Obat Ampuh untuk Sakit Maag Kronis

Sesuatu yang kronis atau penyakit yang berlangsung lama menandakan bahwa pengobatan sebelumnya tidak efektif atau mungkin bahkan tidak diobati sama sekali. Begitu juga dengan penyakit maag ini, memang agak sulit untuk memilih obat maag kronis yang tepat karena pengobatan lebih rumit jika dibandingkan dengan pengobatan maag akut.

Pengobatan penyakit maag atau gastritis akan tergantung pada penyebab yang spesifik. Gastritis akut yang disebabkan oleh penggunaan obat anti-inflamasi nonsteroid (antinyeri) atau alkohol dapat dengan cepat membaik dengan menghentikan penggunaan zat tersebut. Sedangkan pada gastritis kronis yang disebabkan oleh infeksi lambung H. pylori perlu menggunakan obat tambahan yang tidak hanya satu melainkan kombinasi berupa antibiotik obat-obatan lainnya.

Apa Obat Maag Kronis yang Harus Kita Pakai?

Dalam kebanyakan kasus, kita dapat mengobati maag kronis dengan obat yang memiliki peran sebagai penurun asam lambung. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tanda-tanda dan gejala rasa sakit dan mempromosikan penyembuhan pada lambung.

obat maag kronis mediskus

lebih lanjut, obat yang digunakan untuk mengobati maag kronis meliputi:

  • Obat antibiotik. Obat ini bertujuan untuk membunuh H. pylori di saluran pencernaan yang menjadi penyebab maag kronis, dokter biasanya merekomendasikan kombinasi antibiotik, seperti klaritromisin dan amoksisilin atau metronidazol, untuk membunuh bakteri. Pastikan untuk mengambil resep antibiotik secara penuh, biasanya penggunaannya selama 10 sampai 14 hari.
  • Obat yang memblokir produksi asam dan mempromosikan penyembuhan. Inhibitor pompa proton memiliki dua fungsi utama sekaligus yaitu mengurangi asam dengan menghalangi aksi dari bagian-bagian sel yang menghasilkan asam dan mempercepat penyembuhan sel-sel mukosa lambung yang rusak sangat cocok pada kondisi tukak lambung. Obat maag kronis ini ada yang harus menggunakan resep dan ada juga yang dijual bebas. Contoh obatnya antara lain: obat omeprazole, lansoprazole, rabeprazole, esomeprazole, dexlansoprazole dan pantoprazole.Penggunaan jangka panjang dari pompa proton inhibitor, terutama pada dosis tinggi, dapat meningkatkan risiko patah tulang pada pinggul, pergelangan tangan dan tulang belakang. Konsultasikan dengan dokter apakah perlu menggunakan suplemen kalsium dalam mengurangi risiko efek samping ini.
  • Obat yang mengurangi produksi asam. Obat golongan histamin (H-2) blocker – mengurangi jumlah produksi asam lambung yang dilepaskan ke saluran pencernaan, ini penting untuk mengurangi rasa sakit maag dan mempromosikan penyembuhan. Seperti obat maag kronis sebelumnya, golongan obat ini juga tersedia dalam bentuk resep atau yang dijual bebas, contoh obatnya antara lain: ranitidine, famotidine, simetidin, dan nizatidin.
  • Antasida yang menetralisir asam lambung. Dokter mungkin juga memberikan antasida yang merupakan obat maag paling banyak digunakan. Antasida berfungsi menetralisir asam lambung yang sudah ada pada lambung sehingga dapat mengatasi rasa nyeri dengan cepat. Efek samping antasida termasuk sembelit atau diare, tergantung pada bahan utama pada obat.

Gaya Hidup dan Obat Maag Alami

Tidak hanya obat maag yang dapat menyembuhkan maag kronis, tetapi juga perubahan gaya hidup dan pola makan yang sehat wajib dilakukan, ini merupakan cara alami yang dapat Anda terapkan selama sakit maag berlangsung atau ketika sudah sembuh agar tidak terulang lagi.

Sakit maag akan cepat sembuh apabila Anda :

  • Makan dalam jumah sedikit, tapi lebih sering. Jika Anda sering mengalami gangguan pencernaan seperti kembung gampang bersendawa, perut sering perih, maka cobalah untuk makan beberapa makanan dalam porsi kecil namun lebih sering bisa 4-5 kali sehari bukannya tiga kali dalam porsi besar.
  • Hindari makanan yang mengiritasi. Hindari makanan yang dapat dengan mudah mengiritasi lambung, terutama makanan pedas, asam, gorengan atau berlemak.
  • Hindari alkohol. Alkohol dapat mengiritasi lapisan mukosa lambung.
  • Hentikan penggunaan obat pereda nyeri. Jika Anda menggunakan obat penghilang rasa sakit secara teratur, misalnya ibuprofen atau aspirin, maka tanyakanlah kepada dokter apakah parasetamol dapat menjadi pilihan untuk Anda. Karena obat yang satu ini cenderung lebih aman digunakan pada orang dengan masalah lambung.
  • Mengelola stres. Stres dapat membuat gejala maag menjdi semakin buruk. Stres mungkin sulit untuk dihindari, tapi Anda dapat belajar untuk mengendalikan dan mengatasinya. Jika Anda memiliki kesulitan untuk santai, pertimbangkan kegiatan-kegiatan yang dapat menenangkan, seperti ibadah khusuk, meditasi, yoga atau tai chi.

Cara Mencegah Penyakit Maag

Tidak jelas bagaimana H. pylori penyebab infeksi lambung menyebar, tapi ada beberapa bukti bahwa hal itu bisa ditularkan dari orang ke orang atau melalui makanan dan air yang terkontaminasi. Anda dapat mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri dari infeksi saluran cerna penyebab maag kronis ini dengan sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir serta makan makanan yang telah dimasak dengan matang. Di samping itu upayakan untuk makan teratur, jangan sering menunda-nunda atau telat makan.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer