Penyakit Herpes – Penyebab dan Jenis-jenis Herpes

Mungkin kita sering mendengar istilah penyakit herpes, entah itu dari saudara, orang lain atau mendengarnya langsung dari dokter karena Anda sedang mengalaminya. Namun saya rasa masih banyak yang belum sepenuh tahu apa itu penyakit herpes, yang banyak orang tahu penyakit ini sering terlihat menyerang kulit entah itu kulit tubuh, mulut atau pun kulit pada kelamin.

Dan ya, kita akan pelajari lebih lanjut mengenai jenis-jenis dan penyebab penyakit herpes. Dua hal tersebut (jenis-jenis dan penyebab) memang sangat erat kaitannya sehingga akan saya gabung dalam pembahasan pada artikel ini.

Penyakit Herpes adalah penyakit kulit yang disebabkan oleh virus herpes yang menyerang manusia, lebih lanjut virus itu dikenal dengan sebutan Human Herpes Virus, disingkat HHV. Virus herpes ini memiliki banyak keluarga atau jenis (tipe) yakni HHV1-HHV8. Setiap jenis virus akan menimbulkan penyakit kulit herpes yang berbeda pada tubuh manusia. Oleh karena Penyakit herpes ada delapan jenis sesuai dengan penyebabnya, berikut rinciannya:

Human Herpes Virus 1 – Herpes Pada Mulut / bibir (labialis)

Human Herpes Virus 1 (HHV1) disebut juga sebagai virus herpes simplex 1 (HSV1). Virus ini menyebabkan penyakit herpes simpleks pada mulut atau bibir. HHV1 juga dapat menyebabkan herpes genital (kelamin) yang menular melalui kontak oral-genital, seperti ketika seks oral. Penularan HHV1 ini melalui kontak kulit-ke-kulit dengan orang yang terinfeksi melalui luka kecil di kulit atau selaput lendir dan lebih mungkin menyebar melalui peralatan makan, pisau cukur, dan handuk.

herpes bibir mulut

Human Herpes Virus 2 – Herpes Kulit Kelamin (Genital)

Human Herpes Virus 2 (HHV2) disebut juga sebagai virus herpes simpleks 2 (HSV2). Virus ini menyebabkan herpes genital, yang merupakan penyakit infeksi menular seksual. Namun, juga bisa menyebabkan penyakit kulit herpes di daerah wajah. Sama seperti HHV1, infeksi HHV2 menular dan menyebar melalui kontak kulit ke kulit. Rute utama penularan adalah melalui kontak seksual, karena virus ini tidak bisa bertahan lama di luar tubuh.

herpes genital kelamin

Human Herpes Virus 3 – Cacar air dan Herpes Zoster (bahasa jawa: dompo)

Human Herpes Virus 3 (HHV3) disebut juga sebagai virus varicella-zoster. Suatu jenis virus herpes yang menyebabkan penyakit kulit yang sering kita temui yaitu cacar air dan herpes zoster (dompo).

Human Herpes Virus 4 – Kissing Disease

Human Herpes Virus 4 (HHV4) disebut juga sebagai virus Epstein-Barr, yakni penyebab utama infeksi mononucleosis, atau “kissing disease” merupakan infeksi menular dan ditularkan melalui air liur oleh karena itu virus ini dapat menular ketika berciuman. Contoh lainnya yaitu ketika batuk, bersin, atau berbagi peralatan makan dengan orang yang terinfeksi.

Human Herpes Virus 5 – Mononucleosis

Human Herpes Virus 5 (HHV5) disebut juga sebagai cytomegalovirus (CMV). CMV juga merupakan penyebab mononukleosis. Pada orang dengan sistem kekebalan tubuh yang sehat, virus bahkan mungkin tidak menimbulkan gejala apapun. Namun, pada orang dengan sistemm kekebalan tubuh lemah seperti pada HIV/AIDS akan menimbulkan masalah serius. Infeksi CMV merupakan salah satu komplikasi AIDS yang paling sulit. Gejala yang dapat ditimbulkannya yaitu diare, penglihatan yang parah sampai kebutaan, infeksi pada lambung dan usus, dan bahkan kematian. CMV dapat ditularkan melalui hubungan seksual, menyusui, transfusi darah, dan transplantasi organ.

Human Herpes Virus 6 – Roseola

Human Herpes Virus 6 (HHV6) menyebabkan penyakit roseola yaitu penyakit virus yang menyebabkan demam tinggi dan ruam kulit pada anak-anak atau bayi dan berbagai penyakit lain yang berhubungan dengan demam pada kelompok usia tersebut. Infeksi ini juga berperan dalam banyak kasus kejang yang berhubungan dengan demam pada bayi (kejang demam).

Human Herpes Virus 7 – Roseola

Virus ini telah diamati dan ternyata terkait erat dengan HHV6. walaupun HHV7 juga berperan menyebabkan roseola, tetapi tidak jelas apa efek klinis lain yang ditimbulkannya.

Human Herpes Virus 8 – Kaposi’s Sarcoma pada HIV/AIDS

Human Herpes Virus 8 (HHV8) baru-baru ini ditemukan berperan pada tumor yang disebut dengan Sarkoma Kaposi (KS). Tumor ini ditemukan pada penderita AIDS dan sangat jarang pada orang yang tidak terkena AIDS. Sarkoma Kaposi membentuk tumor keunguan pada kulit dan jaringan lain. HHV8 juga dapat menyebabkan kanker lainnya, termasuk limfoma tertentu (kanker kelenjar getah bening) yang berhubungan dengan AIDS.

Jadi, penyakit herpes itu banyak sekali macamnya, namun memiliki nama yang berbeda-beda. Walau demikian sebutan penyakit kulit herpes yang sangat lazim itu ada dua yaitu herpes simpleks dan herpes zoster. Sekian, semoga bermanfaat :)

 

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer