Gangguan Menstruasi

Setelah membahas mengenai menstruasi nomal, sekarang giliran membahas gangguan-gangguan yang sering terjadi pada siklus haid / menstruasi / datang bulan.

Gangguan menstruasi bermacam-macam, termasuk nyeri, perdarahan berat, dan tidak menstruasi.  Sebenarnya masih banyak gangguan lainnya, namun tiga macam gangguan menstruasi ini yang sering terjadi, oleh karena itu artikel ini akan membahas tiga hal ini saja.

Amenore – kurangnya periode menstruasi.
Amenore digunakan untuk mendeskripsikan ketiadaan periode menstruasi :

  • Seorang gadis belum mulai menstruasi pada usia 15 tahun
  • Siklus mens tadinya normal, tapi tiba-tiba belum datang bulan selama 90 hari, Penyebabnya dapat mencakup:
    • Kehamilan
    • Menyusui
    • penurunan berat badan ekstrim
    • Gangguan makan
    • Olahraga berlebihan
    • Stres
    • Kondisi medis serius yang membutuhkan pengobatan

Ketika siklus menstruasi datang secara teratur, ini berarti bahwa bagian-bagian penting dari tubuh Anda bekerja secara normal. Dalam beberapa kasus, tidak memiliki periode menstruasi dapat berarti bahwa ovarium telah berhenti memproduksi sejumlah normal estrogen. Berkurangnya atau bahkan hilangnya hormon dapat memiliki efek penting pada kesehatan Anda secara keseluruhan. Masalah hormonal, seperti yang disebabkan oleh sindrom ovarium polikistik (PCOS) atau masalah serius dengan organ reproduksi, mungkin terlibat. Sangat penting untuk konsultasi dengan dokter jika Anda memiliki masalah ini.

Dismenore – rasa sakit saat datang bulan, nyeri haid.
Nyeri haid yang terasa Kram saat menstruasi pada remaja disebabkan oleh terlalu banyak bahan kimia yang disebut prostaglandin. Kebanyakan remaja dengan dismenore tidak memiliki penyakit serius, meskipun terjadi kram yang parah. Pada wanita yang lebih tua, rasa sakit kadang-kadang disebabkan oleh penyakit atau kondisi seperti fibroid rahim atau endometriosis.

Bagi beberapa wanita, menggunakan bantal pemanas atau mandi hangat membantu meringankan nyeri haid mereka. Beberapa obat nyeri juga dapat membantu meringankan gejala nyeri haid. Obat-obat tersebut meliputi:
o Ibuprofen
o Ketoprofen
o Naproxen

Jika obat-obat ini tidak menghilangkan rasa sakit atau nyeri mengganggu pekerjaan atau sekolah, Anda harus ke dokter. Pengobatan tergantung pada penyebab masalah dan seberapa parahnya.

Perdarahan abnormal – perdarahan yang berbeda dari periode menstruasi normal.

Ini mencakup:
o Pendarahan antara periode
o Perdarahan setelah berhubungan intim
o Bercak atau flek
o Pendarahan berat atau lebih dari normal
o Perdarahan setelah menopause

Perdarahan abnormal dapat memiliki banyak penyebab. Dokter dapat mulai dengan memeriksa masalah yang paling sering sesuai dengan usia anda. Pengobatan untuk perdarahan abnormal tergantung pada penyebabnya.

Perubahan hormon dapat menyebabkan waktu yang lama bersama dengan siklus yang tidak teratur. Jika diketahui penyebabnya adalah perubahan hormonal, mungkin anda akan mendapatkan pengobatan hormonal. Harus diingat bahwa perubahan ini dapat terjadi akibat masalah kesehatan serius, seperti fibroid rahim, polip, atau bahkan kanker. Temui dokter jika Anda memiliki perdarahan yang abnormal.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer