5 Macam Obat Batu Empedu Herbal Alami

Obat Batu Empedu – Ketika sudah dipastikan bahwa Anda memiliki batu empedu, maka ada sejumlah pilihan penatalaksanaan guna menghancurkan dan mengeluarkan batu empedu tersebut, baik menggunakan prosedur operasi ataupun menggunakan obat penghancur batu empedu.

Batu empedu adalah endapan keras yang terbentuk di dalam kandung empedu. Batu empedu ini memiliki ukuran yang bervariasi dari yang kecil seperti pasir hingga yang besar seperti bola golf. Obat batu empedu hanya efektif ketika batu masih berukuran kecil, jika batu sudah besar dan menimbulkan masalah lebih lanjut, maka langkah terbaik adalah operasi.

Menurut American Medical Association, 80 persen batu empedu terbuat dari kolesterol yang mengeras yang berkembang ketika ada terlalu banyak kolesterol dalam kandung empedu. Penyebab batu empedu lainnya adalah tingginya kadar bilirubin dan konsentrasi empedu di kandung empedu. Banyak yang tidak merasakan gejala apapun, walaupun ia memilikinya. Tapi ketika batu empedu menghalangi saluran empedu, maka mulailah timbul berbagai macam gejala batu empedu, di antaranya sakit perut yang hebat.

Batu empedu dapat menyebabkan banyak rasa sakit dan harus segera diobati. Jadi, jika sudah begini maka konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis dan pengobatan yang tepat. Adapun tujuan dari informasi mengenai obat batu empedu tradisional di sini adalah sebagai pelengkap tambahan dalam upaya mengancurkan batu empedu, bukan mengatasi gejala akut yang parah.

Obat Batu Empedu Herbal (Tardisional)

1 | Apple Cider Vinegar

Apple Cider Vinegar atau cuka sari apel akan menghambat hati untuk membuat kolesterol yang berlebihan. Seperti kita tahu bahwa kolesterol adalah zat utama yang membentuk batu empedu. Cuka apel ini juga memainkan peran kunci dalam melarutkan batu empedu dan mengurangi rasa sakit.

obat herbal batu empedu

Cara membuat ramuan obat batu empedu tradisional dari cuka apel:

  • Campurkan satu sendok makan cuka sari apel dalam segelas jus apel. Minum setiap kali Anda merasakan serangan batu empedu. Hal ini secara signifikan akan mengurangi rasa sakit dalam waktu 15 menit.
  • Atau, Anda dapat menambahkan dua sendok teh cuka sari apel dan satu sendok teh jus lemon ke dalam segelas air hangat. Minum pada waktu perut kosong di pagi hari. Melakukan hal ini secara teratur selama beberapa minggu dapat melarutkan batu empedu dan mencegah rasa sakit.

2 | Jus Lemon

Bahan lain yang bisa digunakan sebagai obat batu empedu adalah jus lemon. Memiliki cara kerja yang hampir sama dengan apel sehingga dalam mempercepat pemulihan. Pektin dalam jus lemon dipercaya dapat membantu menyingkirkan rasa sakit pada kantong empedu yang disebabkan oleh batu.

Ditambah lagi, vitamin C dalam jus lemon membuat kolesterol lebih larut dalam air, sehingga pembuangan produk limbah tubuh tersebut akan lebih efektif.

lemon juice obat batu mepedu

Bagaimana cara menggunakannya?

  • Minum jus lemon segar yang terbuat dari perasan empat buah lemon setiap hari pada waktu perut kosong. Ikuti dengan minum segelas air putih. Terapkan ini selama seminggu.
  • Atau, Anda dapat minum empat sendok makan jus lemon dicampur dalam segelas air hangat setiap hari pada waktu perut kosong. Lanjutkan perawatan ini selama beberapa minggu sampai batu empedu dikeluarkan dari tubuh.

3 | Peppermint

Peppermint membantu pencernaan dengan cara merangsang aliran empedu dan cairan pencernaan lainnya. Peppermint juga memiliki senyawa yang disebut terpene yang dapat secara efektif melarutkan batu empedu. Hal ini juga diyakini dapat membantu meredakan kolik blier atau kejang perut akibat serangan batu empedu akut.

peppermint

Begini cara membuatnya:

  • Rebus satu cangkir air.
  • Tambahkan satu sendok teh daun peppermint kering.
  • Angkat dari api, tutup dan diamkan selama lima menit.
  • Saring dan tambahkan satu sendok teh madu.
  • Minum selahi masih hangat, dua kali sehari selama empat sampai enam minggu. Minum di antara waktu makan untuk hasil yang maksimal.

4 | Jus Sayuran

Ketika seseorang menderita batu empedu, maka ia harus mengurangi makanan yang digoreng dan berlemak. Dianjurkan dalam satu atau dua minggu, mengikuti diet ketat yang kaya akan jus buah dan sayuran. Jus sayuran campuran yang terbuat dari akar bit, mentimun dan wortel adalah obat herbal batu empedu yang cukup manjur.

Akar bit membantu membersihkan hati dan memperkuat kantong empedu. Kadar air yang tinggi dalam mentimun sangat bagus untuk detoksifikasi hati dan kandung empedu. Wortel kaya akan vitamin C dan nutrisi lain yang baik untuk sistem kekebalan tubuh.

Berikut cara membuatnya:

  • Buatlah jus yang terdiri dari satu akar bit, satu mentimun dan empat buah wortel ukuran sedang.
  • Minum jus ini dua kali sehari.
  • Gunakan ramuan penghancur batu empedu ini selama dua minggu dan Anda akan melihat perbaikan pada kondisi kesehatan Anda.

5 | Psyllium

Psyllium adalah sumber serat yang baik, dan itu dianggap sebagai obat yang baik untuk batu empedu. Serat dalam psyllium mengikat kolesterol dalam empedu dan membantu mencegah pembentukan batu empedu di masa mendatang.

Psyllum juga mempromosikan gerakan usus normal, mencegah sembelit, yang semua masalah ini berkontribusi dalam peningkatan pembentukan batu empedu.

psyllum obat batu empedu

Bagaimana cara membuat obat batu empedu herbal dari psyllium?

  • Tambahkan satu sendok makan bubuk psyllium ke dalam segelas air.
  • Aduk rata dan minum dua kali sehari.
  • Ulangi setiap hari sampai batu empedu hilang.
  • Dianjurkan untuk banyak minum air putih, karena psyllum banyak menyerap air.

Pilihlah salah satu atau beberapa yang mudah menurut Anda, selalu konsultasikan dengan dokter untuk setiap obat batu empedu herbal yang hendak Anda gunakan. Tanyakan apakah itu aman digunakan bersamaan dengan obat yang dokter berikan.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer