Kanker – Pengertian, Penyebab, Jenis Kanker

Pengertian Kanker

Kanker atau perbanyakan sel tidak terkontrol dianggap sebagai penyebab kematian tersebar luas di dunia saat ini. Ada berbagai jenis kanker berdasarkan jaringan yang terlibat. Kanker hanya dapat didefinisikan sebagai kondisi dimana sel kehilangan kemampuan untuk mengontrol proliferasi nya. Transformasi sel untuk kanker akan dilakukan secara bertahap dan terjadi sebagai hasil dari serangkaian mutasi.

Studi penelitian pada kanker membuktikan bahwa akar penyebab kanker yaitu mutasi atau perubahan abnormal dan tiba-tiba pada bahan genetik – Asam deoksiribonukleat (DNA). Ini tidak berarti bahwa mutasi tunggal dapat menyebabkan kanker, tetapi akumulasi mutasi pada bagian utama dari genom akan menyebabkan kondisi seperti ini.

Hasil penelitian mengungkapkan bahwa agen tertentu dapat menyebabkan DNA bermutasi, seperti : asap rokok, alkohol, bahan kimia dalam daging merah dan berbagai bahan kimia yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari diduga menyebabkan kanker. Kanker disebabkan oleh mutasi dari bahan genetik yang penting dalam mengendalikan proliferasi sel. Daerah genom yang terlibat dikenal sebagai Onkogen. Diperkirakan ada sekitar 200 jenis kanker.

Kanker akibat Mutasi sel

Mutasi yang menyebabkan sel normal berubah menjadi kanker

Penyebab Kanker

Akar penyebab kanker adalah mutasi sel. Mutasi dapat terjadi Melalui berbagai cara. Selama pembelahan sel, meskipun kemungkinan kesalahan kecil, tapi tetap saja bisa terjadi. Jika terjadi mutasi pada protoonkogen (unchanged form of oncogenes), dapat menyebabkan inisiasi kanker.

Berbagai agen atau zat yang dapat menyebabkan mutasi dikenal sebagai mutagen. Ada lebih dari 40.000 jenis mutagen, biologis dan non-biologis. Beberapa gas mustard, tembakau, asbes, UV, beberapa jenis virus dll. Oksidan yang banyak terkandung dalam makanan, makanan yang mengandung banyak lemak dan minyak berlebih dan asupan anti-oksidan yang kurang  dapat menyebabkan kanker.

Jenis Kanker

Kanker dapat terjadi dalam berbagai jenis sel dan sehingga diberi nama sesuai dengan sel yang terlibat. Antara lain :

Leukemia: kanker dalam sel darah putih
Sarkoma: kanker pada epitel.
Myeloma: kanker di jaringan selaput saraf / neuron.
Hepatoma: kanker dalam sel hati.
Fibroma: kanker pada jaringan ikat fibrosa.
Limfoma: kanker dalam kelenjar getah bening.

Data Statistik Kanker

Di negara maju, 25% kematian adalah karena kanker. Berdasarkan data statistik, telah diperkirakan bahwa 289.000 orang di Inggris menderita kanker setiap tahun. Rata-rata usia pasien yang didiagnosis kanker usia  67 an pada tahun 2001-2004 dan usia rata-rata mortalitas adalah 73 tahun. Satu dari tiga orang yang didiagnosis dengan kanker di Inggris, dan jenis kanker utama adalah kanker paru, kanker payudara, kanker usus dan kanker prostat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer