Mengenali Gejala Batu Empedu dengan Mudah

Banyak yang belum tahu bagaimana gambaran keluhan atau gejala batu empedu apabila itu terjadi pada seseorang, atau bahkan tidak menutup kemungkinan gejala itu sedang Anda rasakan namun tidak sadar, bahkan mungkin sebagian masih merasa asing dengan istilah penyakit batu empedu.

Sebelumnya, secara ringkas telah kami sajikan informasi mengenai penyakit batu empedu, dan khusus pada sesi ini akan kita fokuskan lebih mendalam terkait dengan gejalanya, gejala batu empedu yang harus diwaspadai oleh setiap orang sehingga ketika itu terjadi kita dapat dengan segera mencari pertolongan medis.

Tahukah Anda, bahwa pada kenyataannya banyak orang yang memiliki batu pada kantung empedunya, namun sebagian besar tidak merasakan gejala apapun yang berkaitan dengan batu empedu sehingga tidak menyadari bahwa mereka memilikinya. Sering kali batu empedu terdeteksi secara tidak sengaja pada pemeriksaan rutin seperti rongsen dan USG.

gejala penyakit batu empedu

Kapan Gejala Batu Empedu Muncul?

Batu yang baru terbentuk atau berukuran kecil yang apabila tidak mengganggu kerja dari kandung empedu maka ia tidak menimbulkan masalah apapun. Namun, gejala batu empedu akan muncul ketika batu empedu sampai menyumbat saluran empedu (struktur seperti tabung yang membawa cairan empedu dari hati ke kandung empedu dan kemudian ke dalam sistem pencernaan). Jadi seseorang bisa saja memiliki batu empedu namun tidak menimbulkan gejala dan tidakk menyadarinya selama bertahun-tahun.

gejala batu empedu

Pada kebanyakan kasus, hal ini akan menimbulkan rasa sakit di perut, meskipun beberapa orang juga akan mengalami gejala lainnya jika penyumbatan lebih parah atau penyumbatan berkembang di bagian lain dari sistem pencernaan.

Sakit Perut Akibat Batu Empedu

Ada banyak sekali jenis penyakit yang menimbulkan gejala berupa sakit perut. Lantas apa yang khas ketika sakit perut merupakan gejala dari batu empedu?

Sakit perut akibat batu empedu timbul secara tiba-tiba, sakit perut terasa parah yang biasanya berlangsung 1-5 jam, terkadang bisa juga hanya berlangsung selama beberapa menit. Perut rasanya seperti di remas-remas dengan rasa sakit yang biasanya bergelombang. Kondisi ini dikenal dengan istilah kolik bilier (biliary colic).

Gejala batu empedu akan menimbulkan sakit perut seperti itu di lokasi:

  • Perut tengah bagian atastepat di bawah tulang dada (baca juga: sakit ulu hati)
  • Lokasi tersering kedua yaitu sakit perut sebelah kanan atas, tepat di bawah tulang rusuk bagian kanan
  • Rasa sakit bisa menyebar ke samping atau bahu kanan.

Rasa sakit biasanya konstan dan tidak lega baik setelah kentut ataupun buang air besar. Sakit perut juga terkadang dipicu oleh makan makanan berlemak, tetapi dapat terjadi pada setiap saat sepanjang hari dan bisa saja membangunkan Anda di malam hari.

Saking sakitnya, pasien yang mengalami kolik bilier sering menggeliat (memutar tubuh dalam posisi yang berbeda) di tempat tidur berusaha mencari posisi yang nyaman.

Selain sakit perut kolik bilier, gejala batu empedu lainnya yang sering menyertai yaitu berkeringat berlebihan dan merasa sakit atau muntah. Dokter menyebut batu empedu yang menimbulkan gejala episode kolik bilier sebagai “penyakit batu empedu tanpa komplikasi”.

Gejala Batu Empedu Lainnya

Pada beberapa orang, batu empedu dapat menyebabkan gejala yang lebih serius jika batu itu menghalangi aliran empedu dalam waktu yang lama atau berpindah ke organ lain (seperti pankreas atau usus kecil).

Apabila hal ini terjadi, maka gejala batu empedu lainnya berupa:

  • Demam dengan suhu tubuh 38 ° C (100,4 ° F) atau lebih
  • Sakit perut semakin hebat
  • Detak jantung menjadi cepat
  • Seklera mata dan kulit menjadi kuning (Sakit Kuning)
  • Gatal-gatal pada kulit akibat penumpukan bilirubin
  • Buang air besar mencret atau diare
  • Menggigil
  • Tidak nafsu makan

Kondisi yang sudah begini disebut dengan  ‘penyakit batu empedu dengan komplikasi’.

Kapan Harus Ke Dokter?

Jika Anda curiga sedang mengalami kolik bilier dan gejala-gejala penyerta batu empedu seperti di bawah ini, maka segeralah periksakan ke dokter:

  • Mata kuning, kulit kuning, air seni kuning kecoklatan
  • Sakit perut yang berlangsung lebih dari delapan jam
  • Suhu tubuh menjadi tinggi (demam) dan menggigil
  • Sakit perut begitu begitu hebat sehingga tidak bisa menemukan posisi yang membuatnya lebih ringan.

Waspadilah setiap gejala batu empedu yang mungkin saja Anda alami dan segeralah mencari bantuan medis guna mencegah komplikasi atau penyulit yang lebih lanjut.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer