Lagi Sakit Cacar Air Apakah Boleh Mandi?

Banyak pasien yang lagi sakit cacar air mengajukan pertanyaan ketika berobat, dan yang selalu di tanyakan itu adalah “apakah boleh mandi dok, sedangkan saya lagi terkena cacar air seperti ini?” Jawabannya adalah boleh*, silahkan mandi. Sengaja saya beri tanda * karena memang ada syarat dan ketentuan yang berlaku. hehe

Banyak penderita cacar air yang takut mandi karena khawatir akan menjadi lebih parah, semakin menyebar luas, atau tak sembuh-sembuh. Sebenarnya itu tidaklah benar, mandi tidak menimbulkan efek yang demikian. Justru penting untuk mandi setiap hari agar kebersihan kulit tetap terjaga dan melindungi dari infeksi skunder.

Jadi kesimpulannya, bagi yang sedang sakit cacar air boleh mandi, namun perhatikan syarat dan ketentuannya berikut ini:

Gunakan Air Hangat

Jika masih mengalami demam, maka gunakanlah air hangat. Seperti halnya ketika seseorang sedang mengalami demam, air hangat bertujuan agar tubuh tidak menggigil karena perbedaan suhu tubuh dan suhu air yang tak jauh, karena perbedaan suhu yang tajam malah akan membahayakan kesehatan. Di samping itu, bagi beberapa orang, air hangat juga bermanfaat mengurangi rasa gatal yang biasanya menyertai cacar air.

Sebagai tambahan, untuk memberikan efek anti-gatal yang lebih paten, beberapa dokter mengajurkan menambahkan satu gelas baking soda ke dalam air di bak mandi, lalu digunakan untuk mandi.

Mandi Secara Perlahan

Salah satu prinsip perawatan cacar air yaitu menjaga gelembung cairan (lepuhan) cacar air pada kulit agar tidak pecah. Karena apabila pecah (bukan kempes dengan sendirinya) akan meninggalkan luka parut atau bekas yang nyata ketika sembuh. Disamping itu risiko tinggi terjadinya infeksi skunder karena bakteri yang masuk melalui luka yang ditimbulkan setelah pecah.

Oleh karena itu, pada saat mandi hindari menggunakan sponge bath, karena dikhawatirkan akan membuat lepuhan cacar air menjadi pecah atau terkoyak. Gunakanlah tangan secara perlahan dan lembut saat memandikan badan, jangan sampai menggaruk kulit yang gatal apalagi secara kasar.

Gunakan Sabun Cair untuk Bayi

Masih menggunakan prinsip seperti di atas, maka penderita cacar air yang ingin mandi harus menggunakan sabun yang lembut. Contoh terbaik yaitu sabun cair yang biasanya digunakan untuk memandikan bayi. Hindari menggunakan sabun antiseptic yang biasanya begitu keras terhadap kulit.

cacar air boleh mandi

perlakukan kulitmu seperti kulit bayi

Gunakan Handuk yang Lembut

Handuk yang lembut kita gunakan, juga atas dasar prinsip di atas. Setelah mandi, keringkan badan secara perlahan dengan menempelkan ringan, jangan sampai menggosok-gosok atau menekan kuat pada kulit. Tapi tidak boleh memakai handuk bersama-sama karena bisa menular ke orang lain. Lebih lanjut silahkan baca: Cara mencegah cacar air

Mandi Cukup Satu Kali Sehari

Jika ketika sedang tidak sakit Anda sering mandi sehari dua kali, maka ketika terkena cacar air seperti ini cukup mandi sehari sekali saja. Jika terlalu sering mandi dikhawatirkan gelembung cairan cacar air menjadi lebih mudah pecah yang malah akan menimbulkan masalah baru. Jadi, silahkan pilih mau mandi pagi hari, siang hari, tengah malam, atau sore hari.

Itulah syarat-syarat minimal yang harus dipenuhi untuk melakukan ritual mandi kembang bagi yang sedang sakit cacar air. Semoga bermanfaat :)

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer