Pengobatan Jantung Bocor ASD dan VSD

Dengan semakin majunya ilmu dan teknologi kedokteran sangat memungkinkan untuk penyembuhan jantung bocor. Mulai dari cara konservatif, hingga prosedur invasif seperti kateterisasi dan operasi atau pembedahan. Semua dilakukan atas indikasi klinis dan berdasarkan pemeriksaan penunjang.

Jantung bocor baik itu ASD ataupun VSD tidak semuanya harus dilakukan operasi, karena apabila bocornya kecil maka sangat mungkin untuk menutup dengan sendirinya seiring bertambahnya usia. Oleh karena itu ketika diagnosis jantung bocor ditegakkan, maka dokter akan melakukan pengawasan terhadap anak Anda untuk kemudian merencakan tindakan berikutnya yang sesuai.

Pada bayi dengan VSD jika ia memerlukan operasi, maka dilakukan pada tahun pertama kehidupan. Anak-anak dan orang dewasa yang memiliki cacat septum ventrikel besar atau yang menyebabkan gejala yang signifikan biasanya memerlukan operasi.

Lebih lengkap berikut pengobatan jantung bocor ASD dan VSD.

Pengobatan Jantung Bocor ASD

Obat untuk Jantung Bocor ASD

Obat tidak dapat menutup lubang jantung bocor, tetapi obat dapat digunakan untuk mengurangi beberapa tanda-tanda dan gejala yang muncul. Obat ini juga dapat digunakan untuk mengurangi risiko komplikasi setelah operasi. Obat yang digunakan yaitu untuk menjaga detak jantung agar teratur (beta blocker) atau untuk mengurangi risiko pembekuan darah (antikoagulan).

Obat untuk Jantung Bocor VSD

Obat-obatan yang diperlukan untuk jantung bocor tipe ASD antara lain:

  • Obat untuk meningkatkan kekuatan kontraksi jantung. Contohnya digoxin (Lanoxin).
  • Obat untuk mengurangi jumlah cairan dalam sirkulasi dan paru-paru, disebut diuretik, contohnya furosemide (Lasix).
  • Menjaga detak jantung agar tetap teratur. Contohnya beta blockers (Lopressor) dan digoxin (Lanoxin).

 

Operasi Jantung

Banyak dokter menyarankan operasi defek septum atrium (ASD) ketika terdiagnosis selama masa kanak-kanak. Hal ini dilakukan untuk mencegah komplikasi ketika dewasa. Operasi ditujukan bagi kebocoran dengan lubang berukuran sedang dan besar.

Kateterisasi jantung. Dalam prosedur ini, dokter memasukkan tabung tipis dan elastis (kateter) ke dalam pembuluh darah di pangkal paha dan diarahkan ke jantung menggunakan teknik pencitraan. Melalui kateter, dokter menerapkan patch atau plug untuk menutup lubang. Prosedur dapat dilakukan untuk memperbaiki ASD secundum. Namun untuk ASD secundum besar mungkin tidak dapat diperbaiki melalui kateterisasi jantung, dan mungkin memerlukan operasi jantung terbuka.

Operasi jantung terbuka. Jenis operasi ini dilakukan di bawah anestesi umum dan memerlukan penggunaan mesin jantung-paru. Melalui sayatan di dada, ahli bedah menggunakan patch untuk menutup lubang. Prosedur ini adalah pengobatan pilihan untuk jenis ASD tertentu (primum, venosus sinus dan sinus koroner), dan jenis-jenis cacat atrium yang hanya dapat diperbaiki melalui operasi jantung terbuka.

Metode di atas juga digunakan untuk terapi jantung bocor VSD.

Antibiotik pencegahan

Antibiotik pencegahan diperlukan untuk mengurangi risiko endokarditis infektif. Pedoman saat ini menyarankan pengobatan antibiotik pencegahan hanya untuk orang yang berisiko tinggi terhadap komplikasi serius dari endokarditis infektif.

Dokter mungkin masih merekomendasikan antibiotik preventif jika:

  • Memiliki masalah jantung lainnya atau penggunaan katup buatan
  • Memiliki cacat septum ventrikel besar yang menyebabkan kadar oksigen darah yang rendah

Di samping itu, kebersihan mulut yang baik dan pemeriksaan gigi secara teratur dapat mencegah endokarditis.

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer