Mengenal Penyakit Ambeien / Wasir / Hemoroid

Penyakit yang satu ini sepertinya telah mendunia atau banyak yang mengalaminya, terlihat dari banyaknya istilah yang menisbatkannya, di Indonesia sendiri lebih familiar dengan istilah penyakit wasir. Nah, sekarang, mari kita mengenal lebih dekat dengan penyakit ambeien atau wasir atau hemoroid ini.

Dalam istilah medis penyakit wasir dikenal dengan istilah hemorrhoid. Hemoroid adalah pelebaran dan peradangan pembuluh darah vena (varises) yang terletak di sekitar anus atau pada rektum bagian bawah. Secara normal vena – vena pada anus dan rektum akan menyalurkan darah kembali ke jantung, karena pembuluh darah melebar maka darah akan terkumpul disana sehingga membentuk tonjolan atau benjolan abnormal yang teraba lunak yang tak lain merupakan pelebaran vena yang berisi darah. Besarnya ambeien (benjolan) tergantung pada derajat keparahannya.

Ambeien ini dapat terjadi diantaranya akibat mengejan yang terlalu kuat saat buang air besar atau karena meningkatnya tekanan pada pembuluh darah vena selama kehamilan, penyebab wasir lainnya akan dibahas lebih lanjut nanti. Wasir dapat terletak di dalam rektum yang disebut hemorrhoid interna (wasir dalam), atau dapat berkembang di bawah kulit di sekitar anus yang disebut hemorrhoid externa (wasir luar).

wasir-ambeien
Dari kedua bentuk wasir tersebut, hemorrhoid eksterna adalah yang paling sering terjadi dan paling merepotkan. Ambeien dapat menyebabkan nyeri dan gatal pada anus serta rasa sakit ketika duduk.

Penyebab Wasir/hemoroid/ambeien

Sampai disini mungkin timbul pertanyaan, kenapa pembuluh darah vena tersebut menjadi melebar sehingga menyebabkan wasir? hal tersebut terjadi akibat tekanan yang tinggi pada vena yang bersangkutan, beberapa hal yang menyebabkan tekanan tinggi pada vena, antara lain:

  • Mengejan kuat saat buang air besar
  • Nongkrong dalam jangka waktu yang lama di toilet saat BAB
  • Diare kronis
  • Sembelit atau konstipasi
  • Diet rendah serat
  • Obesitas atau kegemukan
  • Kehamilan
  • Hubungan seksual melalui anus

Wasir akan lebih mungkin terjadi saat usia lebih tua karena jaringan pendukung pembuluh darah di rektum dan anus mulai melemah dan mudah meregang akibat proses penuaan.

Tanda Gejala Wasir/ambeien/hemoroid

Akibat pelebaran pembuluh darah vena yang telah dijelaskan sebelumnya, wasir akan menimbulkan berbagai keluhan atau gejala yang membuat penderitanya tidak nyaman.

Tanda dan gejala wasir meliputi:

  • Buang air besar (BAB) berdarah  yang berwarna merah terang
  • Gatal atau iritasi (pedih) di daerah anus
  • Nyeri atau ketidaknyamanan pada anus
  • Pembengkakan di sekitar anus
  • Benjolan teraba lunak di dekat anus, yang mungkin sensitif atau menyakitkan

Gejala wasir biasanya tergantung pada lokasinya (jenis wasirnya). Pada Hemorrhoid interna yang terletak di dalam rektum sehingga tidak dapat terlihat dari luar atau merasakan ketidaknyamanan, tanda yang sering muncul hanya BAB berdarah yang tidak berasa sakit, perdarahan terjadi akibat gesekan permukaan wasir yang rapuh dengan feses (yang keras). Akan tetapi ketika Hemorrhoid interna menjadi parah maka benjolan pelebaran darah vena dapat menonjol keluar melalui lubang anus sehingga menimbulkan rasa sakit. Hal ini biasanya terjadi ketika buang air besar karena tekanan mengedan dan terdorong oleh feses.

Sedangkan pada hemorrhoid eksterna berada di bawah kulit di sekitar anus. Ketika teriritasi, wasir eksterna dapat menjadi gatal atau berdarah. Terkadang darah dapat terkumpul dan membentuk gumpalan atau bekuan (trombus) yang mengakibatkan rasa sakit yang parah, pembengkakan dan peradangan.

Komplikasi

Walaupun seringkali ringan, namun hemoroid dapat menimbulkan komplikasi, diantaranya:

  • Anemia. Terjadi karena perdarahan yang terus menerus sehingga tubuh kekurangan darah merah, akibatnya akan menimbulkan kelelahan dan kelemahan.
  • Strangulasi Hemorrhoid. Jika suplai darah ke wasir interna terputus, karena terjepit, akan menyebabkan rasa sakit yang hebat dan menyebabkan kematian jaringan ( gangren ).

Kapan Harus ke Dokter?

  • BAB berdarah adalah gejala wasir yang paling sering. Tapi BAB berdarah dapat terjadi karena penyakit lainnya, termasuk kanker kolorektal dan kanker dubur. Oleh karena itu periksalah ke dokter ketika mengalami BAB berdarah.
  • Jika gejala ambeien yang Anda alami mulai berpengaruh pada kebiasaan buang air besar atau jika darah berwarna kehitaman, banyak dan berlangsung lama, adanya gumpalan darah, atau darah bercampur dengan tinja, maka segeralah berkonsultasi dengan dokter.
  • Segera ke UGD jika mengalami perdarahan yang hebat dengan gejala ppenglihatn kunang-kunang, sempoyongan, pusing atau pingsan.

Itulah ringkasan singkat mengenai gejala dan penyebab wasir, untuk selanjutnya akan dibahas mengenai penanganan atau pengobatan wasir, jadi jangan kemana-mana. :D.

4 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer