Gout – Gejala Asam Urat

Gout merupakan penyakit akibat ketidaknormalan metabolisme asam urat, sehingga asam urat dalam jaringan dan darah berlebihan. Baik karena produksi asam urat yang meningkat ataupun yang paling sering karena gangguan pembuangan asam urat.

Akibat dari tingginya kadar asam urat dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, termasuk artritis gout (radang sendi) akut dan kronis, batu ginjal, dan deposit lokal asam urat (tophi) di kulit dan jaringan lain. Gout dapat terjadi sendiri (gout primer) atau mungkin berhubungan dengan kondisi medis lain atau obat (gout sekunder).

Arthritis Gout atau Radang sendi akibat asam urat menyebabkan serangan mendadak yang berupa : nyeri dan panas, sendi merah, bengkak, terutama di kaki dan / atau jempol kaki.  Arthritis gout dilaporkan sebagai penyebab tersering radang sendi pada pria di atas usia 40 tahun. Hal ini secara pasti didiagnosis dengan cara mendeteksi kristal asam urat (monosodium urat) pada sampel yang disedot dari cairan sendi. Kristal-kristal asam urat bisa menumpuk dalam sendi dan jaringan di sekitar sendi selama bertahun-tahun, sebentar-sebentar memicu serangan berulang dari peradangan sendi akut. Serangan berulang arthritis gout, dapat merusak sendi dan menyebabkan arthritis kronis.

Kaki Kiri sedang mengalami perdangan sendi akut gout akibat asam urat

Kaki Kiri sedang mengalami perdangan sendi akut gout akibat asam urat

Asam urat dihasilkan dari memetabolisme makanan yang kita makan dan dari jaringan tubuh yang rusak selama pergantian sel yang normal. Beberapa orang dengan gout akibat produksi  asam urat terlalu banyak (10%). Kebanyakan terkena asam urat tinggi  dengan gout tidak efektif membuang asam urat dari tubuh melalui urin (90%).

Gejala Radang Sendi Asam Urat (GOUT)

Genetika, jenis kelamin, dan nutrisi (alkoholisme, obesitas) memainkan peran kunci dalam pengembangan gout. Gejala asam urat yang berupa arthritis gout biasanya tiba-tiba seseorang akan mengalami gejala-gejala sebagai berikut :

sendi menjadi panas merah, bengkak. Sendi yang paling umum terlibat adalah di dasar jempol kaki di mana pembengkakan dapat dikaitkan dengan nyeri yang parah, tapi hampir semua sendi dapat terlibat (misalnya, lutut, pergelangan kaki, dan sendi kecil dari tangan). Pada beberapa orang, rasa sakit akut begitu kuat. Arthritis gout akut di dasar jempol kaki disebut sebagai podagra.

Tanpa pengobatan, serangan pertama dapat berhenti secara spontan setelah satu atau dua minggu. Walaupun rasa sakit dan bengkak benar-benar sudah hilang, arthritis gout sering kembali kambuh pada sendi yang sama atau di sendi lain.

Dengan berjalannya waktu, serangan arthritis gout dapat terjadi lebih sering dan mungkin bertahan lebih lama. Walaupun serangan pertama biasanya hanya melibatkan satu atau dua sendi, pada serangan berikutnya beberapa sendi dapat terlibat secara bersamaan.

Batu ginjal lebih sering pada orang dengan gout.

Kristal asam urat dapat mengendap di luar sendi. Koleksi dari kristal asam urat ini, dikenal sebagai tophi, dapat ditemukan dalam daun telinga, siku, dan tendon Achilles (belakang pergelangan kaki), atau jaringan lain. Biasanya, tophi ini tidak menyakitkan.

Pemeriksaan Gout

Pemeriksaan lanjutan untuk memastikan apakah radang sendi disebabkan oleh asam urat, antara lain :

Tes cairan sendi

Cairan sendi diambil menggunakan jarum, kemudian diperiksa di bawah mikroskop untuk melihat apakah ada kristal asam urat atau tanda-tanda infeksi bakteri. Kadang-kadang kristal lainnya dapat ditemukan dalam cairan sendi, seperti kalsium pirofosfat,  disebut pseudogout (“seperti gout”).

Pemeriksaan Darah

Mungkin Dokter akan menganjurkan pemeriksaan darah untuk melihat jumlah sel, kadar asam urat, fungsi ginjal, dll

Sayangnya, kadar asam urat dalam darah tidak dapat dipercaya digunakan untuk membuat diagnosis gout. Karena Asam Urat dalam darah akan normal pada sekitar 10% pada orang selama serangan akut artritis gout. Selain itu, kadar asam urat meningkat pada 5% -8% populasi umum, sehingga apabila terdapat kadar asam urat yang lebih tinggi dari normal tidak selalu berarti bahwa gout adalah penyebab dari radang sendi tersebut. Menariknya, asam urat biasanya menurun selama fase akut arthritis gout. Oleh karena itu, waktu yang optimal untuk mengukur asam urat adalah setelah fase akut dari penyakit hilang.

Pemeriksaan Rongsen

Sinar-X atau Rongsen digunakan untuk menilai kerusakan sendi, terutama pada mereka yang memiliki episode gout berulang.

Pengobatan Asam Urat

Untuk pengobatan Asam Urat / gout silahkan baca :

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer