan Mie Instan.

7 | Daging Merah

Ini merupakan makanan lezat yang sungguh sangat sayang apabila terlewatkan begitu saja. Namun tahukah Anda bahwa daging merah seperti sapi, kambing, kerbau, dan babi mengandung banyak lemak jenuh dan trans apabila dibandingkan dengan jenis daging lainnya. Padahal makanan berlemak tidak baik bagi jantung dan pembuluh darah. Untuk itu bagi yang memiliki darah tinggi, hindari daging merah dan makanan cepat saji bersama dengan lemak lain yang termasuk minyak terhidrogenasi.

8 | Gula

Makanan dengan kalori ekstra dan penuh gula menyebabkan penambahan berat badan dengan cepat. Obesitas merupakan penentu signifikan yang mempengaruhi tekanan darah tinggi. Tumpukan lemak dalam tubuh atau obesitas membuat jantung bekerja ekstra menyempitkan pembuluh darah sehingga terjadilah darah tinggi. Oleh karena itu gula juga menjadi salah satu makanan pantangan darah tinggi yang masih jarang orang yang mengetahuinya.

9 | Margarin

Margarin tidak selalu buruk, Anda hanya harus memastikan untuk memilih jenis margarin yang tanpa lemak trans. Baca label dengan teliti, karena sangat penting untuk selalu menghindari lemak trans dari manapu sumbernya.

margarin pantangan darah tinggii

10 | Kopi

Jika Anda memiliki hipertensi atau prehipertensi, maka mulailah menghindari kopi. Secangkir kopi di pagi hari benar-benar dapat menyebabkan lonjakan tekanan darah sementara. Jika Anda peminum kopi, maka kebiasaa inilah yang menyebabkan darah tinggi. Perhatikan bahwa setiap minuman berkafein, selain kopi, juga dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah termasuk minuman soda atau teh berkafein.

11 | Alkohol

Konsumsi alkohol secara aktif menyebabkan tekanan darah meningkat. Hal ini juga merusak dinding pembuluh darah, sekaligus meningkatkan risiko komplikasi lebih lanjut.

Jaga selalu tekanan darah Anda agar selalu normal dengan minum obat darah tinggi beserta menjalani pola hidup yang sehat salah satunya dengan cara menghindari makanan pantangan darah tinggi seperti di atas.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer