Mengobati Batu Ginjal dengan Tuntas

Mengobati penyakit batu ginjal memang tak mudah, mungkin dibutuhkan obat batu ginjal baik medis maupun obat batu ginjal tradisional atau obat herbal.  Berbagai obat batu ginjal tersebut tujuan utamanya yaitu untuk menghancurkan batu ginjal yang ukurannya tergolong besar menjadi kecil-kecil sehingga dapat di buang melalui air seni. Selain itu,  pengobatan batu ginjal bertujuan untuk menghilangkan rasa sakit dan gejala lainnya seperti telah saya bahasa di  Gejala dan Penyebab Batu Ginjal dan mengobati infeksi jika ada.

Pengobatan batu ginjal bervariasi, tergantung pada jenis batu dan penyebabnya.

Mengobati Batu ginjal kecil dengan gejala ringan.

Jika batu ginjal kecil maka tidak akan memerlukan pengobatan invasif (operasi).
Berikut obat batu ginjal dan cara-cara mengatasinya:

Minum air putih.
Minum air putih sebanyak 2 sampai 3 liter per hari dapat membantu melancarkan sistem perkemihan, dalam hal ini air akan mengencerkan dan melarutkan zat-zat pekat yang berpotensi menimbulkan batu ginjal.

Penghilang Rasa Nyeri.
Seperti telah saya singgung di awal, salah satu fungsi obat batu ginjal yaitu untuk menghilangkan rasa nyeri. Apalagi rasa nyeri adalah gejala yang sangat dominan pada penyakit batu ginjal ini yang bisa membuat seseorang sangat menderita. Untuk meredakan nyeri akibat batu ginjal kecil yang biasanya ringan, dapat digunakan obat-obat berikut : ibuprofen, acetaminophen atau naproxen sodium.

Terapi medis.
obat batu ginjal medis akan membantu batu ginjal melewati saluran kencing dan akhirnya dibuang lewat urin. Jenis obat, yang dikenal sebagai  alpha blocker, berfungsi melemaskan otot-otot di saluran kencing, sehingga membantu batu ginjal lebih cepat melewatinya untuk dibuang melalui urin dan dengan lebih sedikit rasa sakit.

Mengobati Batu ginjal Besar dan gejala yang berat

Batu ginjal besar dan tidak dapat diatasi dengan obat batu ginjal – baik karena batu terlalu besar untuk keluar dengan sendirinya atau karena menyebabkan pendarahan, kerusakan ginjal atau infeksi saluran kemih yang sedang berlangsung – mungkin memerlukan terapi yang lebih invasif .
Terapi yang dapat digunakan untuk mengatasi batu ginjal yang demikian, antara lain:

Menggunakan gelombang suara untuk memecah batu ginjal.

Untuk batu ginjal tertentu – tergantung pada ukuran dan lokasinya – dapat diterapi menggunakan prosedur yang disebut extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL). ESWL menggunakan gelombang suara untuk menciptakan getaran yang kuat (gelombang kejut) yang memecah batu menjadi potongan-potongan kecil sehingga dapat melewati saluran kencing dan kemudian dibuang lewat urin. Prosedur ini berlangsung sekitar 45 sampai 60 menit dan dapat menyebabkan nyeri sedang, sehingga sebelum melakukan terapi batu ginjal ini pasien diberi obat penenang atau anestesi ringan untuk membuat  nyaman. ESWL dapat menimbulkan adanya darah dalam urin, memar di punggung atau perut, pendarahan di sekitar ginjal dan organ-organ yang berdekatan lainnya, dan ketidaknyamanan ketika fragmen batu melewati saluran kemih.

obat batu ginjal dengan ESWL

ESWL untuk menghancurkan batu binjal

Operasi untuk mengangkat batu ginjal yang sangat besar.

Prosedur yang disebut nephrolithotomy percutan  yakni pengangkatan batu ginjal dengan menggunakan teleskop kecil dan instrumen yang dimasukkan melalui sayatan kecil di pinggang belakang. Sama seperti ESWL pada operasi ini pasien dibius dengan anestesi umum selama operasi dan berada di rumah sakit selama satu sampai dua hari menunggu pemulihan. Dokter  mungkin menyarankan operasi ini jika ESWL tidak berhasil atau jika batu ginjal sangat besar.

Menggunakan Ureteroscope untuk memecah batu ginjal.

Untuk mengangkat  batu ginjal yang kecil di ureter atau ginjal, dalam prosedur ini dokter akan memsukkan ureteroscope (tabung elastis yang memiliki kamera dan lampu diujungnya) ke uretra kandung kemih kemudian ureter dimana terdapat batu saluran kencing. Setelah ureteroscope menemukan batu ginjal, maka ia menjeratnya kemudian memecahnya menjadi potongan-potongan kecil yang akan bisa lolos melaui saluran kencing.

Operasi kelenjar paratiroid.

Beberapa batu ginjal kalsium disebabkan oleh kelenjar paratiroid yang terlalu aktif, yang terletak di empat penjuru kelenjar tiroid, tepat di bawah jakun. Ketika kelenjar ini menghasilkan terlalu banyak hormon paratiroid (hiperparatiroidisme), kadar kalsium dalam darah bisa menjadi terlalu tinggi dan batu ginjal bisa terbentuk sebagai hasilnya. Hiperparatiroidisme kadang terjadi ketika kecil,  tumor jinak di salah satu kelenjar paratiroid atau kondisi lain yang menyebabkan kelenjar ini memproduksi lebih banyak hormon paratiroid. Oleh karena itu usaha untuk mengurangi hormon paratiroid, termasuk operasi pengangangkatan, merupakan salah satu cara untuk mengobati batu ginjal, khususnya batu kalsium.

Itulah beberapa cara mengobati batu ginjal dengan tuntas, mulai dari penggunaan obat batu ginjal hingga prosedur operasi sebagai langkah definitif.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer