Kenapa Jari Tangan Kaku dan Sakit Saat Bangun Tidur?

Bangun pagi dengan jari-jari tangan kaku dan terasa sakit, tentu menjadi pengalaman yang tidak menyenangkan. Anda mungkin akan kesulitan melakukan hal-hal yang perlu sebagai rutinitas di pagi hari – seperti menyiapkan sarapan atau berkendara untuk bekerja. Ada banyak penyebab kenapa jari-jari tangan menjadi kaku di pagi hari, di antaranya karena radang sendi, gangguan saraf, cedera sebelumnya atau terlalu sering menggunakan jari (kecapean).

Penyebab Jari-jari kaku dan sakit

Jari-jari tangan yang kaku di pagi hari dapat disebabkan oleh berbagai masalah pada sendi atau saraf. Untuk mendapatkan diagnosis yang tepat, maka harus melakukan pemeriksaan ke dokter. Sebagai informasi untuk Anda penyebab tersering masalah ini adalah arthritis (remathoid arthritis) atau biasa dikenal sebagai rematik. Rheumatoid arthritis biasanya mempengaruhi ekstremitas tubuh, seperti sendi lengan, pergelangan tangan, jari tangan dan kaki. Gejala rheumatoid arthritis biasanya paling parah di pagi hari dan umumnya menyerang kedua tangan (kanan-kiri).

Penyebab jari-jari tangan kaku lainnya adalah cedera sebelumnya pada jari. Tulang yang telah retak atau patah di masa lalu dapat terus menyebabkan rasa sakit di pagi hari dalam waktu yang lama setelah sembuh. Selain itu, masalah saraf juga dapat menyebabkan kekakuan pada jari tangan yang disertai dengan mati rasa atau kesemutan. Bebeda dengan rematik, jari tangan kaku yang disebabkan oleh hal ini biasanya hanya mengenai salah satu tangan.

Baca juga: Nyeri Sendi Karena Radang

Bagaimana cara mengatasi jari tangan yang kaku dan sakit ini?

Arthritis dapat diobati dengan obat-obatan, pembedahan atau modifikasi diet dan suplemen. Pada hari di mana jari sedang kaku dan sakut maka dianjurkan untuk menghindari kegiatan apapun yang dapat menyebabkan atau meningkatkan rasa sakit. Latihan peregangan lembut dua kali sehari juga akan membantu mengurangi kekakuan pada jari. Jangan memaksa jari untuk bekerja atau melakukan pekerjaan yang akan memperparah kondisinya. Obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas seperti ibuprofen dapat mengurangi nyeri dan kekakuan sendi jari-jari tangan Anda. Lebih lanjut silahkan baca: Obat Nyeri Sendi Paling Ampuh

Cuaca atau udara dingin saat tidur dapat memberikan kontribusi memperparah jari-jari tangan kaku di pagi hari. Oleh karena itu jagalah kamar tidur Anda pada suhu yang hangat dan nyaman, dan menghindari udara dingin, air dingin atau jendela yang terbuka.

Diet seimbang juga penting untuk membantu meredakan gejala arthritis. Suplemen seperti minyak ikan dan gingko biloba telah terbukti bermanfaat pada beberapa individu dengan arthritis. Jaga berat badan tetap ideal dan makan banyak buah dan sayuran juga akan membantu.

Jika kekakuan jari disebabkan oleh masalah saraf, maka hindarilah aktivitas berulang atau yang dapat menyakitkan dan membuat kondisi menjadi lebih buruk. Contoh kegiatan yang dapat memperburuk cedera saraf termasuk mengetik dalam waktu yang lama atau mengoperasikan mesin seperti bor, gergaji, dan benda lain yang bergetar.

Jika sudah melakukan tips-tips di atas namun kondisi tak kunjung membaik, maka berobatlah ke dokter. Semoga lekas sembu ya :)

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer