Kenali Gejala dan Ciri-ciri Kanker Kulit

Apakah Anda sekarang memiliki tahi lalat yang terus tumbuh, cepat berubah dan ada gejala gatal serta kemerahan? atau memiliki borok pada kulit yang tak kunjung sembuh ? Hati-hati, bisa jadi itu merupakan gejala kanker kulit yang berbahaya.

Jika berbicara tentang gejala dan ciri-ciri kanker kulit, maka sudah barang tentu kita juga harus membicarakan tentang jenis-jenis kanker kulit itu sendiri. Hal ini penting karena setiap jenis kanker kulit akan memiliki gejala khasnya masing-masing.

Berikut Gejala dan ciri-ciri kanker kulit berdasarkan jenis kankernya:

Ada tiga jenis utama kanker kulit yaitu karsinoma sel basal (basal cell carcinoma), karsinoma sel skuamosa, dan melanoma maligna. Selain itu ada juga lesi   “pra-kanker”  (bukan kanker tapi berpotensi menjadi kanker) yaitu actinic kratosis.

Actinic Keratosis (Pre-Kanker)

“Actinic keratosis” sering terjadi pada kulit yang rusak akibat sering terpapar sinar matahari. Lesi eni sebagai calon karsinoma sel skuamosa (SCC = Squamous cell carcinoam).

Ciri dan gejalanya yaitu: bercak kemerahan, kecoklatan, atau bercak tidak teratur, kasar, dan bersisik. terasa menyengat pada kulit.

Karsinoma Sel Basal (KSB)

Merupakan jenis kanker kulit yang paling sering terjadi. Cenderung terjadi pada kulit yang sering terpapar sinar matahari. Ciri-ciri kanker kulit ini yaitu (ada 3 bentuk):

  • Nodular: tumor yang muncul seperti mutiara atau benjolan lilin dengan pembuluh darah yang terlihat
  • Superficial: berbentuk bercak bersisik kemerahan dan datar tepi cokela
  • Sclerosing: berbentuk seperti lesi keras atau bekas luka seperti (sclerosing BCC).

Gejala kanker kulit KSB antara lain:  gatal, sering berdarah, bahkan terbentuk borok (koreng) pada kasus yang berat.

Melanoma Maligna

Dalam beberapa kasus melanoma berkembang dari tahi lalar, namun paling sering muncul sebagai lesi baru (tanpa didahului tahi lalat). Bagian tubuh yang sering terkena yaitu badan bagian atas, kepala dan leher, dan juga pada ekstremitas bawah, terutama pada wanita.Suatu jenis kanker kulit yang paling berbahaya karena dapat menyebabkan kematian.

gejala kanker kulit

Ciri-ciri kanker kulit melanoma maligna yaitu : Kulit berpigmen (bercak berwarna) dengan batas atau tepi tidak teratur, warna yang berbeda, dan / atau asimetri (tidak sama kanan kiri). Atau berupa tahi lalat dengan ukuran, warna, atau bentuk yang cepat berubah. Atau, bisa muncul sebagai bercak kecoklatan dengan bintik gelap, atau area putih kebiruan, atau lesi berwarna-warni.

Sarkoma Kaposi

Merupakan Kanker kulit yang langka yang berkembang dari pembuluh darah kulit. Memiliki ciri-ciri bercak kemerahan atau keunguan.Sering terjadi pada orang dengan sistem kekebalan yang lemah seperti penyandang HIV/AIDS.

Jika diringkas, secara umum gejala dan ciri-ciri kanker kulit adalah sebagai berikut:

  • Lesi pada kulit atau borok yang tidak sembuh-sembuh dalam waktu 4 minggu
  • Lesi pada kulit yang terasa gatal terus, sakit, berkeropeng, berkerak atau berdarah selama lebih dari 4 minggu
  • Kulit yang tiba-tiba rusak tanpa sebab yang jelas, dan itu tidak sembuh-sembuh dalam waktu 4 minggu.
  • Tahi lalat yang menjadi ganas dengan ciri-ciri: cepat berubah bentuk, ukuran dan warnanya, terasa gatal dan nyeri.

Segera periksakan ke dokter kulit apabila Anda menemukan ciri-ciri atau gejala kanker kulit seperti di atas. Sekian, semoga bermanfaat :)

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer