Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat, Tepat, dan Efektif

Sebelum kita membahas tentang Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat, Tepat, dan Efektif marilah kita samakan persepsi kita terlebih dahulu mengenai “sariawan”. Tak lain dan tak bukan agar sariawan yang saya maksud sesuai dengan yang anda maksud sehingga tepatlah jika anda mengamalkan apa yang akan saya paparkan berkaitan dengan cara mengobati sariawan.

let’s go…
Sariawan dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah stomatitis, diartikan sebagai inflamasi atau peradangan pada lapisan mukosa (selaput lendir) pada mulut, yakni terdapat pada bibir bagian dalam, pipi bagian dalam, gusi, lidah, dan langit-langit mulut. Inflamasi atau peradangan pada sariawan bisanya dimulai dengan jaringan mukosa yang memerah, lalu terbentuklah ulkus atau luka atau tukak, luka sariawan bisa berbentuk bulat, oval, bisa juga tak beraturan dan memiliki tepi yang berbatas tegas.

cara mengobati sariawan di bibir

sariawan di bibir

Sariawan walaupun lukanya terlihat kecil dan sepele, tetapi rasa sakitnya bisa sangat mengganggu terutama saat makan, berbicara, gosok gigi, dan cendrung menimbulkan bau mulut tak sedap. Oleh karena itu, secepatnya mengobati sariawan dianggap sangat perlu, terutama menghilangkan rasa sakitnya. Walaupun sebenarnya sariawan akan sembuh dengan sendirinya namun agak lama.

Baiklah, sekarang mari kita bahas Cara Mengobati Sariawan dengan Cepat, Tepat, dan Efektif yang akan saya bagi menjadi beberapa langkah, sebagai berikut:

Langkah 1  – mencari dan menentukan penyebab sariawan
Mencari kemungkinan penyebab sariawan yang sedang anda alami saat ini. Sebagai gambaran, penyebab tersering sariawan yaitu peningkatan makan secara tiba-tiba terhadap makanan tertentu yang bersifat merusak atau mengiritasi mukosa mulut. contohnya terlalu banyak makan buah nanas, melon, kopi atau minuman lain yang panas, makanan pedas, keripik dan gorengan lainnya, dsb. Atau obat-obatan tertentu seperti antibiotik dan kemoterapi. Sekarang tinggal ingat-ingat saja, apa yang anda makan kemarin-kemarin. Lebih lanjut silahkan baca : Jenis-jenis dan penyebab sariawan.

Langkah 2 – menghentikan penyebab sariawan.
Setelah ketemu penyebabnya hentikan mengonsumsi makanan tersebut dan jaga pola hidup sehat. Sampai disini akan terjadi perbaikan pada sariawan dalam kurun waktu 3 sampai 5 hari kedepan. Khusus untuk sariawan karena herpes sebaiknya berobatlah ke dokter.

Langkah 3 – menjaga kebersihan mulut.
Menjaga kebersihan mulut dengan baik. caranya gunakanlah air hangat dicampur garam untuk berkumur selama 30 detik di pagi hari, siang, dan malam. Larutan garam akan membunuh kuman-kuman dan merangsang pembentukan sel-sel baru untuk penyembuhan sariawan. Jangan menggunakan mouthwash karena akan menyebabkan iritasi dan membuat sariawan tak kunjung sembuh. Selain itu pergunakan juga sikat gigi yang lembut sehingga meminimalisir timbulnya trauma.

Langkah 4 – menghilangkan rasa sakit pada sariawan.
Rasa sakit dapat dihilangkan dengan obat yang diminum atau dikumur. Untuk obat minum bisa menggunakan parasetamol, ibuprofen atau asam mefenamat untuk dosis dan kontraindikasinya harap diperhatikan. Obat kumur penghilang rasa sakit pada sariawan dapat menggunakan antasida dikombinasi dengan difenhidramin (benadryl). caranya campurkan 50:50 kedua obat tersebut dengan 1,5 sendok air matang jika sudah tercampur, gunakan untuk berkumur tahan selama 30-60 detik lalu buang. frekuensi 4 kali sehari. Larutan ini akan melapisi luka atau tukak sariawan dan menghilangkan rasa sakit.

Langkah 5 – Periksa ke dokter untuk mengobati sariawan.
Jika telah mengikuti langkah tersebut ternyata dalam waktu 4 sampai 7 hari sariawan tak kunjung sembuh segera hubungi dokter. Hal ini penting! karena terdapat beberapa penyakit, bahkan sebagian berbahaya, yang dapat menyebabkan sariawan.

Langkah 5 – untuk mengobati kondisi khusus sariawan.
Pada kondisi khusus seperti angular chelitis yakni sariawan pada lipatan bibir akan memerlukan pengobatan dengan vitamin B dan juga Obat oles berupa krim antibiotik yang dikombinasikan dengan hidrocortisone 1%. Untuk mendapatkannya diperlukan resep dokter.

Itulah beberapa langkah untuk Mengobati Sariawan dengan Cepat, Tepat, Efektif dan aman tentunya. Ingat! Jangan mudah percaya dengan mitos-mitos atau cara pengobatan sariawan yang tidak ada landasan ilmiahnya sama sekali.

8 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer