Mengenal Penyakit Ruam Kulit

Perdefinisi Ruam atau Rash berarti adanya perubahan pada kulit yang abnormal baik warna ataupun teksturya. Beberapa penyakit ruam kulit dapat disebabkan oleh virus, seperti cacar air, herpes zoster atau campak.

Ruam pada kulit juga bisa disebabkan oleh iritasi kulit, yang dapat memiliki banyak penyebab, seperti reaksi alergi. Beberapa ruam disebabkan oleh kondisi kronis atau seumur hidup, seperti psoriasis. Beberapa jenis ruam pada kulit bisa menunjukkan adanya masalah serius, bahkan dalam beberapa kasus bisa mengancam nyawa. Oleh karena itu penting kiranya bagi kita mengetahui macam-macam penyakit ruam pada kulit jangan sampai kita mengabaikannya.

Jenis-jenis Ruam Kulit dan Ciri-cirinya

Eksim

Eksim adalah istilah umum yang menggambarkan kondisi kulit yang meradang, merah, kering, dan gatal. Eksim adalah suatu penyakit kulit yang sering dijumpai. Dermatitis atopik (eksim atopik) merupakan salah satu contoh eksim yang sering dijumpai.

penyakit kulit eksim

Granuloma annulare

Granuloma annulare adalah penyakit kulit kronis yang terdiri dari ruam melingkar berbentuk benjolan kemerahan (papula). Penyakit ini terutama mempengaruhi anak-anak dan orang dewasa muda yang sehat dan dua kali lebih umum pada wanita dibandingkan pada pria.

penyakit kulit ruam granuloma

Lichen planus

Lichen planus adalah penyakit kulit yang memiliki gambaran mengkilap, bagian atas berupa penojolan kulit yang datar dan sering memiliki bentuk bersudut dan berwarna merahan-keunguan. Lichen planus dapat terjadi di mana saja pada kulit tetapi sering ditemukan pada pergelangan tangan dan pergelangan kaki, kaki bagian bawah, punggung, dan leher.  Lichen planus terjadi paling sering pada orang dewasa berusia 30 sampai 70 tahun.

lichen planus ruam kulit

Pityriasis rosea

Pityriasis rosea merupakan penyakit kulit ringan, ruam kulit sering dimulai dengan adanya bercak merah muda, bersisik, yang sering terdapat pada kulit dada atau punggung. Biasanya terasa gatal, kemerahan atau peradangan kulit. Jumlah dan ukuran dapat bervariasi.

ptiriasis rosea ruam kulit

Ruam Kulit dengan Demam

Ada sejumlah penyakit umum yang menimbulkan ruam pada kulit, biasanya disertai atau didahului dengan demam. Sebagai contoh ruam kulit pada penyakit campak, campak jerman, cacar air, herpes zoster, demam berdarah, dan lain-lain. Baca juga keterangan lebih lanjut mengenai Bintik Merah Setelah Demam

Pengobatan Ruam Kulit

Pengobatan penyakit kulit ruam akan sangat tergantung pada jenis ruam beserta penyebabnya, seperti misalnya karena reaksi alergi atau virus, maka akan berbeda pengobatannya. Pertama-tama dokter akan mengidentifikasi penyakit ruam apa yang sedang Anda alami baru kemudian ditentukan obat mana yang sesuai dengan kondisi yang terjadi.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer