Cara Alami Menggemukan Badan Super Cepat

Cukup banyak yang merasa bahwa dirinya kurus sehingga ingin memperbaiki penampilan dengan menambah berat badan dengan cepat. Berbagai “cara menggemukan badan” mungkin telah dilakukan, beberapa diantaranya mungkin berhasil namun apabila sampai sekarang upaya yang Anda lakukan belum membuahkan hasil sesuai harapan, maka tentu ada sesuatu yang salah.

Menggemukan badan memang bukan perkara mudah, ada banyak faktor yang mempengaruhi berat badan seseorang, seperti pola makan, jenis makanan, aktifitas fisik, pola istirahat, atau mungkin kondisi medis tertentu. Namun, apapun itu semua pasti ada solusinya, dan sebentar lagi Anda akan mengetahui bagaimana cara menggemukan badan dengan cepat dan aman, tanpa menggunakan obat penggemuk badan atau semisalnya.

cara menggemukan badan

Apakah Anda memang kurus dan harus menggemukan badan?

Inilah pertanyaan penting yang harus Anda jawab sebelum menerapkan cara apapun untuk menggemukan badan, walau bagaimanapun kesehatan adalah yang utama. Buat apa gemuk jika berisiko terkena penyakit, dan sebaliknya buat apa mempertahankan badan kurus jika itu tidak menyehatkan tubuh.

Berat badan yang sehat lebih lanjut disebut dengan istilah berat badan ideal, untuk mengetahui hal ini maka digunakan rumus indeks masa tubuh (IMT) = berat badan (kg) dibagi kuadrat tinggi badan dalam satuan meter (m). Disebut berat badan ideal apabila jumlah perhitungan menghasilkan angka antara 18,5 – 25. Artinya IMT dibawah 18,5 adalah sangat kurus sehingga butuh metode atau cara untuk menggemukan badan, sebaliknya IMT lebih dari 25 dianggap kelebihan berat badan dan lebih dari 30 dianggap obesitas sehingga harus menurunkan berat badan.

Cara lebih mudah dalam menghitung IMT, gunakanlah kalkulator berat badan ideal.

Sudah terjawab ya, apabila Anda memang butuh untuk menambah berat badan, maka ikutilah langkah-langkah di bawah ini.

Cara Menggemukan Badan dengan Cepat tanpa Efek Samping

# Makan yang Banyak

Hal yang paling penting yang dapat Anda lakukan untuk bisa menambah berat badan adalah makan lebih banyak kalori dari kebutuhan tubuh. Surplus kalori (kalori masuk > kalori keluar) sangat diperlukan. Tanpa itu, Anda tidak akan bisa gemuk.

Ketika tubuh telah menggunakan kalori untuk berkatifitas dan menjalankan fungsi normalnya, maka energi yang pertama kali digunakan bersumber dari makanan, apabila jumlahnya mencukupi atau bahkan melebihi kebutuhan, maka sisa energi akan disimpan dalam tubuh seperti pada hati, otot, dan tertimbun dalam jaringan lemak. Itulah mengapa orang yang banyak makan akan gemuk.

Memang tak mudah menghitung berapa kebutuhan kalori dan menghitung kandungan kalori untuk setiap makanan, setiap jenis makanan akan memiliki jumlah kalori yang beragam, sumber kalori utama berasal dari makanan tinggi karbohirat, protein dan lemak. Hal ini juga bisa disiasati dengan menambah porsi makan dari yang biasanya anda makan.

# Perhatikan Jenis Makanan

Cara menggemukan badan tidak terlepas dari mengonsumsi makanan kaya protein, karbohidrat, dan lemak.

Protein diperlukan tubuh terutama untuk membangun sel-sel, dalam konteks ini kita ambil contoh otot, otot sebagai pembentuk tubuh kita dibangun oleh protein. mungkin Anda pernah mendengar seorang binaragawan yang memiliki massa otot besar dan kekar selalu membutuhkan asupan makanan yang memadai, ia harus mengonsumsi makanan sumber protein seperti telur sekian banyak perharinya.

makanan menggemukan badan

Jika Anda mencoba untuk menggemukan badan, maka konsumsilah 1,5-2,2 gram protein per kilogram berat badan Anda saat ini. Makanan tinggi protein termasuk daging, ikan, telur, banyak produk susu, kacang-kacangan, dan lain-lain. Suplemen protein seperti protein whey juga dapat berguna. Baca juga: Makanan sumber protein tinggi.

Banyak orang mencoba membatasi makanan kaya karbohidrat atau lemak ketika mereka mencoba untuk menurunkan berat badan. Maka lakukanlah hal sebaliknya jika Anda ingin cepat gemuk. Namun, harus dikombinasikan dengan makanan lain yang juga kaya akan protein dan pilihlah sumber lemak yang sehat. Jangan dari makanan produk olahan ataupun goreng-gorengan dengan minyak yang digunakan berkali-kali.

# Atur Jadwal Makan

Bagaiamana mungkin Anda bisa gemuk, kalau jarang makan, makan yang banyak harus diimbangi dengan jadwal makan yang teratur. Tiga kali makan besar dan dua kali cemilan; sarapan – cemilan – makan siang – cemilan – makan malam.

Jangan sepelekan sarapan, ini ibarat raja, makanan terbaik harus dikonsumsi saat sarapan, karena sarapan inilah yang menjadi sumber bahan bakar utama sebelum Anda melakukan aktifitas pada hari itu, apabila hal ini tidak dilakukan maka tubuh akan menggunakan energi cadangan yang ada dalam tubuh, artinya jika ini terjadi maka akan menyusutnya berat badan Anda.

Makan malam juga penting, pilihlah makanan tinggi kalori dan protein dan aturlah jam makan lebih malam atau lebih tepatnya mendekati waktu tidur yakni 1-2 jam sebelum tidur. Tujuannya agar makanan yang dikonsumsi benar-benar tersimpan dalam tubuh menjadi massa otot dan jaringan lemak sehingga lebih cepat gemuk.

( ! ) Trik atau cara menggemukan badan seperti ini (makan sebelum tidur) hanya direkomendasikan bagi remaja dan usia di bawah 30 tahun.

Disamping tujuannya untuk menggemukan badan, makan teratur juga penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terkhusus organ pencernaan. Jika makan sering telat bisa mudah terkena maag, kalau sudah sakit maag biasanya gak doyan makan, dan program menggemukan badan pun bisa gagal seketika.

# Kunyah Dengan Benar

Perhatikan cara mengunyah Anda selama ini. Jika tidak tepat, segera perbaiki. Mengunyah makanan tepat itu harus sampai benar-benar halus baru menelannya. Makanan yang telah halus (dikunyah dengan benar) akan lebih mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Dengan demikian tubuh akan lebih optimal menyerap sari-sari makanan dan Andapun bisa lebih cepat gemuk.

# Banyak Minum Air Putih

Mungkin banyak yang belum mengetahui cara menggemukkan badan yang satu ini. Tahukah Anda bahwa air putih berfungsi sebagai fasilitator, mediator, dan transisi untuk nutrisi-nutrisi yang beredar di tubuh manusia. Dengan cukup mengonsumsi air putih, maka darah menjadi lancar dalam mengedarkan sari-sari makanan yang diperlukan tubuh sehingga nutrisi-nutrisi tersebut akan lebih cepat terserap dan hasilnya tubuh akan menjadi cepat gemuk. Dan tentu saja cara ini akan menyehatkan ginjal kita juga.

Langkah ini sangatlah mudah, di negeri kita ini sangat mudah mendapatkan air bersih, konsumsilah setidaknya delapan gelas air putih perharinya atau sejumlah dua liter. Jika Anda sudah cukup minum air, maka akan ditandai dengan air seni yang berwarna bening atau jernih, jika urine masih keruh atau kekuningan berarti Anda perlu minum lebih banyak lagi.

# Tidur Cukup

Selain tidak baik untuk kesehatan, terlalu sering begadang atau tidur terlalu larut malam ternyata juga bisa menghambat bertambahnya berat badan. Sebaiknya tunda pekerjaan Anda di malam hari, simpanlah untuk dieksekusi besok pagi atau siangnya. Pandai-pandailah mengatur jadwal keseharian secara lebih baik sehingga ada waktu untuk tidur lebih awal. Tidur yang cukup itu, tidur nyenyak di malam hari selama 6-8 jam setiap malamnya.

Saat semua nutrisi terpenuhi, maka tubuh membutuhkan waktu istirahat untuk menyerapnya agar nutrisi tersebut dapat terserap dengan baik dan segera membentuk tubuh. Hal ini bisa dicapai dengan tidur yang cukup, dengan demikian berat badan anda akan bertambah dengan cepat. Anda harus menghindari begadang, karena begadang akan membuat metabolisme tubuh tidak setabil dan membuat tubuh jadi kurus.

# Berolahraga

Buat apa cepat gemuk tapi tak sehat – Olahraga memang termasuk dalam program menurunkan berat badan, namun ini bisa dijadikan program untuk menaikkan berat badan dengan sehat asal diimbangi dengan makan yang banyak. Untuk membentuk massa otot, maka lakukanlah olah raga angkat beban, untuk menggemukan badan secara merata lakukanlah olah raga ringan seperti jalan di pagi dan sore hari, senam, bersepeda, dan olahraga ringan lainnya. Hindari olahraga cardio seperti lari-lari, karena ini akan membuat berat badan turun.

Baca juga:

Penyebab – Penyebab Kegagalan Dalam Program Penggemukan

Langkah langkah di atas adalah semua upaya kita dalam menaikkan berat badan, namun apabila Anda sudah melakukannya beberapa minggu namun tidak ada penambahan berat badan, maka dicurigai ada sesuatu yang tidak beres. Mungkin ada kondisi medis tertentu pada tubuh Anda yang menyebabkan Anda sulit gemuk.

Jika demikian, maka harus berkonsultasi dengan dokter. Adapun beberapa masalah kesehatan yang menyebabkan badan kurus antara lain:

  • Gangguan makan: Ini termasuk anoreksia nervosa , gangguan mental yang serius.
  • Masalah tiroid: Memiliki tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme) dapat meningkatkan metabolisme dan menyebabkan penurunan berat badan yang tidak sehat.
  • Penyakit celiac: Bentuk yang paling parah dari intoleransi gluten. Kebanyakan orang dengan penyakit celiac tidak tahu bahwa mereka memilikinya.
  • Diabetes: Memiliki diabetes yang tidak terkontrol (terutama tipe 1) dapat menyebabkan penurunan berat badan yang parah.
  • Kanker: tumor dan kanker sering membakar sejumlah besar kalori dan bisa menyebabkan seseorang kehilangan banyak berat badan.
  • Infeksi: Infeksi tertentu dapat menyebabkan seseorang menjadi sangat kurus. Ini termasuk parasit, TBC dan HIV / AIDS.

Jika ingin berhasil dalam menjalankan tips atau cara menggemukan badan seperti di atas, maka kondisi medis seperti ini harus diatasi terlebih dahulu. Sekian semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer