Kanker Hati

Hati merupakan organ terbesar kedua setelah kulit, hati terletak di perut bagian kanan atas tepat dibawah diafragma. Fungsi Hati sangat penting dan banyak antara lain menyimpan nutrisi, menetralisir racun, menghasilkan protein, mengubah lemak menjadi energi, dan lain-lain. Bisa terbayang bukan bagaimana jika fungsinya terganggu terutama karena penyakit kanker hati.

Pengertian Kanker Hati. Kanker hati adalah kanker yang tumbuh dan berasal dari sel-sel hati atau sel liver, dan bukan kanker yang berasal dari organ tubuh lainnya. Inilah yang disebut sebagai kanker hati primer, sedangkan jika kanker hati berasal dari organ lain yang kemudian menyebar ke hati disebut kanker hati skunder.

Disini akan kita pelajari lebih jauh tentang penyebab kanker hati, gejala dan ciri-cirinya, serta pencegahan dan pengobatannya.

Penyebab Kanker Hati

Penyakit Kanker hati terjadi ketika DNA sel hati mengalami perubahan atau mutasi, DNA merupakan materi meng-instruksi-kan tubuh untuk melakukan setiap proses kimia dalam tubuh. Mutasi DNA menyebabkan perubahan dalam fungsi tersebut. Salah satu dampaknya sel-sel mulai tumbuh di luar kendali dan akhirnya membentuk tumor atau massa sel kanker.

Sampai saat ini masih belum diketahui secara pasti apa saja yang menjadi penyebab kanker hati atau yang menyebabkan mutasi DNA ael hati, namun pada beberapa kasus penyakit kanker hati penyebabnya sudah diketahui. Sebagai contoh kanker hati yang disebabkan oleh infeksi kronis pada hati atau dikenal dengan penyakit hepatitis kronis.

Gejala dan Ciri-ciri Kanker Hati

Pada tahap awal kanker hati primer biasanya tidak menunjukkan gejala apapun, Tanda dan gejala akan muncul seiring pertumbuhan kanker. Inilah gejala dan ciri ciri kanker hati yang dapat diamati.

  • Penurunan berat badan tanpa sebab yang jelas
  • Nafsu makan hilang
  • Mual dan muntah
  • Sakit perut bagian atas
  • Kelemahan umum dan kelelahan
  • Perut Membesar
  • Warna kulit menjadi kuning begitu juga dengan mata (jaundice atau ikterik)
  • Feses atau tinja berwarna pucat atau seperti dempul

Hubungi dokter jika Anda atau menemui keluarga Anda mengalami gejala atau ciri ciri kanker hati seperti di atas.

gejala kanker hati

contoh kanker hati

Pengobatan Kanker Hati

Pengobatan kanker hati primer akan tergantung pada stadium penyakit, kondisi kesehatan secara keseluruhan serta usia pasien.
Berapa pilihan terapi pengobatan kanker hati yang bisa dilakukan antara lain:

  • Operasi. Pada situasi tertentu, dokter merekomendasikan hepatectomy parsial (pengangkatan hati sebagian) untuk membuang kanker hati dan sebagian kecil dari jaringan sehat yang mengelilinginya, jika tumornya kecil maka fungsi hati tak akan terganggu.
  • Operasi transplantasi hati. Pada operasi transplantasi hati ini, Hati yang sakit akan dibuang dan diganti dengan hati yang sehat dari donor. Ini hanya sebuah pilihan untuk sebagian kecil pasien kanker hati stadium awal.
  • Pembekuan sel-sel kanker. Cryoablation menggunakan zat yang sangat dingin untuk menghancurkan sel-sel kanker. Selama prosedur, dokter menempatkan instrumen (cryoprobe) yang mengandung nitrogen cair langsung ke tumor hati. Gambar USG digunakan untuk memandu cryoprobe dan memantau pembekuan sel.
  • Penyuntikan alkohol ke dalam tumor. Pada prosedur ini, alkohol murni disuntikkan langsung ke tumor hati, baik melalui kulit atau selama operasi. Alkohol menyebabkan sel-sel tumor hati menjadi mati.
  • Penyuntikan obat kemoterapi melalui Chemoembolisasi hati. Meruapakn jenis pengobatan kemoterapi yang memasok obat anti-kanker yang kuat langsung ke hati. Selama prosedur, obat kemoterapi disuntikkan ke dalam arteri hepatik – arteri yang mensuplai darah ke kanker hati – dan kemudian arteri disumbat. Hal ini berfungsi untuk memblokir aliran darah ke sel-sel kanker dan untuk memberikan obat kemoterapi untuk sel-sel kanker.
  • Terapi radiasi. Terapi radiasi akan menghancurkan sel-sel kanker dan membuat tumor menyusut. Selama pengobatan terapi radiasi, Pasien disuruh berbaring di atas meja dan alat akan diarahkan pada titik yang tepat pada tubuh. Terapi radiasi untuk kanker hati mungkin melibatkan teknik yang disebut radiosurgery stereotactic yang secara bersamaan menggunakan banyak sinar radiasi yang difokuskan pada satu titik dalam tubuh.
  • Obat Kanker Hati. Obat kemoterapi akan mengganggu kemampuan tumor untuk menghasilkan pembuluh darah baru. Dengan demikian akan memperlambat atau menghentikan perkembangan karsinoma hepatoseluler. Studi lebih lanjut diperlukan untuk memahami bagaimana terapi bertarget, seperti obat sorafenib (Nexavar), dapat digunakan untuk mengontrol kanker hati lanjut.

Pencegahan Kanker Hati

Berapa hal yang dapat dilakukan  untuk mencegah kanker hati antara lain:

  • Hindari Alkohol
  • Jaga berat badan tetap ideal
  • Vaksinasi Hepatitis B
  • Mencegah Hepatitis C dengan cara menghindari seks bebas, suntik narkoba, menggunakan alat tindik atau tato yang steril.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer