Cara Mengatasi Sesak Nafas dengan Cepat

Sesak napas memiliki banyak penyebab yang berbeda, dan pengobatan sesak napas yang tepat akan disesuaikan dengan penyebab itu. Dalam banyak kasus, satu-satunya cara mengatasi sesak nafas adalah memeriksakan diri ke dokter atau layanan kedaruratan medis untuk dievaluasi. Selain mencari tahu apa yang menyebabkan sesak napas, dokter juga akan mampu memberikan oksigen tambahan untuk membantu pasien agar bernafas lega.

Namun demikian, beberapa langkah pertolongan pertama bisa kita lakukan untuk mengatasi sesak nafas, setidaknya sampai ambulans tiba atau selama perjalanan menuju UGD rumah sakit. Inilah yang kita sebut sebagai langkah pertolongan pertama pada sesak nafas.

mengatasi sesak nafas

posisi tripod untuk mengatasi sesak nafas

Bagaimana Cara Cepat Mengatasi Sesak Nafas?

Ketika Anda ataupun orang di sekitar Anda sering mengalami sesak napas, maka cobalah untuk melakukan beberapa langkah berikut untuk mengatasi serta mencegahnya:

  • Menghirup udara bersih. Seringkali debu dan polutan lain dapat menjadi faktor utama terjadinya sesak nafas. langkah-langkah sederhana seperti menjaga jendela agar ditutup ketika udara panas dan berdebu, menggunakan pendingin udara dan menjaga filter udara yang bersih dapat membantu menjaga udara yang Anda hirup bebas dari polutan. Langkah yang sama juga perlu diterapkan saat mengemudi di lalu lintas berat.
  • Berhenti merokok. Hal ini sangat penting karena dalam asap rokok terkandung zat-zat yang berbahaya bagi sistem pernafasan kita.
  • Hindari tinggal di rumah jika rumah sedang dicat atau baru saja dicat, yakni ketika uap yang dilepaskan oleh cat dapat menyebabkan kesulitan bernapas.
  • Jika Anda menderita pilek atau batuk, cobalah menghirup uap air panas untuk menjaga hidung tetap longgar (biar tidak mampet). Cara lain untuk mengusir akumulasi lendir adalah dengan berbaring telungkup dengan tubuh bagian atas Anda berbaring di tepi tempat tidur dan membatukkannya ke bawah. Gravitasi akan membantu mengalirkan akumulasi lendir dari paru-paru.
  • Minum cukup air akan membantu menjaga Anda terhidrasi dan ini juga bisa menipiskan lendir agar menjadi lebih encer, sehingga lebih mudah untuk di keluarkan.
  • Gunakan humidifier di kamar tidur terutama selama musim dingin.
  • Olah raga adalah cara mengatasi sesak napas yang umumnya berhasil di antara orang-orang yang memiliki kelebihan berat badan atau obesitas. Olahraga teratur seperti berjalan, jogging, berenang atau latihan aerobik akan membantu meningkatkan stamina Anda dan mengurangi episode sesak napas. Ini juga akan membantu menurunkan berat badan.
  • Makanan dan Ramuan. Makanan tertentu juga dapat membantu menyembuhkan sesak napas. Minum kopi hitam dikenal dapat mengurangi durasi dan intensitas serangan asma. Namun, obat sesak nafas yang mudah didapat ini harus digunakan dengan hati-hati karena dapat meningkatkan tekanan darah dan meningkatkan denyut jantung. Menambahkan sejumput lada hitam pada teh dapat membantu membuka saluran bronkial, membuat bernapas lebih mudah. Jus jahe dan madu merupakan ramuan ekspektoran yang sangat baik untuk mengusir dahak.

Jika sesak yang dirasakan begitu berat, maka lakukanlah hal-hal berikut sebagai langkah pertolongan pertama pada sesak nafas:

  1. Pastikan bahwa pasien tetap tenang dan beristirahat. Alasan sederhana untuk melakukan hal ini adalah bahwa semakin seseorang aktif, maka semakin besar jumlah oksigen yang digunakan, dan dengan demikian akan lebih memperberat sesak napas yang terjadi.
  2. Langkah selanjutnya adalah membuat penderita berada dalam posisi yang ideal bagi mereka. Para Profesional medis sering menyarankan untuk membentuk gaya tripod. Untuk melakukannya duduklah pada kursi kursi, kepala dan badan dibungkukkan ke depan, kedua tangan menyangga badan pada paha atau lutut. Hal ini bisa juga dilakukan saat berdiri, yaitu mengambil posisi membungkuk seperti ruku’.
  3. Jika kondisi tidak segera membaik, pastikan untuk mengkonfirmasi bantuan medis, sambil memastikan bahwa pasien tetap istirahat. Alasan mengapa bantuan medis penting adalah bahwa hal itu bisa menjadi tanda serangan jantung atau kondisi paru-paru yang parah.
  4. Selama proses pertolongan pertama untuk mengatasi sesak napas, Anda mungkin perlu menggunakan oksigen tambahan. Hal ini diperlukan bagi individu yang menderita penyakit paru-paru kronis. Perhatikan bahwa penggunaan oksigen harus dilakukan seperti yang diarahkan oleh dokter sebelumnya.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer