Lidah Putih – Penyebab dan Cara Mengobati

Banyak yang terganggu atau bahkan takut dengan lidah putih, kebanyakan takut kalau-kalau itu ditimbulkan oleh penyakit yang berbahaya, atau ada juga yang merasa terganggu karena masalah penampilan. Wajarkah hal itu terjadi? mari kita sama-sama ketahui apa penyebab lidah putih dan bagaimana cara mengatasinya.

Lidah warna putih dapat dibentuk oleh berbagai bentuk atau pola, misalnya berupa bercak putih, bintik-bintik putih pada lidah, atau berwarna putih merata hampir seluruhnya. Lidah putih biasanya merupakan kondisi yang tidak berbahaya, akan tetapi ada beberapa yang bisa menjadi tanda suatu penyakit yang lebih serius seperti kanker mulut atau kanker lidah. Duh jangan sampai!

Sebagian besar lidah putih adalah karena banyaknya kumpulan sel-sel yang mati dan bakteri yang memberikan warna putih pada lidah yang merupakan kondisi normal di mana bakteri atau mikoroarganisme lain yang dimaksud adalah flora normal tubuh. Kondisi kekurangan cairan atau dehidarsi juga bisa membuat lidah menjadi warna putih, kondisi ini harus segera ditangani.

Penyakit-penyakit tertentu yang juga bisa menyebabkan lidah putih meliputi infeksi jamur, bakteri atau pada beberapa kasus bisa juga disebabkan oleh lesi pra-kanker (calon kanker) pada lidah atau rongga mulut. Mengetahui penyebab lidah putih sangat perlu guna mendapatkan pengobatan yang sesuai.

Penyebab Lidah Putih dan Pengobatannya

Minum banyak air guna mempertahankan hidrasi yang baik dapat membantu mengatasi warna putih pada lidah untuk sementara waktu. Namun, jika bintik-bintik atau bercak putih pada lidah tidak menghilang, ada rasa nyeri, bengkak atau rasa tidak nyaman di lidah, atau lidah putih berlangsung selama lebih dari 2 minggu, maka sebaiknya periksalah ke dokter.

Adapun penyebab-penyebab tersering lidah putih antara lain:

Oral Thrush

Warna putih berupa bercak-bercak terkadang tebal, dan ditepinya kemerahan ini merupakan kondisi yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Ini merupakan penyebab tersering lidah putih pada bayi. Bagian yang terkena tidak hanya pada lidah, tetapi bercak putih juga dapat menyebar ke pipi bagian dalam, langit-langit mulut, amandel dan bagian lain dari rongga mulut.

lidah putih jamur

Cara mengatasinya:

  • Menjaga kebersihan mulut
  • Berkumur dengan air garam hangat
  • Penggunaan obat kumur atau krim anti-jamur oral.
  • Suplemen probiotik atau yogurt.
  • Dalam lidah putih pada bayi karena oral trush ini, pastikan untuk sering mencuci dot dan botol bayi dan apabila puting ibu juga lecet dan kemerahan harus juga diobati dan lebih baik diperiksakan ke dokter.
  • Obat alami untuk dewasa dapat berupa: yoghurt, bawang putih dan minyak cengkeh.

Baca juga: Cara Mengobati Sariawan

Oral Lichen Planus

Lichen planus oral adalah peradangan kronis yang mempengaruhi selaput lendir dalam mulut. Lichen planus oral ditandai dengan bercak putih, kemerahan, pembengkakan jaringan; atau luka terbuka seperti sariawan. Lesi ini dapat menyebabkan rasa perih, rasa sakit atau ketidaknyamanan lainnya. Gangguan ini terjadi ketika sistem kekebalan malah menyerang sel-sel selaput lendir mulut karena suatu sebab yang tidak diketahui (gangguan autoimun).

lidah putih lichen

Perawatan: Pada Kebanyakan kasus dapat sembuh secara spontan tanpa memerlukan intervensi medis dengan menjaga kebersihan mulut yang baik dan menjaga pantangan dari konsumsi alkohol dan merokok. Dokter juga biasanya menyarankan untuk memanajemen stres dan mengurangi asupan makanan pedas untuk mengurangi.

Penyakit Sifilis

Sifilis adalah penyakit menular seksual yang paling sering terlihat pada orang yang melakukan hubungan seks oral pada seseorang dengan gejala positif sifilis genital. Lesi primer dapat mulai dalam waktu 10 sampai 90 hari pasca paparan dan memulai dengan pengembangan ulkus mulut (sariawan) yang menyakitkan yang dapat mengikis dan mengembangkan bintik-bintik kuning putih atau kotor di rongga mulut dan lidah.

Cara mengobatinya: Disarankan untuk langsung memeriksakan diri ke dokter. Hindari hubungan seksual selama infeksi aktif untuk mencegah penularan kepada pasangan.

Kanker Mulut

Lesi prakanker atau kanker mulut dapat juga dimulai dengan munculnya bintik-bintik atau bercak putih pada lidah biasanya juga disertai dengan kesulitan dalam melakukan fungsi oral (seperti mengunyah, menelan atau berbicara). Kebanyakan kasus berhubungan dengan konsumsi tembakau kunyah (nginang/nyirih) dan merokok. Faktor penting lainnya riwayat keluarga kanker, konsumsi alkohol yang berlebihan dan kondisi daya tahan tubuh lemah, misalnya pada HIV/AIDS.

penyebab kanker lidah

contoh kanker lidah

Cara mengobati lidah putih karena kanker: Jika mengalami gejala seperti penurunan berat badan, sering pendarahan dari mulut tanpa penyakit gusi dan suara serak yang makin lama makin parah, disarankan untuk segera periksa ke dokter sebagai langkah awal untuk mendeteksi lesi prakanker. Baca juga: Kanker Lidah

Leukoplakia

Leukoplakia adalah bercak putih tebal pada gusi, bagian dalam pipi, bagian bawah mulut dan pada lidah. Bercak seperti selaput ini tidak mudah dihilangkan dan tidak dapat dikerok. Beberapa faktor risiko seperti merokok, minum alkohol berlebihan.

Leukoplakia biasanya tidak berbahaya, tetapi kadang-kadang bisa serius. Meskipun sebagian besar bercak putih leukoplakia adalah bukan kanker (jinak), namun beberapa tanda-tanda awal menunjukkan kanker. Karena banyak kanker mulut – di bawah lidah – terjadi pada area leukoplakia.

lidah putih leukoplakia

Perawatan: Disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter mengenai hal ini. Di samping itu, jagalah kebersihan mulut, pastikan untuk menghindari semua iritatan yang dapat menyebabkan kondisi ini, seperti mengunyah tembakau dan merokok.

Penyebab Lidah Putih Lainnya

Kemungkinan penyebab bercak putih di lidah lainnya termasuk infeksi Streptococcus pyogenes, infeksi bakteri yang biasanya menyebabkan tenggorokan, berupa bintik-bintik putih di lidah merah atau bintik-bintik merah di lidah putih. Untuk menghindari komplikasi seperti demam rematik atau streptokokus yang menyebabkan glomerulonefritis (radang ginjal), maka sangat dianjurkan untuk mengobati radang tenggorokan dengan cepat dan tepat.

Penyebab lidah putih lainnya termasuk dehidrasi atau asupan cairan yang kurang, misalnya pada saat seseorang sakit, malas makan, malas minum, lidah akan berwarna putih, dan konsumsi alkohol dalam waktu panjang. Penggunaan antibiotik tertentu juga dapat menyebabkan lidah putih pada bayi (terutama) dan bisa juga pada dewasa. Kebanyakan orang yang menggunakan obat immunosuppressan seperti steroid baik oral maupun inhaler juga berisiko mengalami bercak putih karena infeksi jamur.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer