3 Cara Penting Mengobati Diabetes dengan Efektif

Berbicara mengenai pengobatan diabetes melitus atau kencing manis jangan beranggapan bahwa yang diperlukan hanyalah obat. Akan tetapi, ada cara lain selain obat yang harus dilakukan agar tujuan mengobati diabetes melitus menjadi berhasil.

Ingat! tujuanĀ  pengobatan diabetes melitus adalah menjaga agar gula darah selalu dalam level yang normal (baca: Kadar Gula Darah Normal). Untuk mencapai tujuan ini maka kita harus mengatahui hal-hal apa saja yang mempengaruhi kadar gula darah seseorang. Ya, makanan yang kita makan dan aktivitas fisik sehari-hari.

Kita ketahui bahwa pada orang diabetes, insulin tidak cukup atau fungsinya tidak optimal dalam memasukkan gula darah ke dalam sel-sel tubuh. Oleh karena itu akan kita bantu juga dengan obat yang meningkatkan produksi insulin dan efek insulin terhadap sel-sel jaringan tubuh.

Atas dasar itulah maka setidaknya ada 3 cara mengobati diabetes melitus yang wajib dilakukan agar gula darah selalu normal seperti orang normal, yaitu Pola makan sehat, Olah raga (exercise), dan Obat diabetes. Ingat! obat berada di urutan ke tiga berdasarkan prioritasnya.

Pola Makan Sehat untuk Diabetes

Makanan sehat memang penting bagi siapa saja tidak hanya untuk diabetesi. Namun akan lebih diperhatikan lagi pada orang dengan diabetes melitus, karena gula darah sangat erat kaitannya dengan makanan tidak hanya jenisnya tetapi jumlahnya pun harus diperhatikan.

Perhatikan makanan yang paling besar pengaruhnya terhadap gula darah yaitu Karbohidrat. Memang sangat sulit untuk menentukan takaran yang pas untuk masing-masing orang, bahkan hal ini memerlukan konsultasi dengan dokter ahli gizi.

Namun secara perhitungan kasar hal ini bisa saja dilakukan, jika Anda baru mengetahui bahwa terkena diabetes maka cukup kurangi porsi harian dari nasi sebanyak 50% dengan tidak mengurangi jadwal makan. Jadi makanlah tetap teratur, hanya jumlah nasinya saja yang dikurangi.

Disamping itu sebisa mungkin, konsumsilah sumber karbohidrat yang bervariasi dan lebih sehat karena memiliki efek yang ringan terhadap gula darah seperti buah-buahan, sayuran dan biji-bijian. Makanan ini mengandung karbohidrat rendah dan mengandung serat yang membantu menjaga kadar gula darah lebih stabil.

Akan tetapi harus diperhatikan juga bahwa ketika asupan karbohidrat dikurangi sedangkan Anda juga minum obat diabetes maka bisa saja membuat gula darah menjadi sangat rendah (hipoglikemia). Oleh karena itu selalu perhatikan hal-hal yang terjadi dan berkonsultasilah dengan dokter mengenai masalah ini.

cara mengobati diabetes

Selain makanan Anda juga harus perhatikan minuman dikonsumsi. Sudah pasti bahwa untuk mengobati diabetes dengan berhasil, maka tidak boleh minum minuman manis dalam bentuk apapun kecuali jus buah tanpa gula.

Olah Raga

Aktivitas fisik merupakan bagian penting dari rencana pengobatan diabetes. Ketika berolahraga, otot-otot menggunakan gula (glukosa) untuk diubah menjadi energi. Aktivitas fisik secara teratur juga membantu penggunaan insulin oleh sel-sel jaringan tubuh lebih efisien.

Lakukan olah raga setiap hari selama minimal 30 menit yang dapat berupa senam, lari, berenang, dan lain-lain serta penting juga untuk memilih olah raga yang menggerakkan otot-otot besar (aerobik).

Namun harus berhati-hati dan konsultasi dengan dokter karena olah raga juga dapat menurunkan gula darah dengan cepat apabila Anda juga minum obat penurun gula darah. Oleh karena itu perhatikan tanda-tanda peringatan gula darah rendah, seperti rasa gemetar, lemah, lelah, lapar, pusing, mudah marah, cemas atau bingung.

Obat Diabetes

Insulin dan obat diabetes lainnya dirancang untuk menurunkan kadar gula darah ketika diet saja dan olahraga tidak cukup untuk mengobati diabetes. Namun efektivitas obat ini tergantung pada waktu dan ukuran dosis yang akan dipilihkan oleh dokter.

Ketika menggunakan obat diabetes ini Anda harus memetuhi cara minum, dosis, dan kontrol rutin untuk mengetahui kadar gula darah dan dokter akan menyesuaikan dosis obat dan penanganan selanjutnya.

Jangan berharap gula darah dapat terkontrol jika hanya minum obat diabetes tanpa mengubah gaya hidup seperti di atas.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer