Ciri-Ciri Nyamuk Demam Berdarah Disertai Gambar

Dengan mengetahui ciri-ciri nyamuk demam berdarah, maka kita bisa lebih pandai bagaimana menghindari gigitan nyamuk DBD ini. Dengan demikian, maka kitapun bisa mencegah agar jangan sampai terjangkiti penyakit demam berdarah.

Nyamuk demam berdarah yang memiliki nama latin Aedes aegypti merupakan faktor utama yang menjadi penyebab penularan penyakit Demam Berdarah Dengue. Nyamuk ini menularkan virus Dengue ke manusia melalui gigitan kecilnya ke dalam kulit. Nyamuk yang bertanggung jawab terhadap penularan tersebut adalah nyamuk Aedes aegypti betina, karena nyamuk betina membutuhkan darah agar dapat memproduksi telur.

Pada artikel kali ini mari kita lebih mengenali nyamuk ini agar kita dapat memberantasnya dan mencegah penularan DBD di sekitar lingkungan tempat tinggal kita.

Kenali Ciri-Ciri Nyamuk Demam Berdarah 

Ciri-ciri nyamuk demam berdarah Aedes aegypti ini adalah sebagai berikut:

  • Memiliki tubuh berwarna hitam dengan loreng-loreng putih (belang-belang warna putih) di sekujur tubuh nyamuk.
  • Memiliki kemampuan terbang hingga radius 100 meter dari tempat nyamuk menetas.
  • Memerlukan darah setiap dua hari sekali.
  • Menghisap darah sebanyak dua kali yaitu pada pagi hari dan sore hari.
  • Memiliki kemampuan bertahan hidup selama 2-3 bulan dengan rata-rata selama 2 minggu.
  • Ketika menggigit posisi tubuh nyamuk rata dengan permukaan kulit
  • Bersarang dan bertelur di genangan air jernih di dalam dan di sekitar rumah bukan di air keruh (ada tananhnya) seperti got/comberan, contohnya pada bak mandi, tampayan, vas bunga, tempat minum burung, perangkap semut dan lain-lain.

Nyamuk Aedes aegypti ini kemungkinan juga lebih menyukai menetap dan berkembang biak dengan cepat di daerah yang mempunyai iklim panas dan lembap, seperti di Indonesia. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, nyamuk Aedes aegypti betina menyukai lingkungan rumah, bangunan, gedung dan sekitarnya, terutama pada tempat-tempat gelap dan benda-benda yang tergantung di dalamnya. Nyamuk dewasa juga bisa terbang rata-rata hingga sejauh 400 meter.

Nyamuk Aedes aegypti paling aktif mencari mangsa sekitar dua jam setelah matahari terbit dan beberapa jam sebelum matahari terbenam. Infeksi virus Dengue dari nyamuk Aedes aegypti biasanya lebih tinggi pada korban yang aktif berada di luar ruangan pada siang hari. Namun, bukan berarti nyamuk Aedes aegypti tidak bisa menggigit di malam hari, karena bekas gigitan nyamuk demam berdarah juga bisa muncul pada malam hari di lokasi yang berpenerangan baik. Selain manusia, nyamuk Aedes aegypti ini juga menggigit anjing dan hewan mamalia peliharaan lainnya.

Tempat-tempat yang banyak airnya atau bisa dijadikan tempat penampungan air yang ada di rumah atau sekitar teras rumah merupakan sarang bagi nyamuk betina untuk bertelur dan berkembang biak hingga menjadi nyamuk dewasa, seperti bak mandi, penampungan air, lubang wc, talang air, vas bunga, kaleng bekas, pecahan botol, pohon dengan lubang pada batangnya, ban kendaraan yang sudah tidak terpakai, tempat minum hewan peliharaan, mainan, kolam renang dan lain sebagainya.

Kumpulan Gambar Nyamuk DBD: Aedes aegypti

ciri nyamuk demam berdarah

Gambar nyamuk demam berdarah ketika menggigit

gambar nyamuk demam berdarah

gambar nyamuk demam berdarah ketika istirahat

gambar nyamuk demam berdarah

Gambar bagian tubuh nyamuk Aedes aegypti

Langkah Pembasmian Nyamuk Aedes aegypti

Untuk dapat mencegah penularan penyakit demam berdarah maka kita harus dapat memutus rantai penularannya dengan cara memberantas sarang nyamuk tersebut melalui beberapa langkah berikut yang biasa dikenal dengan 3M-Plus, yaitu:

  1. Menguras, yaitu memeriksa dan membuang genangan air yang berada di dalam tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain
  2. Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya agar nyamuk Aedes aegypti tidak bisa masuk untuk bertelur dan berkembang biak di dalamnya.
  3. Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang sudah tidak terpakai yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk Aedes aegypti

Adapun yang dimaksud dengan Plus pada 3m-Plus adalah segala bentuk kegiatan yang bersifat pencegahan seperti:

  1. Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan;
  2. Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk;
  3. Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah;
  4. Menggunakan kelambu saat tidur;
  5. Memakai pakaian bertangan panjang, celana panjang, kaus kaki di jam-jam aktif nyamuk demam berdarah.
  6. Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk
  7. Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk;
  8. Menanam tanaman pengusir nyamuk, seperti serai, seledri, lavender, catnip, dan lain-lain.

Marilah kita bersama-sama ikut berperan aktif dalam pencegahan penularan penyakit demam berdarah dimulai dengan membersihkan rumah dan lingkungan sekitar rumah kita minimal setiap satu minggu sekali.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer