Mengetahui Penyebab Penyakit Liver untuk Pencegahan

Penyebab Penyakit Liver – Seseorang bisa terkena penyakit liver ada beberapa faktor penyebab, mulai dari penyakit akibat virus, penyalahgunaan alkohol dan obat-obatan tertentu, mengetahui penyebab-penyebab penyakit liver akan membuat kita waspada sehingga bisa mencegahnya dari sekarang.

Baca juga: Mengenal Gejala Penyakit Liver

Penyalahgunaan alkohol

Penyalahgunaan alkohol sering menjadi penyebab penyakit liver. Alkohol adalah racun bagi sel-sel  hati dan dapat menyebabkan peradangan hati, yang selanjutnya disebut dengan hepatitis alkoholik. Akibat dari penggunaan alkohol yang lama, maka terjadilah penumpukan lemak pada sel-sel hati.

Sirosis

Sirosis adalah terjadinya pengerasan jaringan hati akibat sel-selnya yang sudah rusak dan berubah menjadi jaringan parut, struktur sel yang berubah berdampak pada fungsi hati yang tidak ada lagi alias gagal. Ini merupakan bentuk penyakit liver yang paling sering terjadi dan merupakan tahap akhir penyakit hati.

Obat-Obatan

Sel-sel hati dapat menjadi meradang dan bisa rusak untuk sementara waktu atau bahkan permanen akibat dari paparan obat-obat tertentu. Ada beberapa obat jika dosisnya berlebihan (overdosis), maka menyebabkan kerusakan hati, misalnya parasetamol. Sementara ada juga obat yang dapat menyebabkan kerusakan liver bahkan ketika diminum dalam dosis yang standar, contohnya obat golongan statin untuk  menurunkan kolesterol tinggi.

Infeksi

Hati bisa mengalami peradangan yang disebabkan oleh infeksi virus atau disebut dengan penyakit hepatitis. Ada banyak jenis sesuai dengan penyebabnya yaitu hepatitis A, B, C, dan E. Memang tidak semuanya bisa menjadi penyebab penyakit liver, namun ada hepatitis B dan C yang dapat menjadi penyakit hati kronis, sirosis hepatis, dan ahkan kanker hati.

Baca juga: Gejala Hepatitis dan Cara Penularannya.

Perlemakan Hati

Kondisi ini ditandai dengan akumulasi lemak dalam hati  yang dapat menyebabkan peradangan hati dan penurunan bertahap dalam fungsi hati. Dalam bahasa medis disebut dengan steatohepatitis non-alkohol atau “Fatty liver“.

Hemochromatosis

Hemachromatosis (besi yang berlebihan) adalah gangguan metabolisme yang menyebabkan kadar besi dalam tubuh menjadu abnormal. Kelebihan zat besi dapat terakumulasi dalam jaringan hati, pankreas, dan jantung dan dapat menjadi penyebab penyakit liver dengan cara membuat peradangan, sirosis, kanker hati, dan gagal hati. Ini merupakan penyakit yang diturunkan.

Penyakit Wilson

Penyakit Wilson adalah penyakit lain yang diwariskan yang mempengaruhi kemampuan tubuh untuk memetabolisme tembaga. Penyakit Wilson dapat menjadi penyebab penyakit liver karena ia menyebabkan sirosis dan gagal hati.

Penyakit Gilbert

Dalam penyakit Gilbert, ada kelainan dalam metabolisme bilirubin dalam hati. Tidak ada gejala yang jelas dan biasanya didiagnosis kebetulan ketika ditemukan kadar bilirubin tinggi pada tes darah rutin. Penyakit Gilbert adalah kondisi jinak dan tidak memerlukan pengobatan.

Kanker

Kanker hati primer timbul dari sel-sel hati itu sendiri. Dua contoh termasuk karsinoma hepatoseluler dan cholangiocarcinoma. Sedangkan kanker metastatik atau kanker hati sekunder dimulai pada organ lain dan menyebar ke hati, biasanya melalui aliran darah. Kanker yang sering menyebar ke hati dimulai di paru-paru, payudara, usus besar, lambung, dan pankreas. Limfoma hodgkin dan leukemia  juga mungkin dapat menyerang hati sehingga menjadi penyebab penyakit liver.

gejala kanker hati

contoh kanker hati

Kelainan aliran darah

Sindrom Budd Chiari adalah penyakit di mana gumpalan darah terbentuk di vena hepatik dan mencegah darah meninggalkan hati. Hal ini dapat meningkatkan tekanan di dalam pembuluh darah hati, terutama vena portal. Tekanan ini dapat menyebabkan sel-sel hati mati dan menyebabkan sirosis dan gagal hati. Penyebab sindrom Budd Chiari termasuk polisitemia (jumlah sel darah merah meningkat secara abnrmal), penyakit radang usus, penyakit sel sabit, dan kehamilan.

Dari sekian banyak penyebab penyakit iver ada beberapa yang bisa kita cegah, yaitu penggunaan obat-obatan yang meusak hati, alkohol, dan penyakit infeksi hepatitis dengan cara menjaga kebersihan dan melakukan vaksinasi. Sekian, semoga bermanfaat.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer