9 Gejala dan Ciri-ciri Sinusitis

Pernahkah Anda mengalami pilek yang berkepanjangan yang tak kunjung sembuh dengan ingus berwarna kuning atau hijau? Kepala sering sakit bahkan terkadang badan demam? Jika demikian, bisa jadi itu merupakan gejala sinusitis. Mungkin Anda pernah mendengar penyakit yang satu ini bahkan mungkin telah mengetahui beberapa ciri-ciri sinusitis, walau demikian bacalah dengan seksama artikel ini mudah-mudahan dapat memberi kejelasan yang lebih.

Pembaca yang budiman, sebelum terjun ke pembahasan utama mengenai gejala sinusitis beserta tanda-tanda atau ciri-cirinya mari kita ketahui terlebih dahulu apa itu sinusitis. Penyakit sinusitis merupakan peradangan (-itis) pada sinus. Sinus sendiri merupakan rongga udara di daerah wajah (dibalik tulang wajah) yang terhubung dengan hidung. Ketika terjadi sinusitis, maka rongga yang  normalnya berisi udara dan sedikit lendir ini menjadi meradang sehingga lapisan mukosanya menebal atau membengkak menghasilkan banyak lendir (ingus) namun ingus ini tidak dapat dengan lancar keluar atau dengan kata lain produksi lebih besar dari pengeluarannya sehingga banyak ingus terperangkap didalamnya, menjadi media yang baik untuk pertumbuhan bakteri lalu timbullah berbagai macam gejala sinusitis.

sinusitis

letak rongga sinus pada wajah

Ciri-ciri dan Gejala Sinusitis

Gejala awal infeksi sinus (sinusitis) berupa ingus yang berwarna hijau atau kuning disertai nyeri wajah di sekitar pipi, mata atau dahi. Sinusitis biasanya terjadi setelah infeksi saluran pernapasan atas, seperti pilek atau flu. Berdasarkan dimensi waktu sinustis dibagi menjadi Kronis dan Akut.

Sinusitis akut jika berlangsung dalam jangka waktu yang singkat yang biasanya merupakan bagian dari pilek atau alergi. Sedangkan sinusitis kronis jika berlangsung lebih dari delapan minggu, atau terus terulang kembali.

Secara Lebih lengkap Berikut Gejala Sinusitis perlu Anda waspadai:

Sakit Pada Wajah dan Dahi

Gejala sinusitis yang paling sering adalah rasa sakit atau nyeri di sekitar wajah dimana sinus yang meradang itu berada, yakni di dahi, antar mata, belakang hidung, kedua sisi hidung, rahang atas depan, gigi rahang atas, nyeri di belakang mata, di puncak kepala, atau di sepanjang tengkuk.

Ingus

Jika Anda mengalami infeksi sinus, maka gejala yang sering muncul adalah ingus yang keluar dari hidung berwarna kuning atau hijau serta berbau tajam. Ingus juga dapat mengalir ke belakang ke arah tenggorokan sehingga akan merasa gatal dan tak nyaman di bagian belakang tenggorokan. Inilah yang disebut dengan postnasal drip.

Hidung Tersumbat

Pada saat yang bersamaan dengan keluarnya ingus, sinusitis juga akan memiliki gejala hidung tersumbat. Karena infeksi atau perdangan akan menyebabkan pembengkakan pada sinus dan hidung bagian dalam. Akibat dari tersumbatnya hidung, mungkin saja akan disertai berkurangnya penciuman dan perasa (pengecapan).

Sakit Kepala

Tekanan tinggi dan pembengkakan yang terjadi pada sinus yang terus menerus dapat bergema di seluruh tengkorak sehingga dapat menyebabkan sakit kepala. Rasa sakit juga bisa muncul di tempat-tempat yang mungkin tak terduga, seperti sakit telinga, sakit gigi, dan nyeri pada rahang dan pipi. Sakit kepala akibat sinusitis sering kali memberat di pagi hari karena cairan telah mengumpul sepanjang malam.  Lebih lanjut silahkan baca: Penyebab Sakit Kepala

Batuk

Gejala sinusitis yang satu ini terjadi akibat ingus yang ke bagian belakang tenggorokan, hal ini dapat menyebabkan iritasi, terutama jika terjadi berkepanjangan. Hal ini dapat menyebabkan batuk terus-menerus dan menjengkelkan.

Batuk akibat sinusitis sangat menjengkelkan karena cenderung lebih buruk pada malam hari, membuat tidur sulit. Tidur dalam posisi setengah duduk dengan kepala tegak dapat membantu mengurangi frekuensi dan intensitas batuk seperti ini.

Sakit Tenggorokan

Gejala sinusitis yang berupa Postnasal drip seperti telah disinggung sebelumnya, dapat menyebabkan tenggorokan menjadi radang dan sakit. Meskipun mungkin awal nya hanya terasa gatal, namun jika itu berlangsung selama beberapa minggu atau lebih, lendir dapat mengiritasi dan membuat tenggorokan meradang dan sakit. Baca : Penyebab Radang Tenggorokan

Kapan Harus Ke Dokter?

Pada prinsipnya setiap kali kita tidak yakin tentang apa yang terjadi dengan kesehatan kita, maka sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter. Khusus pada penyakit sinusitis ini, temuilah dokter jika megalami infeksi sinus dengan tanda-tanda dan gejala sinusitis seperti di atas yang berlangsung selama berminggu-minggu dan terus datang kembali apalagi disertai dengan demam atau badan panas dingin. Sekian, semoga bermanfaat.

22 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer