Obat Tetes Telinga Tepat Guna

Ada banyak sekali masalah telinga yang dapat diatasi dengan obat tetes telinga, mulai dari kotoran telinga yang menumpuk, telinga gatal, sakit, dan infeksi pada telinga. Namun, kita harus menggunakannya dengan tepat, jangan sampai salah memilih.

Walaupun bukan dokter, kita setidaknya kita harus tahu bahwa ada banyak jenis obat tetes telinga. Secara garis besar kita kelompokkan menjadi dua yaitu Obat tetes telinga yang dijual bebas (tanpa resep dokter) dan tetes telinga yang harus dengan resep dokter.

Obat tetes telinga untuk membuang kelebihan zat lilin (minyak) atau kotoran telinga tidak memerlukan resep dokter, sedangkan tetes telinga untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh infeksi telinga dan peradangan harus dengan resep dokter. Kalau kita perhatikan obat yang memiliki kode K dengan latar belakang lingakaran merah, mengandung arti bahwa itu obat keras dan harus dengan resep dokter.

obat tetes telinga

Berikut akan kita pelajari beberapa masalah telinga yang dapat diatasi dengan obat tetes telinga yang sesuai.

Kotoran Telinga

Kotoran telinga terbentuk dari lapisan lilin (minyak) yang seiring waktu makin banyak produksinya dan banyak kotoran dan debu yang terperangkap didalamnya kemudian lama kelamaan akan mengeras pada liang telinga dan sulit untuk dikeluarkan. Dalam bahasa kedokteran kotoran telinga disebut sebagai cerumen.

Pada beberapa kasus kotoran ini dapat menyumbat liang telinga sepenuhnya sehingga akan menyebabkan kurang pendengaran terkadang juga bisa menimbulkan telinga berdengung. Karena begitu kerasnya ia juga bisa menyebabkan peradangan pada liang telinga sehingga menimbulkan rasa sakit pada telinga  bahkan terasa ngenyut.

Pada sebagian kasus, kotoran telinga ini dapat dibersihkan dengan obat tetes telinga yang mengandung bahan aktif carbamide peroksida, beberapa ada yang mengandung docusate natrium. Zat-zat ini akan membantu memecah penumpukan lilin menjadi potongan-potongan yang lebih kecil sehinga lebih lunak dan lebih mudah untuk dibersihkan.

Obat tetes telinga untuk membersihkan kotoran telinga ini dijual bebas di apotek tanpa resep dokter, contoh-contoh mereknya antara lain: Forumen (docusate natrium) dan …. *kalau ada yang tau kasih info di komentar ya.

Adapun cara penggunaannya sebagai berikut : Jika Anda ingin menerapkan pada telinga kanan, maka berbaring miring ke sisi kiri. Teteskan 5 sampai 10 tetes ke telinga kanan, pastikan bahwa ujung botol penetes TIDAK masuk ke dalam saluran telinga. Setelah ditetesi tahan posisi miring selama 4 sampai 5 menit. Kemudian lakukan sebaliknya ada telinga kiri. Gunakan obat tetes ini dua kali per hari dan tidak boleh digunakan lebih dari 7 sampai 10 hari.

Jika cerumen tidak juga dapat dihilangkan, maka berkunjunglah ke dokter untuk dilakukan pembersihan dengan alat yang canggih.

Sakit telinga

Antipyrine, benzocaine, lidocaine adalah jenis obat tetes telinga yang membantu untuk meringankan rasa sakit yang disebabkan oleh peradangan ataupun infeksi telinga. Namun kita hanya boleh menggunakan obat ini hanya ketika itu direkomendasikan oleh dokter atau menggunakan resep. Obat ini secara signifikan dapat mengurangi rasa sakit. Namun, obat ini hanya sebagai penghilang rasa sakit bukan menyembuhkan infeksi kalau memang itu penyebabnya.

Infeksi Telinga

Selain obat tetes untuk menghilangkan rasa sakit seperti di atas, dokter juga mungkin akan meresepkan antibiotik secara terpisah yang akan memerangi dan sampai menyembuhkan infeksi telinga.

Namun, ada juga obat tetes telinga yang mengandung antibiotik. Contohnya Erlamycetin (Chloramphenicol) namun tidak mengandung anti nyeri.

Jadi, pada kasus infeksi telinga yang disertai dengan rasa sakit, ada tiga kemungkinan yang akan diresepkan oleh dokter, sebagai berikut.

  • Anti nyeri dengan obat tetes, dan antibiotik dengan obat minum,
  • Obat minum sebagai antinyeri, dan obat tetes telinga sebagai antibiotik, atau
  • Obat tetes telinga sebagai antinyeri dan antibiotik (obat kombinasi), contohnya Otopain, Otolin, dll.

Ketiga pilihan terapi di atas akan disesuaikan dengan kondisi pasien masing-masing, yang menjadi pertimbangan antara lain, apakah gendang telinga masih utuh, apakah infeksi telinga luar saja atau tengah juga, dan seberapa parah kondisinya. Oleh karena itu jangan coba-coba menggunakan obat di atas tanpa resep dokter.

Obat Tetes Telinga untuk Anak-anak

Obat Tetes telinga umumnya juga aman digunakan pada telinga anak-anak. Namun, jika Anda tidak mengetahui dengan pasti apa yang terjadi pada telinga Anda, maka jangan coba-coba. Sebaiknya buatlah janji dengan dokter untuk memeriksakan anak Anda.

Peringatan

Tetes telinga dirancang untuk memberikan bantuan sementara, bukan sebagai obat jangka panjang. Jika Anda terus mengalami rasa sakit baik dari kotoran cerumen yang menumpuk atau karena peradangan dan setelah menerapkan obat tetes telinga selama lebih dari 7 hari tidak ada perbaikan, maka berhentilah menggunakannya dan periksala ke dokter. Selain itu, jika Anda sedang hamil atau menyusui, disarankan agar langsung berkonsultasi dengan dokter sebelum menggunakan obat tetes telinga jenis apapun.

Selalu baca aturan pakai, apabila obat didapatkan dari resep minta petunjuk penggunaannya saat pengambilan obat atau sesaui yang dijelaskan oleh dokter.

Sekian, semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer