Kenali Penyebab Gatal Pada Kulit Anda

Penyebab Gatal – Setiap orang pasti pernah mengalami rasa gatal pada kulit nya, baik jarang atau sering atau bahkan setiap hari. Tak sedikit dari mereka yang mengalami gatal tidak/belum mengetahui secara pasti apa penyebab gatal pada kulitnya. Padahal mengetahui penyebab gatal akan mempermudah untuk mengatasinya dan mencegahnya agar tidak datang lagi.

Gatal memang membuat tidak nyaman, berupa sensasi menjengkelkan yang membuat kita mau tidak mau untuk menggaruknya. Mungkin sekilas terlihat sepele, ketika gatal ya digaruk. Akan tetapi dibalik kulit yang gatal terdapat ratusan kemungkinan penyebab mulai dari masalah sederhana sampai masalah kesehatan yang cukup serius. Penyebab gatal yang sederhana contohnya ketika kulit kita digigit nyamuk maka akan terasa gatal, mungkin gatal yang ditimbulkannya hanya sebentar dan tidak parah. Penyebab gatal karena penyakit serius misalnya karena gangguan fungsi hati yang membuat peningkatan kadar bilirubin darah yang menyebar ke kulit sehingga terlihat kulit berwarna kuning dan terasa gatal. Dan masih banyak contoh yang lainnya.

Secara ringkas, Penyebab kulit gatal bisa akibat dari ruam lokal atau kondisi kulit lainnya, seperti psoriasis atau dermatitis. Atau penyebab gatal pada kulit merupakan akibat dari penyakit dalam (sistemik), seperti penyakit hati atau gagal ginjal. Penyebab lokal menimbulkan gatal hanya pada kulit yang terkena sedangkan penyebab sistemik menimbulkan gatal pada kulit seluruh tubuh.

penyebab gatal pada kulit

ilustrasi: gatal pada kulit

Secara lebih rinci, berikut berbagai penyebab gatal pada kulit.

Kulit kering
Kulit gatal yang tidak disertai dengan perubahan kulit lainnya, seperti ruam, paling sering disebabkan oleh kulit kering (xerosis). Kulit kering biasanya dipengaruhi oleh faktor lingkungan seperti cuaca panas atau dingin dengan tingkat kelembaban yang rendah, penggunaan AC jangka panjang, dan mencuci atau mandi terlalu sering.

Penyakit kulit dan ruam.
Banyak penyakit kulit yang menyebabkan kulit gatal, seperti : eksim (dermatitis), psoriasis, kudis, kutu, cacar air, panu, Kulit jamuran, biduran, dll. Dalam kasus ini, gatal biasanya mempengaruhi daerah tertentu dan disertai dengan tanda-tanda lain, seperti merah, kulit yang teriritasi, benjolan dan lecet.

Penyakit Dalam.
Penyakit dalam yang dapat menyebabkan gatal, diantaranya: penyakit hati, malabsorpsi gandum (penyakit celiac), gagal ginjal, anemia defisiensi besi, masalah tiroid dan kanker, termasuk leukemia dan limfoma. Dalam kasus ini, gatal biasanya mempengaruhi seluruh tubuh, bukan satu daerah kulit tertentu. Kulit mungkin terlihat normal kecuali untuk daerah kulit berulang kali digaruk sehingga terdapat goresan atau lecet.

Gangguan saraf.
Gangguan saraf juga dapat menyebabkan gatal. Kondisi yang mempengaruhi sistem saraf – seperti multiple sclerosis, diabetes mellitus, saraf terjepit dan herpes zoster (dompo) – dapat menyebabkan gatal-gatal.

Iritasi dan reaksi alergi.
Wol, bahan kimia, sabun dan zat lainnya dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan rasa gatal. Kadang-kadang zat tertentu dapat menyebabkan reaksi alergi, seperti alergi kosmetik. Alergi makanan juga dapat menyebabkan reaksi gatal pada kulit. Cara termudah untuk mengetahui hal ini adalah gatal akan muncul tidak lama setelah kita memakai atau memakan zat tertentu dan apabila zat atau makanan tersebut tidak kita pakai maka gatal akan hilang.

Obat.
Reaksi terhadap obat-obatan, seperti antibiotik, obat antijamur atau obat nyeri narkotika, dapat menyebabkan ruam dan gatal-gatal yang luas. Terkenal dengan istilah drug erruption dan alergi obat.

Kehamilan.
Beberapa wanita mengalami kulit gatal selama kehamilan, terutama pada bagian perut, paha, payudara dan lengan. Apabila sebelum hamil seorang wanita meiliki penyakit kulit seperti eksim (dermatitis), maka kondisinya dapat memburuk selama kehamilan.

Hubungi dokter atau dokter spesialis penyakit kulit (dermatologist) jika gatal:

  • Berlangsung lebih dari dua minggu dan tidak membaik dengan tindakan perawatan diri
  • Sangat parah dan tidak nyaman sehingga tidak bisa tidur dan tak bisa bekerja.
  • Tidak diktehui dengan jelas apa penyebabnya.
  • Gatal pada kulit disertai dengan infeksi – terdapat nanah disertai nyeri dan demam.
  • Seluruh tubuh gatal.
  • Disertai dengan gejala lain, seperti kelelahan ekstrim, penurunan berat badan, perubahan kebiasaan buang air besar atau frekuensi kencing, atau demam.

Itulah beberapa penyebab gatal pada kulit yang harus Anda ketahui agar dapat mengarahkan anda bagaimana seharusnya Anda berbuat.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya:

Tulis Komentar / Konsultasi tentang Kenali Penyebab Gatal Pada Kulit Anda

Silahkan berkomentar, tapi Mohon maaf saya tidak bisa menjawab pertanyaan "obatnya apa?", karena dokter tidak dapat memberi terapi tanpa memeriksa terlebih dahulu. Terimakasih atas kunjungannya :)

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer