Mengetahui Penyebab Flu dan Mencegahnya

Semua orang pasti pernah mengalami sakit flu, bahkan sering terjadi berulang-ulang karena banyak yang tidak mengetahui apa penyebab flu yang sesungguhnya. Padahal jika kita mengetahui penyebabnya, maka akan memudahkan kita dalam melakukan pencegahan sehingga penyakit flu tidak mudah terulang kembali.

Penyakit flu dapat menyerang semua orang dalam semua usia. Flu merupakan penyakit yang mudah menular dan waktu yang paling menular yaitu selama 7 hari dimulai dari hari pertama sebelum gejala muncul hingga hari keenam setelah gejala muncul. Dan tehukah Anda, ternyata penyakit flu merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan atas yang paling sering menyebabkan seseorang berobat ke dokter.

Penyakit flu atau batuk pilek mempunyai waktu inkubasi yang singkat, gejala flu sudah muncul hanya dalam beberapa hari setelah seseorang terpapar virus penyebab flu. Beberapa gejala flu yang sering muncul diantaranya adalah demam, batuk, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, pegal linu, dan nafsu makan menurun. Gejala tersebut pada umumnya akan bertambah berat selama 2 – 4 hari kemudian, dan akan membaik dan sembuh dengan sendirinya.

Penyebab Flu yang Harus Diwaspadai

Banyak orang beranggapan bahwa flu disebabkan oleh perubahan cuaca, lebih cendrung pada cuaca dingin seperti sekarang ini, atau karena mengonsumsi es dan sebagainya. Sebenarnya hal ini kurang tepat.

Penyebab Flu atau influenza yang sesungguhnya adalah virus sehingga penyakit ini sangat mudah menyebar. Cara penularan flu dapat terjadi melalui udara terutama pada saat penderitanya sedang bersin dan batuk, secara kontak tidak langsung melalui benda – benda yang pernah terkena percikan air ludah atau liur penderitanya, atau melalui kontak langsung dengan penderitanya misalnya pada saat bersalaman dengan penderita.

Adapun cuaca dingin, es, dan sejenisnya adalah faktor-faktor yang mempermudah saja, karena biasanya di musim dingin kondisi daya tahan tubuh seseorang cendrung menurun dan virus akan lebih berkuasa.

Tapi kenapa musing dingin banyak yang terkena flu?

Banyak hal yang mungkin memainkan peran:

  • Virus flu hidup lebih lama di dalam ruangan di musim dingin, karena udara kurang lembab daripada di luar.
  • Karena hidup lebih lama di udara, maka akan sangat mudah bagi orang untuk menghirupnya, atau bisa juga virus mendarat di mata, hidung, atau mulut.
  • Sedangkan pada musim dingin, tentu saja kebanyakan orang akan menghabiskan waktu lebih banyak di dalam ruangan dan memiliki kontak lebih dekat satu sama lain, yang membuatnya lebih mudah bagi virus untuk menyebar.

Banyak orang yang menyamakan pilek biasa dengan flu, karena kemiripan gejalanya. Hal ini sebenarnya tidak tepat, karena flu merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus influenza dan flu cenderung memberikan gejala yang lebih berat dari pilek biasa, dan gejala tersebut biasanya dapat menghambat aktivitas harian seseorang.

penyebab flu

menaklukkan penyebab flu dengan vaksinasi

Beberapa Tips Mencegah Flu

Berikut ini beberapa tips mencegah flu yang dapat kita lakukan agar terhindar dari penularan penyakit flu yaitu dengan cara :

  • Rajin mncuci tangan dengan sabun karena tangan dapat menjadi sumber perpindahan virus flu dari penderita ke tubuh kita, tangan dapat mengalami kontaminasi terutama pada saat bersalaman, menyentuh gagang pintu, membuka pintu mobil, memegang uang dan lain – lain. oleh karena itu sangat dianjurkan untuk mencuci tangan terutama pada saat sebelum makan atau setelah pulang dari bepergian.
  • Menggunakan masker karena virus flu dapat memasuki tubuh lewat udara yang terhisap melalui rongga hidung. Disarankan menggunakan masker terutama pada saat berada di sekitar penderita flu.
  • Berkumur dengan obat kumur karena virus flu dapat memasuki tubuh melalui mulut. Disarankan untuk berkumur sesering mungkin dengan obat kumur atau dengan seduhan daun sirih untuk membersihkan kuman yang berada di rongga mulut.
  • Makan – makanan yang bergizi tinggi terutama yang mengandung banyak protein seperti susu, telur, dan daging untuk memperkuat daya tahan tubuh.
  • Istirahat yang cukup minimal tidur selama delapan jam pada saat malam hari untuk menjaga agar tubuh tidak mengalami kelelahan dan daya tahan tubuh tetap optimal.
  • Hindari paparan udara dingin melalui hembusan angin atau berada di udara terbuka pada saat musim hujan, hangatkan tubuh dengan minum air hangat, mandi dengan air hangat, atau membaluri tubuh dengan obat gosok untuk menjaga kehangatan dan memperkuat kekebalan tubuh terutama pada saat cuaca dingin.
  • Berolahraga secara teratur juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit termasuk flu. Namun jangan berolah raga ketika sudah terlanjur terkena flu karena malah akan memperberat kondisi tubuh. Baca: Obat flu tradisional manjur
  • Selain dengan beberapa cara pencegahan di atas, flu juga dapat dicegah dengan cara vaksinasi, namun pencegahan dengan cara ini hanya dianjurkan terutama bagi orang yang rentan untuk terkena seperti anak – anak, ibu hamil, orang tua dan penderita penyakit paru kronik , penyakit hati, kencing manis, kanker dan HIV.

Baca juga: Penyebab Batuk Pilek dan Cara Mencegahnya

Demikian ulasan singkat mengenai penyebab flu dan beberapa upaya pencegahan yang dapat kita lakukan. Apabila cara – cara tersebut dipraktekkan dengan tepat dalam kehidupan sehari -hari, mudah – mudahan kita semua dapat terhindar dari penyakit flu.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer