Gejala Maag Akut dan Obatnya

Secara garis besar ada dua jenis penyakit maag (gastritis), yaitu maag akut dan maag kronis. Pada kesempatan kali ini kita akan mengenal lebih jauh tentang penyakit maag akut. Ini merupakan peradangan pada lambung yang sifatnya muncul secara tiba-tiba dengan gejala utama berupa nyeri ulu hati, mual dan kembung dengan durasi yang tidak lama atau sesaat.

Seperti kita ketahui bahwa lambung manusia menghasilkan asam lambung dan enzim – enzim yang berguna dalam proses pencernaan makanan. Pada lambung yang normal terdapat lapisan pelindung di dalamnya yang berfungsi untuk melindungi lambung dari peradangan atau pengikisan lambung oleh asam lambung. Penyakit maag dapat terjadi ketika produksi asam lambung berlebihan, atau terjadi gangguan pada lapisan pelindung tersebut.

gejala maag akut

Penyakit lambung atau Maag yang dalam istilah medis disebut sebagai gastritis adalah suatu proses peradangan pada mukosa (dinding dalam) lambung. Penyakit maag akut merupakan peradangan pada mukosa lambung yang bersifat akut (sesaat, tidak berlangsung lama. Kalau berlangsung lama namanya maag kronis) yang ditandai dengan kerusakan berupa erosi (pengikisan) pada bagian superfisial (permukaaan) mukosa lambung. Istilah maag akut digunakan untuk menggambarkan ciri – ciri sakit maag yang terjadi tiba-tiba, dalam waktu singkat, dan biasanya menunjukkan gangguan yang serius berupa nyeri yang hebat dan tajam.

Gejala Maag Akut

Seseorang yang mengalami maag akut dapat merasakan beberapa gejala maag akut seperti berikut :

  • Nyeri pada perut bagian ulu hati (antara tulang dada dan pusar) akibat adanya peradangan pada dinding dalam lambung.
  • Perut kembung, mual dan muntah akibat adanya perbaikan pada dinding dalam lambung yang pada saat bersamaan memicu terjadinya peningkatan asam lambung.
  • Pada bentuk yang berat dapat terjadi perdarahan pada saluran cerna yang ditandai muntah darah bewarna hitam dan tinja yang bewarna hitam akibat pengikisan yang berlebihan pada dinding dalam lambung, kondisi ini disebut dengan tukak lambung (ulkus peptikum).

Penyebab Maag Akut

Beberapa faktor yang dapat menjadi pemicu terjadinya peradangan pada maag akut, yaitu :

  • Komsumsi obat yang mengiritasi lambung seperti obat anti inflamasi non steroid, yaitu obat-obat yang digunakan untuk meredakan nyeri dan demam, contohnya ibuprofen, asam mefenamat, aspirin, dan lain-lain.
  • Konsumsi minuman yang mengandung alkohol.
  • Memakan makanan yang mengiritasi lambung seperti makanan pedas, makanan terlalu asam, dan sejenisnya.
  • Meminum minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, soda.
  • Makan tidak teratur, terlambat makan, atau makan berlebihan.
  • Maag akut akibat stres, pikiran yang tegang dan tidak tenang.
  • Bakteri Helycobacter pylori yang menyebabkan peradangan dan infeksi lambung.
  • Gangguan autoimun, dimana sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan lambung.

Obat Maag Alami

Agar pengobatan penyakit maag akut dapat berhasil dan kesembuhan dapat dicapai hal yang paling utama dan harus dilakukan adalah berusaha untuk menghindari faktor – faktor yang dapat menjadi pemicu bertambah beratnya penyakit dan menkonsumsi obat maag yang dapat menetralkan dan menurunkan produksi asam lambung.

Selain menggunakan obat – obatan, pengobatan maag juga dapat terbantu dengan mengkonsumi beberapa jenis bahan makanan yang dapat menjadi obat maag alami yaitu :

  • Madu: memiliki khasiat untuk menjaga keadaan asam yang berlebihan di dalam lambung agar tetap dalam keadaan normal dengan cara menghambat pengeluaran asam lambung yang berlebihan, sebagai tambahan madu juga memiliki efek antibakterial yang dapat mematikan kuman Helicobacter pylori yang dapat menyebabkan penyakit maag.
  • Pisang : mengandung banyak kalium yang memiliki khasiat dalam membantu menormalkan keadaan asam yang berlebihan di dalam lambung. Konsumsi tiga buah pisang sehari dapat membantu dalam mengobati penyakit maag
  • Kentang: mengandung kalium, namun kadar kalium kentang tidak sebanyak buah pisang. Untuk 200 gram kentang di dalamnya terkandung kalium yang setara dengan satu buah pisang
  • Kedelai: juga mengandung kalium. untuk 250 gram kacang kedelai mengandung kalium yang setara dengan satu buah pisang
  • Brokoli: mengandung sulforaphane yaitu senyawa yang memiliki khasiat anti bakteri yang dapat mematikan kuman Helicobacter pylori. Pada sebuah penelitian dilaporkan bahwa konsumsi brokoli dua kali sehari selama minimal tujuh hari dapat membantu mengobati penyakit maag.
  • Kubis : mengandung asam amino glutamin yang dapat membantu dalam mempercepat penyumbahan luka akibat pengikisan pada lambung dan memperkuat lapisan dinding dalam usus

Obat Maag di Apotek

Ada banyak jenis obat untuk mengatasi maag akut yang tersedia di apotek ataupun toko obat, mungkin sebagian besar dari Anda sudah tahu karena seringkali obat jenis ini diiklankan di TV. Pada tahap awal Anda boleh menggunakan obat-obat maag tersebut, namun jika itu saja tidak cukup maka periksalah ke dokter agar maag akut tidak menjadi maag kronis yang parah.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer