Penyebab Mata Bengkak dan Cara Mengatasinya

Ketika seseorang mengalami mata bengkak, itu akan membuatnya tak nyaman, baik secara fisik maupun psikis. Memang mata bengkak ada yang sakit dan ada yang tidak, namun sudah pasti ini dapat merusak penampilan sehingga banyak yang izin tidak bekerja atau sekolah karena masalah yang satu ini.

Mengetahui penyebab mata bengkak amatlah penting agar kita dapat dengan mudah mengobatinya dan mencegahnya sehinnga kejadian serupa tidak terulang kembali. Mungkin ada yang matanya bengkak setelah menangis, terkena debu, terkena pukul, atau tidak tahu dengan pasti kenapa tiba-tiba bengkak.

Yang saya maksud mata bengkak disini adalah karena bengkaknya kelopak mata, hal ini dapat terjadi ketika ada peradangan atau kelebihan cairan (edema) pada jaringan ikat di sekitar mata. Mata bengkak bisa menyakitkan dan tidak menyakitkan, dan mempengaruhi baik kelopak mata atas maupun bawah.

Pembengkakan pada kelopak mata dapat disebabkan oleh kondisi ringan seperti setelah menagis atau alergi, tetapi juga bisa menjadi tanda suatu masalah kesehatan yang berpotensi mengancam penglihatan yang lebih serius, seperti selulitis orbital , penyakit Graves dan herpes okular.

Penyebab Mata Bengkak

Lebih lanjut berikut ini kondisi-kondisi yang dapat menjadi penyebab mata bengkak beserta gejala yang menyertainya:

Alergi. Pembengkakan kelopak mata akibat alergi biasanya disertai dengan rasa gatal dan berair. Hal ini dapat disebabkan oleh serbuk sari, debu, bulu hewan peliharaan, tetes mata tertentu dan cairan lensa kontak. Alergi akan mengenai hanya bagi mereka yang sensitif.

Konjunctivitis. Atau ebih sering dikenal dengan istilah sakit mata, merupakan peradangan pada konjunctiva – selaput bening yang meliputi bola mata dan kelopak mata bagian dalam -. Disebabkan oleh infeksi virus, bekteri, dan alergi. Selain dapat menyebabkan mata bengkak, ditandai juga dengan mata merah, berair, dan terkadang gatal.

konjunctivitis

Bintitan. Bahasa medisnya hordeolum, bintitan terlihat jelas adanya penonjolan pada kelopak mata baik atas maupun bawah yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Bintitan terasa nyeri dan terkadang menimbulkan bengkak yang meluas pada kelopak mata.

bintitan

Cedera mata. Setiap trauma atau cedera pada daerah mata, dapat menyebakan memar dan pembengkakan pada kelopak mata.

Memakai Lensa kontak. Bagi pengguna lensa kontak yang tidak memperhatikan aspek kebersihan atau penggunaan yang tidak tepat dapat menyebabkan mata bengkak – seperti memakai lensa kotor, berenang tanpa melepas lensa kontak atau menyimpan kontak dalam wadah yang kotor – Hal ini dapat menyebabkan infeksi dan iritasi pada mata.

Blepharitis. Merupakan peradangan pada kelopak mata, ditandai dengan kelopak mata bengkak dan terasa sakit terkadang terlihat juga serpihan ketombe di dekat bulu kelopak mata.

blefaritis

Selulitis orbita. Merupakan infeksi bakteri yang jarang namun cukup serius karena menginfeksi jaringan mata dan sekitarnya, sehingga mata menjadi bengkak dan begitu menyakitkan. Gejala lain termasuk mata menonjol, penurunan penglihatan, demam, dan sakit mata saat melirik.

mata bengkak selulitis orbita

Selulitis orbita adalah keadaan darurat medis dan pengobatan antibiotik IV cepat sering diperlukan untuk mencegah kerusakan saraf optik, kehilangan penglihatan permanen atau kebutaan dan komplikasi serius lainnya.

Herpes okular. Disebabkan oleh herpes simplex virus, menyebabkan peradangan (dan kadang-kadang jaringan parut) pada kornea. Selain menyebabkan mata bengkak, herpes mata juga mirip dengan mata konjunctivitis, namun biasanya dapat kita lihat ada luka / lepuhan yang menyakitkan pada kelopak mata, di samping itu juga dapat terjadi pandangan kabur karena kornea berawan dan mata bengkak yang mungkin sangat ekstrim yang menghalangi penglihatan.

mata bengkak herpes

Penyakit Graves. Disebabkan oleh tiroid yang terlalu aktif (hipertiroidisme), ditandai dengan mata menonjol atau melotot, sehingga kelopak mata seolah-olah terlihat membengkak.

Gangguan Ginjal. Penyakit ginjal seperti sindroma nefrotik atau ginjal bocor dapat menyebabkan mata bengkak, terjadi pada kedua mata terutama muncul saat bangun tidur pagi hari. Tidak terasa sakit, tak jarang disertai dengan pembengkakan hampri dissluruh tubuh (edema anasarka).

Cara Mengobati Mata Bengkak

Untuk dapat mengatasi mata bengkak dengan tuntas, maka harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Alergi. Untuk mengatasi mata bengkak karena lergi maka harus menghindari penyebabnya, kompres dingin dapat membantu meringankan gatal pada kelopak mata dan pembengkakan. Obat bebas golongan antihistamin seperti diphenhydramine (Benadryl) juga dapat mengurangi kelopak mata bengkak karena alergi.

Konjunctivitis. Baca penanganannya di sini Pengobatan Konjunctivitis

Bintitan dan blefaritis. Cara sederhana yang dilakukan di rumah untuk mengobati mata bengkak karena bintitan dan blefaritis antara lain dengan menerapkan kompres hangat selama 10 menit sehari 4 kali, dan selalu menjaga kebersihan mata. Lebih lanjut silahkan baca: Cara mengobati bintitan. Jika dalam beberapa hari tidak ada perbaikan, maka berobatlah ke dokter.

Selulitis orbita, Herpes okuler, Penyakit Grave’s, Gangguan ginjal. Langsung periksakan ke dokter. Dokter akan mengobati mata bengkak yang Anda alami dengan menyeseuaikan penyebabnya setelah melakukan sernagkain pemeriksaan.

Cedera Mata. Untuk mengurangi bengkak pada kelopak mata akibat benturan atau trauma lakukan kompres dingin dengan dilapisi dengan kain bersih. Kompres dengan lembut selama 10 menit (jangan lama-lama). Lakukan 4 kali sehari. Tidur dengan posisi kepala ditinggikan.

Peringatan!!

Hubungi dokter segera jika Anda mengalami mata bengkak yang memburuk dengan cepat, terlihat seperti ada nanah pada kelopak mata, atau disertai dengan demam, penurunan tajam penglihatan atau ruam di sekiatr mata.

Sekian dari saya, semoga bisa bermanfaat untuk pembaca sekalian. Apakah Anda punya pengalaman mengenai mata bengkak? Silahkan berkomentar.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer