Mengenal Jenis-Jenis Kanker

Tentunya pembaca sekalian sedikit banyak sudah pernah mendengar jenis-jenis kanker yang mungkin diantaranya telah di ketahui melalui televisi, media cetak, atau mendengarnya langsung dari dokter ketika seseorang divonis memiliki jenis kanker tertentu, seperti kanker payudara, kanker otak dan lain sebagainya.

Tahukah Anda, ada lebih dari 200 jenis-jenis kanker, sangat banyak bukan. Oleh karena itu untuk mempermudah mempelajarinya jenis kanker yang banyak itu dikelompokkan ke dalam beberapa kategori umum berdasarkan sistem penggolongan jaringan asal sel kanker.

Klasifikasi jenis kanker yang dimaksud, yaitu:

  • Karsinoma
  • Sarkoma
  • Leukimia
  • Limfoma dan myeloma
  • Kanker Sistem saraf pusat (Central nervous system cancers)

Marilah kita pelajari satu persatu.

Karsinoma
Merupakan jenis Kanker yang berasal dari sel kulit atau jaringan yang melapisi atau menutupi organ internal (sel epitel), contoh kanker yang tergolong karsinoma ini, antara lain: Kanker kulit, karsinoma sel skuamosa dan basal, papiloma, melanoma, dan adenoma, kanker paru-paru, kanker pankreas, kanker ovarium, dan kanker usus besar.

Sarkoma
Merupakan Jenis Kanker yang berasal dari mesotel (jaringan tengah atau jaringan ikat) yakni jaringan tulang, tulang rawan, lemak, otot, pembuluh darah, jaringan ikat atau penyokong lainnya. Contoh sarkoma diantaranya: kanker tulang, osteosarcoma, synovialsarcoma, kanker jaringan lemak (lipoma), liposarcoma, angiosarcoma, rhabdosarcoma, dan fibrosarcoma.

Leukemia
Leukimia merupakan jenis Kanker yang berasal dari jaringan pembentuk darah seperti sumsum tulang dan menyebabkan produksi sejumlah besar sel darah yang abnormal. Secara lebih sederhana leukimia disebut kanker darah, diantaranya: leukemia lymphoblastic akut ( ALL dan CLL ), leukemia myelogenous ( AML dan CML ), leukemia T – cell, dan hairy-cell leukemia.

Limfoma dan myeloma
Merupakan Kanker yang terbentuk dari sel-sel sistem kekebalan tubuh atau sistem limfatik, yang termasuk jenis kanker ini, antara lain: limfoma sel-T, limfoma sel B, limfoma Hodgkin, limfoma non -Hodgkin, dan limfoma lymphoproliferative

Kanker Sistem Saraf Pusat (Central nervous system cancers)
Seseuai dengan namanya jenis Kanker ini berasal dari jaringan sistem saraf pusat yang terdiri dari otak dan sumsum tulang belakang, contohnya tumor otak dan sumsum tulang belakang, meningioma, glioma, pituitary adenoma, vestibular schwannomas, dan tumor neuroectodermal primitif.

Ada jenis kanker yang tidak tercantum di atas, yaitu kanker metastatik, sebenarnya merupakan perwujudan dari salah satu jenis kanker diatas namun telah menyebar ke jaringan atau organ lainnya. Sebagai contoh seseorang yang memiliki kanker payudara stadium IV, ternyata kanker payudara tersebut telah menyebar ke paru-paru sehingga terbentuklah kanker paru-paru metastatik. Dalam dunia medis dikenal dengan istilah kanker skunder, sedangkan kanker primer merupakan kanker yang memang berasal dari sel tersebut misalnya kanker payudara yang bukan dari hasil metastase dari sel-sel jaringan lainnya.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer