Cara Mengobati Bintitan

Sebelum kita membahas Cara Mengobati mata Bintitan sebaiknya kita pelajari dulu apa itu bintitan dan apa penyebab bintitan.

Arti Bintitan

Mungkin istilah bintitan tidak semua orang tahu, oleh karena itu disini akan penulis perjelas apa itu bintitan.

bintitan pada mata terasa sakit bagaimana cara mengatasi bintitan

bintitan membuat mata tampak sipit

Bintitan disini diartikan sebagai benjolan kemerahan dan terasa sakit yang terletak di dasar bulu mata, di bawah atau di dalam kelopak mata. Bintitan merupakan infeksi lokal dari kelenjar atau kantong rambut (folikel) dari kelopak mata. Istilah medis untuk bintitan adalah hordeolum (jamak, hordeola). Terkadang saya sendiri menyebutnya sebagai bisul pada mata kalau pasien tidak tahu ketika saya sebutkan Bintitan.

Kelopak mata yang mengalami Bintitan biasanya ditandai dengan adanya benjolan kecil, kemerahan, terasa sakit baik saat diam apalagi disentuh dan tersa sakit saat berkedip. Terkadang terdapat juga nanah pada ujung benjolan yang berwarna kuning dan terkadang kuning kehijauan.

bintitan bernanah

bintitan dengan nanah di ujungnya

Bintitan atau Hordeolum ini ada 2 jenis, yaitu Hordeolum Eksterna dan Interna.
Hordeolum eksterna merupakan bintitan yang berkembang di dasar bulu mata (folikel rambut), sedangkan hordeolum interna apabila bintitan berkembang di kelenjar meibom, sebuah kelenjar yang terletak di bagian bawah kelopak mata yang mengeluarkan substansi zat minyak ke bola mata.

Hordeolum mirip dengan chalazion, chalazion merupakan kista atau jaringan parut akibat peradangan kronis yang timbul di kelenjar meibom pada kelopak mata. Chalazion juga dapat terbentuk ketika infeksi bintitan / hordeolum menetap dari waktu ke waktu, sehingga terbentuk jaringan parut di sekitar kelenjar meibom. Perbedaan Hordeolum dan hordeolum, chalazion biasanya tidak menimbulkan rasa sakit.

Bagaimana bisa terjadi bintitan, apa penyebab bintitan?

Bintitan terjadi akibat infeksi pada kelenjar minyak di kelopak mata (kelenjar meibom) yang membantu untuk melumasi bola mata. Infeksi terjadi setelah kelenjar meibom ini menjadi tersumbat. Bintitan juga dapat timbul dari folikel rambut yang terinfeksi di dasar bulu mata. Bakteri Staphylococcus aureus merupakan bakteri yang sering menjadi penyebab bintitan (90% -95%).  Bintitan juga dapat berkembang sebagai komplikasi dari peradangan difus kelopak mata (blepharitis).

Cara Mengobati Bintitan

Bintitan Kebanyakan akan mengempes dan hilang dengan sendirinya tanpa perlu perawatan medis. Akan tetapi Cara Mengobati Bintitan berikut dapat dilakukan untuk mempercepat penyembuhan bintitan.

Kompres Hangat untuk mengobati bintitan
Lakukan kompres hangat atau handuk hangat pada daerah yang terkena selama 10-15 menit, empat sampai enam kali sehari, dapat menjadi obat rumah yang efektif.

Jangan menekan bintikan
Bintitan tidak boleh ditekan, dipencet atau diperas karena ini dapat menyebar atau memperburuk infeksi.

Salep antibiotik untuk mengobati bintitan
Salep antibiotik dan / atau salep steroid kadang-kadang diresepkan untuk mengobati bintitan.

Minum Obat

  • Jarang sekali antibiotik minum digunakan untuk mengobati bintitan akan tetapi antibiotik minum sangat membantu pada kasus-kasus dengan infeksi yang parah dan luas.
  • Obat penghilang nyeri dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri pada bintitan.

Jika bintitan berlangsung selama beberapa hari konsultasikan dengan dokter, dokter mungkin melakukan tindakan yaitu mengeluarkan nanah dengan pisau khusus dan dibius lokal terlebih dahulu agar tidak sakit.

Sekian, Cara Mengobati Bintitan semoga bermanfaat. :)

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:

Tulis Komentar / Konsultasi tentang Cara Mengobati Bintitan

Bisa via Facebook atau Google+ yang berada di bawah, tapi Mohon maaf saya tidak bisa menjawab pertanyaan "obatnya apa?", karena dokter tidak dapat memberi terapi tanpa memeriksa terlebih dahulu. Terimakasih atas kunjungannya :)

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer