Nyeri Dada Sebelah Kiri

Keluhan nyeri dada sebelah kiri dapat disebabkan oleh berbagai kondisi sehingga sangat penting untuk mengidentifikasi berdasarkan gejala apa saja yang muncul sehingga dapat ditentukan apa sebenarnya penyebab nyeri dada sebelah kiri yang Anda alami dan apakah itu perlu penanganan medis secepatnya atau tidak.

Ketika seseorang mulai mengalami nyeri dada, maka kebanyakan dari mereka akan merasa khawatir. Bagaimana tidak, nyeri dada sebelah kiri sering dikaitkan dengan serangan jantung yang begitu menakutkan. Jika memang penyebabnya adalah serangan jantung, maka sudah pasti harus mendapatkan perhatian medis sesegera mungkin, tetapi jika bukan, maka mungkin tidak memerlukan perawatan darurat seperti itu.

Oleh karena itu, mengetahui tanda-tanda serangan jantung dan kemungkinan penyebab nyeri dada sebelah kiri lainnya dapat membantu kita dalam menentukan masalah apa yang sedang terjadi.

Nyeri Dada Sebelah Kiri dan Serangan Jantung

Sakit dada sebelah kiri adalah tanda klasik ketika seseorang mengalami serangan jantung. Dalam kebanyakan kasus nyeri dada karena jantung biasanya disertai dengan gejala lainnya. Sakit dada sebelah kiri sering digambarkan sebagai rasa tertekan, rasanya dada sepertti diperas-peras, atau rasa penuh di dalam rongga dada.

Dalam beberapa kasus, selain nyeri dada sebelah kiri, juga muncul sensasi terbakar di dada, lengan kiri terkadang mati rasa, nyeri, dan terasa seperti ditusuk-tusuk atau sensasi lainnya. Lengan juga mungkin merasa lemah, pegal atau tiba-tiba merasa lebih berat dari biasanya.

Jika serangan jantung akan muncul, bisa juga didahului dengan tiba-tiba merasa sesak napas. Kelelahan yang tidak biasa dan mungkin mulai merasa pusing. Banyak juga yang mengalami keringat dingin. Rasa sakit dada sebelah kiri mungkin juga mulai menjalar ke punggung.

Tidak semua pasien mengalami semua gejala ini. Jika Anda mengalami salah satu atau lebih dari gejala di atas dan gejala muncul secara tiba-tiba, maka langkah terbaik adalah mencari pertolongan medis dengan segera.

Penyebab Nyeri Dada Sebelah Kiri Lainnya

nyeri dada karena jantung

ilustasi : nyeri dada

Stres

Stres juga dapat menyebabkan nyeri dada yang dapat muncul di sebelah kiri. Mungkin Anda sendiri pernah merasakan sesak di dada yang menjadi lebih buruk ketika gelisah atau stres yang ekstrim. Pola hidup yang kurang sehat, juga dapat menyebabkan tekanan berlebihan pada jantung atau menyebabkan arteri menjadi mengencangkan atau menyempit, itulah hal yang bisa menyebabkan nyeri dada sebelah kiri. Penyakit-penyakit yang berkaitan dengan gaya hidup tak sehat misalnya diabetes, obesitas atau kelebihan asupan alkohol atau tembakau (rokok). Jika dibiarkan, masalah ini dapat menyebabkan masalah jantung yang parah termasuk serangan jantung koroner.

Masalah Usus

Kadang-kadang masalah usus dan lambung dapat menyebabkan nyeri dada sebelah kiri. Gas yang berjalan melalui usus dan mendorognya dapat menyebabkan rasa sakit di dada. Gangguan pencernaan yang parah misalnya GERD juga dapat menyebabkan nyeri dada. Jika tanda-tanda klasik dari serangan jantung tidak menemani rasa sakit di dada maka kemungkinan mengalami masalah pencernaan seperti ini.

Cedera Fisik

Cedera fisik pada dada juga dapat menyebabkan ketidaknyamanan dan sakit dada sesuai daerah mana yang terkena termasuk nyeri dada sebelah kiri. Tegang otot, memar, saraf terjepit merupakan beberapa contoh dalam masalah ini. Mengevaluasi setiap gejala dengan hati-hati dapat membantu kita menentukan kemungkinan penyebab nyeri dada.

Kapan Harus ke Dokter?

Periksalah ke dokter, apabila Anda mulai merasakan gejala serangan jantung seperti di atas yang menyertai nyeri dada sebelah kiri.

Jika ternyata bukan merupakan gejala serangan jantung, maka dapat melakukan perawatan sederhana di rumah sebagai berikut:

  • Ambil posisi istirahat seperti berbaring di tempat tidur dan mengambil beberapa napas pendek sampai pernapasan lega.
  • Minum segelas air juga dapat membantu mencapai keadaan tenang yang dapat membantu meringankan nyeri dada.
  • Jika dicurigai masalah tegang otot atau cedera, maka dapat dilakukan kompres es pada daerah yang sakit.
  • Obat pereda nyeri juga bisa membantu, namun harus hati-hati sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.
  • Pola hidup sehat dengan makan makanan yang sehat, berhenti merokok atau alkohol, melakukan olahraga atau latihan rutin.

Ingat! Selalu perhatikan bagaimana nyeri dada sebelah kiri itu terjadi dan gejala apa saja yang menyertainya seperti telah dijelaskan di atas. Semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer