Nilai Normal Asam Urat Pada Pria dan Wanita

Mendengar kata asam urat, mungkin yang terbayang adalah suatu penyakit atau sesuatu kondisi medis yang tidak normal. Padahal asam urat ini sejatinya memang ada dalam tubuh kita dan bukanlah suatu penyakit, asalkan asam urat itu berada pada nilai normal.

Mungkin banyak yang belum mengetahui berapa nilai normal asam urat, padahal mengetahuinya sangat penting agar kita selalu mempertahankannya tetap normal. Karena apabila asam urat tinggi dibiarkan saja, maka timbullah berbagai macam penyakit seperti batu ginjal dan radang sendi.

Asam urat adalah bahan kimia yang diproduksi tubuh dengan cara memecah senyawa organik yang disebut purin. Contoh makanan yang mengandung purin antara lain hati, ikan asin, makarel, kacang kering, bir, dan anggur. Purin juga dihasilkan ketika terjadi kerusakan sel-sel di dalam tubuh. Dengan demikian, maka kadar asam urat dalam darah bervariasi dari hari ke hari tergantung pada jenis makanan dan gangguan pada tubuh.

 

Asam urat yang dihasilkan akan larut dalam darah, disaring oleh ginjal kemudian di buang melalui urin. Terkadang proses ini terganggu, dimana tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau ketika tubuh tidak dapat menyaring asam urat dengan baik. Sebagai akibatnya asam urat tinggi dalam darah atau disebut dengan istilah hiperurisemia.

Berapakah Nilai Normal Asam urat pada pria dan wanita?

Untuk mengetahui berapa kadar asam urat seseorang, maka perlu pemeriksaan darah untuk melakukannya dan patokan hasilnya adalah sebagai berikut:

  • Pada pria dewasa nilai normal asam urat adalah 2 – 7,5 mg/dL, sedangkan pada wanita dewasa  2 – 6,5 mg/dL.
  • Pada pria di atas 40 tahun, normalnya 2-8,5 mg/dL, sedangkan pada wanita di atas 40 tahun, 2-8 mg/dL.
  • Pada anak laki-laki usia 10-18 tahun nilai normal asam urat adalah 3,6-5,5 mg/dL, sedangkan pada anak perempuan 3,6 dan 4 mg/dL.

Ketika kadar asam urat di atas nilai normal, maka dikatakan tinggi dan perlu dilakukan upaya agar segera diturunkan. Untuk itu kita harus mengetahui penyebab-penyebab tingginya asam urat.

Penyebab Asam Urat Tinggi

Telah disinggung sebelumnya tingginya kadar asam urat terjadi karena adanya dua masalah yaitu produksi yang meningkat dan/attau Ekskresi (pembuangan) yang terganggu. Ginjal mengeluarkan dua pertiga dari kelebihan asam urat, sedangkan sepertiga melewati tinja. Kelebihan konsumsi alkohol, penggunaan diuretik, keracunan timbal, kencing manis, penyakit ginjal, kanker, toxemia kehamilan atau asupan purin tinggi dapat menyebabkan kadar asam urat tinggi. Selain itu, banyak obat, termasuk aspirin, kafein, teofilin atau phenothiazides yang juga dapat menyebabkan peningkatan kadar asam urat.

Lalu bagaimana jika asam urat di bawah nilai normal?

Jika asam urat berada di bawah nilai normal, maka itu tidak menjadi masalah dan tidak perlu dilakukan upaya untuk meningkatkannya.

 

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer