Paronychia – Kuku bernanah, cantengan

Cantengan – Mungkin anda pernah mengalami masalah pada kuku, yang saya maksud disini adalah kuku bernanah, cantengan, atau bahkan sekarang malah sedang mengalami hal tersebut. Dimana kuku kaki ataupun tangan menjadi sakit, bengkak, kemerahan bahkan bernanah.

Mari sejenak kita pelajari kejadian tersebut.

Kuku nanahan atau kuku bernanah, cantengan dalam bahasa kedokteran disebut Paronychia (baca = paronikia). Paronikia merupakan infeksi di sekitar tepi kuku bahkan seluruh bagian kuku. Paronychia merupakan jenis infeksi yang paling sering pada tangan, jika tidak diobati dengan tepat, dapat berkembang menjadi infeksi yang lebih parah.

Paronikia paling sering disebabkan oleh bakteri kulit, biasanya memasuki kulit di sekitar kuku yang telah rusak oleh trauma, seperti menggigit kuku, mengisap jari, cuci piring, atau iritasi kimia. Infeksi jamur juga dapat menjadi penyebab paronychia, dan harus dicurigai terutama pada orang dengan infeksi kuku berulang dan tak kunjung sembuh.

Tanda dan gejala paronikia
Gejala awal paronikia dapat berupa kemerahan dan pembengkakan di sekitar kuku, yang disebut cellulitis. Pada keadaan ini kuku sangat sakit bila disentuh dan, kemudian berlanjut kuku dan/atau kulit menjadi berwarna kuning-hijau, yang menunjukkan bahwa terjadi pengumpulan nanah dibawah kuku dan kulit (disebut abses).

paronikia, cantengan

Paronikia aka Cantengan pada ibu jari kaki

Gejala yang paling sering dan tanda-tanda cantengan, sebagai berikut:

* Pembengkakan
* Kemerahan
* Bernanah
* Terasa Nyeri bahkan terasa nyut-nyutan

pronikia, cantengan, kuku nanah

Paronikia – Kuku jari tangan bernanah

Bagaimana cara mengobati paronikia atau cantengan ini?

Pengobatan cantengan yang dapat dilakukan di rumah diantaranya merendam jari cantengan ke dalam campuran air hangat 50% dan 50% sabun antibakteri cair tiga sampai empat kali sehari selama sekitar 15 menit. Perendaman ini harus dilakukan pada gejala awal berupa kemerahan di sekitar kuku.

Anda harus segera memeriksakan diri ke dokter, jika kemerahan melampaui kulit di sekitar kuku. Kemerahan ini menunjukkan bahwa infeksi mungkin membentuk infeksi jari yang lebih serius dengan pembentukan nanah dari jaringan dalam ujung jari Anda.

Anda juga harus menghubungi dokter jika terdapat tumpukan nanah yang banyak. Dimana nanah tersebut harus dikeluarkan dengan cara steril. Jangan coba-coba menyayat kulit yang bernanah sendiri di rumah, jika caranya tidak tepat malah membuat infeksi menjadi meluas.

Pada kasus yang berat, infeksi dapat bergerak di bawah kuku dan perlu pembuangan kuku sebagian atau lengkap (cabut kuku). Kecuali pada selulitis yang luas, antibiotik biasanya tidak diperlukan.

Bila diperlukan Dokter akan mengambil sedikit nanah untuk diperksa di lab. untuk mengetahui jenis bakteri yang terlibat dalam infeksi.

Jika ditangani dengan tepat, cantengan dapat sembuh dengan baik, kuku yang telah di cabut pun dapat tumbuh kembali dengan sempurna.

Bagaimana cara mencegah agar tidak terkena cantengan ?

  • Hindari menggigit kuku
  • Pakailah sarung tangan karet jika hindak memgang benda atau melakukan pekerjaan yang berpotensi menimbulkan trauma.
  • Kontrol penyakit kronis, seperti diabetes.
  • Sering Cuci tangan, terutama setelah bekerja di tanah, pertukangan, atau pekerjaan di mana tangan Anda menjadi kotor dan memiliki potensi untuk luka dan goresan.

Jangan anggap remeh Cantengan, walaupun terkesan ringan namun jika tidak diobati dengan tepat dapat menjadi luas dan infeksi yang parah.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:

Tulis Komentar / Konsultasi tentang Paronychia – Kuku bernanah, cantengan

Bisa via Facebook atau Google+ yang berada di bawah, tapi Mohon maaf saya tidak bisa menjawab pertanyaan "obatnya apa?", karena dokter tidak dapat memberi terapi tanpa memeriksa terlebih dahulu. Terimakasih atas kunjungannya :)

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer