Berbagai Penyebab Demam / Panas

Berbagai Penyebab Demam / Panas  – Seseorang disebut demam ketika suhun tubuhnya 38 C atau lebih. Demam ini terjadi sebagai hasil dari respon kekebalan tubuh terhadap penjajah. Penjajah tersebut termasuk virus, bakteri, jamur, obat-obatan, atau racun lainnya.

Reaksi tersebut menghasilkan zat yang disebut pirogen, yang memicu respon kekebalan tubuh. Pirogen memberitahu hipotalamus untuk meningkatkan set point suhu dalam rangka untuk membantu tubuh melawan infeksi.

Demam merupakan gejala umum dari infeksi. Pada anak-anak, imunisasi atau tumbuh gigi dapat menyebabkan demam ringan. Gangguan autoimun, reaksi obat, kejang, atau kanker juga dapat menyebabkan demam / panas.

Demam biasanya disertai dengan gejala-gejala sebagai berikut :

  • Menggigil, gemetar
  • Sakit otot dan sendi
  • Sakit kepala
  • Terkadang Berkeringat
  • Jantung berdetak kencang atau palpitasi (berdebar)
  • Kulit memerah
  • Merasa pingsan, pusing
  • kelemahan
  • Dengan suhu yang sangat tinggi (> 104 F/40 C), kejang-kejang, halusinasi, atau kebingungan mungkin aja terjadi. Jika terjadi, Carilah perawatan medis.

Demam dengan gejala lain dapat menunjukkan ke arah penyakit tertentu, misalnya:

Meningitis (Radang selaput otak)
Demam disertai sakit kepala, leher kaku, kebingungan, Pasien tetap sadar

Infeksi Saluran Kemih
Demam disertai menggigil, rasa panas saat kencing

Pneumonia (Paru-paru basah)
Demam disertai sesak napas, batuk

Gejala lain yang mungkin merupakan indikasi dari penyakit parah meliputi muntah berulang, diare berat, atau ruam kulit (bisa menjadi tanda Demam Berdarah, Rocky Mountain spotted fever, demam rematik, radang tenggorokan, atau cacar air).

Demam lepuh (Herpangina) merupakan lepuh kecil yang berubah menjadi borok, biasanya pada bibir, mulut atau lidah, yang disebabkan oleh virus. Ketika seorang anak tertular virus ini untuk pertama kalinya, gejala dan lepuh demam dapat cukup parah. Jika anak tidak dapat makan atau minum, hubungi dokter.

Beberapa vaksin yang diberikan dalam masa kanak-kanak dapat menyebabkan demam ringan dalam satu atau dua hari setelah suntikan. Jika reaksinya parah atau tampak kulit di tempat suntikan berwarna merah, panas, dan menyakitkan, hubungi dokter.

Itulah Berbagai Penyebab Demam / Panas, tapi kalau masih bingung dengan demam yang anda alami berkunjung saja ke Dokter.

11 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer