Gejala Asam Urat Tinggi

Gejala-gejala yang dapat timbul pada seseorang yang didiagnosis Asam Urat Tinggi (hyperuricemia, kadar asam urat > 7mg/dl, Kadar Nomal Asam Urat : 3-7 mg/dl) sebenarnya merupakan sebuah komplikasi dari kondisi Tingginya Asam Urat tersebut. Gejala Asam Urat Tinggi diantaranya nyeri sendi (gout), batu ginjal, dan gagal ginjal. Karakteristik dari masing-masing komplikasi tersebut dijelaskan sebagai berikut:

Ilustarasi Gejala Asam Urat Tinggi

Gout – Nyeri sendi
Gout terjadi ketika ada akumulasi kristal asam urat dalam sendi. Sendi terasa sangat sakit walaupun disentuh dengan ringan, ini merupakan gejala gout yang paling menonjol. Gejala lain termasuk teraba hangat, bengkak dan memerah. Pengelupasan kulit di sekitar sendi yang terkena juga merupakan manifestasi dari gout, juga dapat disertai gerakan terbatas pada sendi yang terkena dan demam.

Batu Ginjal
Orang yang terkena batu ginjal ini mungkin tidak merasakan adanya gejala sampai batu tersebut telah  masuk ke dalam ureter. Dan ketika itu terjadi, dapat menyebabkan rasa sakit di salah satu pinggang dan dapat menjalar ke pangkal paha, perut, dan/atau alat kelamin. Sering buang air kecil dan terasa sakit, mual atau muntah dan terdapat darah dalam urin merupakan gejala lain yang menyertai.

Gagal Ginjal

Gagal Ginjal dapat berupa akut atau kronis. Gagal ginjal akut adalah penurunan tiba-tiba fungsional dari organ-organ (ginjal), sedangkan bentuk kronis terjadi secara bertahap. Ginjal bekerja untuk mengekstrak racun dari tubuh dan membuangnya melalui buang air kecil. Bila hal ini tidak terjadi dengan benar, racun dalam tubuh dapat menyebabkan hal yang fatal. Gejala gagal ginjal akut termasuk buang air kecil berkurang, pembengkakan pada kaki, kelelahan, nyeri di dada, sesak napas dan kebingungan mental. Dalam kasus ekstrim, orang mungkin mengalami kejang atau jatuh koma. Gagal ginjal kronis menyebabkan beberapa gejala yang sama serta kram pada otot, kehilangan nafsu makan dan masalah tidur. Oleh karena itu, Jika terdapat gejala seperti buang air kecil berkurang, pembengkakan pada tungkai, sesak napas, rasa bingung dan mengantuk terjadi pada seseorang dengan asam urat tinggi, maka dapat menunjukkan bahwa ia mengalami Gagal ginjal.

Meskipun Anda mengalami gejala di atas (gout, batu ginjal atau gagal ginjal) tidak selalu  asam urat tinggi yang menjadi penyebabnya. Hal ini karena, ketiga kondisi dapat disebabkan oleh faktor-faktor lain juga. Jadi disarankan untuk konsultasi dengan dokter jika gejala-gejala tersebut muncul. Dan jika hyperuricemia ditemukan penyebabnya, maka terlepas dari apa yang diresepkan dokter sebagai obat, akan lebih bijaksana bagi Anda untuk mengubah pola makan anda. Artinya, makanlah makanan yang rendah purin. Hindari makanan yang tinggi protein dan alkaloid. Daging, makanan laut, alkohol, kerang, produk panggang, sarden, dan jenis makanan laut harus dihilangkan dari menu makanan.
Sayuran seperti kacang kering dan kacang polong, asparagus, kacang-kacangan, jamur, bayam, Kacang merah, kacang lima, kembang kol, dll, juga harus dihindari, karena mengkonsumsinya juga terkait dengan meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh.

Lebih lanjut baca : Cara Menurunkan Asam Urat

1 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer