Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil, Efektif dan Aman

Sakit gigi bisa dialami oleh siapa saja, tak peduli dengan kondisi kesehatan Anda saat ini, termasuk sakit gigi pada ibu hamil. Namun ada yang berbeda dalam hal penanganannya karena tidak semua obat sakit gigi aman untuk ibu hamil.

Obat sakit gigi yang aman untuk ibu hamil artinya obat itu tidak menimbulkan efek samping buruk terhadap kandungan dan janin yang dikandungnya. Hal ini sangat penting karena obat sakit gigi yang biasa digunakan kebanyakan tidak dirokemdasikan untuk ibu hamil. Sebentar lagi Anda akan mengetahui pengobatan sakit gigi seperti apa yang aman itu.

Namun sebelumnya, tahukah Anda ternyata wanita hamil lebih rentan terhadap sakit gigi dan masalah peradangan pada gusi. Hal ini dipengaruhi oleh hormon kehamilan yang membuat gusi menjadi lebih sensitif. Dan hal ini terbukti, sering kali saya menjumpai pasien sakit gigi dan sakit gusi sedangkan ia sedang hamil. Maka digunakanlah pendekatan-pendekatan medis dan pengobatan alami yang aman.

ibu hamil sakit gigi

Berikut cara aman mengobati sakit gigi pada ibu hamil.

Minum obat pereda nyeri

Satu satunya obat pereda nyeri yang aman untuk ibu hamil dan dijual bebas tanpa resep dokter adalah parasetamol. Obat ini juga bisa digunakan untuk meredakan nyeri akibat sakit gigi. Sedangkan obat lain yang lebih ampuh, namun penggunaan nya terbatas mengingat efek samping nya terhadap kehamilan, oleh karena itu harus menggunakan resep dokter agar terlebih dahulu dipertimbangkan untung ruginya.

Obat Sakit Gigi topikal

Penggunaan obat gigi oles yang langsung diterapkan pada gigi dapat dengan cepat meredakan rasa nyeri, obat tersebut diantaranya mengandung benzocaine dan minyak cengkeh yang akan meresap langsung pada jaringan gigi dan gusi yang sakit sehingga dapat meredakan nyeri dengan cepat. Obat sakit gigi ini bekerja secara lokal sehingga aman untuk ibu hamil.

Berkumur Dengan Air Hangat

Buatlah air hangat sekira setengah gelas, kemudian tambahkan seperempat sendok garam dapur, aduk hingga rata. Gunakan larutan ini untuk berkumur setidaknya selama 1 menit. Dapat diulang 3-4 kali perhari 30 menit setelah makan. Selain dapat meringankan sakit gigi, juga dapat membantu membersihkan partkel-partikel atau sisa makanan yang menempel pada gigi dan gusi.

Kompres Dingin/Es

Disamping melakukan cara di atas, jika masih belum teratasi sempatkan juga untuk meng-kompres dingin pada daerah pipi tepat di sisi luar gigi yang sakit. Untuk melakukannya bisa menggunakan es batu yang dilapisi kain atau menggunakan handuk bersih yang dicelupkan pada air es. Suhu dingin akan membantu meringankan rasa sakit.

Tapi ingat! Jangan tempelkan es langsung ke gigi. Karena hal ini akan membuat gigi semakin sakit, karena pulpa gigi yang meradang akan sangat sensitif terhadap suhu panas atau dingin secara langsung.

Ketika gigi sakit sementara Anda sedang hamil, jangan sembarang minum obat, karena obat sakit gigi yang sering digunakan kebanyakan tidak aman untuk ibu hamil. Lakukan cara aman di atas, semoga berhasil. Jika ada pengalaman baik dalam mengatasi sakit gigi bagi ibu hamil silahkan bagikan di kolom komentar.

2 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer