Penyebab Mata Gatal dan Cara Mengatasinya

Mata sering gatal adalah gejala yang paling umum dari adanya alergi pada mata. Mata dan kelopak mata gatal ketika tekena paparan benda – benda kecil seperti debu, tungau, kotoran, dan bulu binatang adalah beberapa contoh bahwa itu merupakan reaksi alergi. Dalam bahasa medis mata gatal seperti ini disebut dengan istilah konjungtivitis alergi.

Pada kebanyakan orang benda – benda kecil penyebab alergi tersebut bukanlah benda yang berbahaya, namun pada sebagian kecil orang yang sensitif terhadap benda tersebut akan mengalami reaksi yang tidak diinginkan ketika benda kecil tersebut menyentuh konjungtiva (selaput lendir yang melapisi bagian putih mata), dimana sistem kekebalan tubuh akan bereaksi dengan melepaskan histamin dan senyawa alergi lainnya sehingga mata menjadi merah, berair, terasa gatal, sensitif terhadap cahaya, teras sakit, dan bengkak.

Baca juga: Penyebab Mata Merah dan Cara Mengatasinya

Apa Saja Penyebab Mata Gatal?

Berdasarkan penyebabnya, mata gatal atau konjungtivitis alergi dapat dibagi menjadi jenis – jenis berikut ini.

  • Konjungtivitis papilari raksasa, merupakan konjungtivitis alergi yang disebabkan oleh penggunaan lensa mata kontak yang tidak bersih atau kotor.
  • Konjungtivitis dermatokontak, merupakan konjungtivitis alergi yang disebabkan oleh paparan dengan bahan – bahan kosmetik.
  • Konjungtivitis alergi musiman, konjungtivitis ini dipengaruhi oleh musim terutama pada saat awal musim kemarau dimana banyak serbuk sari tumbuhan dan jamur yang beterbangan di udara.
  • Konjungtivitis alergi kontiniu, Konjungtivitis ini tidak terpengaruh oleh musim,bisa terjadi kapan saja di sepanjang tahun. Mata gatal ini penyebabnya adalah debu, tungau, bulu binatang, asap rokok, polusi udara, parfum.
mata gatal

mata gatal konjunctivitis

Bagaimana Mengatasi Mata Gatal?

Konjungtivitis alergi sebenarnya bukanlah suatu kondisi medis yang serius, namun apabila tidak segera ditangani penyakit ini menimbulkan rasa tidak nyaman hingga mengganggu kualitas hidup, bahkan dapat menimbulkan komplikasi. Berikut beberapa cara mengatasi mata gatal.

  • Menggunakan obat mata gatal tetes seperti Cendo Conal, Patanol atau tetes mata lainnya yang mengandung antihistamin dapat digunakan untuk membantu meredakan gejala gatal pada mata. Tetes mata dekongestan dapat digunakan untuk mengecilkan pembuluh darah yang meradang sehingga bisa mengatasi mata merah, namun hati – hati pemakaiannya pada penderita glaukoma. Untuk mengatasi mata gatal yang berkepanjangan dapat digunakan tetes mata steroid yang bersifat antiperadangan dan alergi. Agar efektif dan aman, gunakan obat tetes mata gatal¬†tersebut harus sesuai dengan petunjuk yang diberikan dokter.
obat mata gatal

ilustrasi penggunaan obat tetes untuk mata gatal

  • Mengkonsumsi obat antialergi. Obat – obatan anti alergi golongan anti histamin seperti cetirizin dan loratadin juga dapat diguakan untuk mengurangi reaksi alergi.
  • Menghindari pemicu alergi dengan cara membatasi paparan mata terhadap debu yang dapat dilakukan dengan menggunakan kacamata.
  • Menghindari mengucek mata walaupun sangat gatal, karena menggosok mata dapat melepaskan histamin yang membuat mata menjadi lebih gatal.
  • Mengompres mata dengan air dingin untuk mengurangi mata dan kelopak mata gatal
  • Mengompres mata dengan air hangat untuk kerak pada mata dan kelopak mata
  • Menjaga kebersihan degan cara menggunakan perlengkapan tidur seperti sarung bantal, seprai, selimut yang dicuci secara rutin. Bersihkan juga lantai rumah, lantai kamar mandi, dan lantai dapur menggunakan cairan pembersih secara rutin.
  • Apabila anda mempunyai hewan peliharaan di rumah, bersihkan juga hewan peliharaaan tersebut dan kandangnya secara rutin. Hindari penggunaan karpet dan keset pada ruangan yang sering dimasuki oleh hewan peliharaan tersebut karena bulu, tungau, bakteri dan kotoran binatang lebih mudah terperangkap di dalam karpet dan sewaktu-waktu bisa terbang menuju mata Anda.

Baca juga: 12 Penyebab Mata Pedih, Merah, dan Cara Mengatasinya

Apabila anda mengalami gejala mata gatal yang diakibatkan oleh alergi, sebaiknya segeralah memeriksakan mata anda ke dokter agar dapat diketahui dengan pasti apa yang menjadi penyebabnya sehingga dapat segera diberikan pengobatan yang tepat untuk mencegah penyakit berkembang menjadi kondisi yang lebih parah.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer