12 Ciri dan Gejala Kanker Serviks

Tahukah Anda bahwa tubuh perempuan selalu berubah. Meskipun terkadang perubahan yang tampaknya normal dapat menjadi tanda dari suatu kanker, termasuk kanker serviks.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk selalu memperhatikan setiap perubahan pada tubuh, karena mengenali gejala kanker serviks secepat mungkin amatlah penting guna memperoleh hasil penanganan yang lebih baik.

Ciri-ciri dan Gejala Kanker Serviks

Kebanyakan wanita tidak dapat mengetahui tanda-tanda atau gejala prakanker atau stadium awal kanker serviks. Gejala kanker serviks biasanya tidak muncul sampai sel kanker telah melakukan invasi ke dalam jaringan lebih dalam dan menyebar ke jaringan atau organ sekitarnya.

ciri dan gejala kanker serviks

Ketika gejala muncul maka kita harus mengenalinya jangan sampai mengabaikannya begitu saja. Berikut kami rangkumkan ciri-ciri kanker serviks:

  1. Bercak darah atau pendarahan ringan di luar jadwal menstruasi
  2. Perdarahan menstruasi yang lebih panjang dan lebih berat dari biasanya
  3. Pendarahan yang terjadi setelah berhubungan seksual, douching, atau pemeriksaan panggul dengan memasukkan alat ke jalan lahir
  4. Nyeri selama berhubungan seksual
  5. Perdarahan yang terjadi ketika wanita telah masuk menopause, artinya menopause sudah terjadi namun tiba-tiba muncul lagi pendarahan.
  6. Keputihan yang tidak biasa: keluar cairan berlebih, biasanya berwarna merah muda atau berbau busuk
  7. Berat badan turun drastis tanpa sebab yang jelas
  8. Kelelahan. Mudah sekali merasa lelah atau lemah
  9. Sakit punggung
  10. Nyeri kaki atau bengkak pada kaki
  11. Keluar cairan urin atau feses dari jalan lahir
  12. Mudah mengalami patah tulang

Gejala nomor 7 – 12 merupakan kondisi kanker serviks yang sudah lanjut alias menyebar (bermetastasis) dalam panggul, ke kelenjar getah bening atau di tempat lain di dalam tubuh.

Setiap timbul gejala kanker serviks nomor 1 sampai 6, maka harus dilaporkan kepada dokter meskipun rasanya kurang serius. Ketahuilah bahwa sel-sel prakanker atau kanker yang diketahui secara dini kemudian segera diobati, maka akan semakin baik kesempatan untuk disembuhkan atau mencegahnya menjadi lebih parah.

Jika Anda khawatir tentang satu atau beberapa gejala atau tanda-tanda kanker serviks yang telah kami sebutkan di atas, maka silahkan berkonsultasi dengan dokter. Dokter akan bertanya berapa lama dan seberapa sering mengalami gejala tersebut, dan pertanyaan-pertanyaan lainnya yang berkaitan dengan keluhan Anda. Hal inilah yang dapat membantu mengetahui penyebab dari masalah medis yang Anda alami guna menegakkan diagnosis untuk kemudian dilakukan perawatan atau pengobatan yang sesuai.

Beberapa ciri-ciri dan gejala kanker serviks yang kami sebutkan di atas juga dapat disebabkan oleh kondisi selain kanker serviks. Misalnya, infeksi dapat menyebabkan rasa sakit atau perdarahan. Jika itu adalah infeksi, maka pengobatanpun akan diperlukan dan tentu saja akan berbeda dengan kasus kanker.

Dalam kebanyakan kasus, kanker serviks tidak menimbulkan gejala yang terlihat pada tahap awal penyakit. Skrining yang disebut dengan prosedur Pap smear rutin merupakan hal penting untuk memeriksa sel-sel abnormal pada leher rahim, sehingga mereka dapat dipantau dan diobati sedini mungkin.

Cukup sekian informasi yang dapat kami sampaikan berkenaan dengan ciri-ciri kanker serviks, semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer