Penyebab Rambut Rontok

penyebab rambut rontokSemua orang pasti merasa tidak nyaman ketika rambut yang ia sayangi menjadi rontok, terlebih rambut rontok yang dialaminya sangatlah banyak, tentu sangat mengkhawatirkan akankah menjadi botak? kalau sampai botak akan mengganggu penampilan dan membuat tidak percaya diri tentunya.

Mungkin anda merasa heran dan timbul pertanyaan, kenapa rambut menjadi rontok? apa penyebab rambut rontok?

Ada berbagai macam faktor yang manjadi penyebab rambut rontok, diantaranya :

Faktor Hormon sebagai penyebab rambut rontok
Hormon Androgen yaitu hormon jantan yang diproduksi oleh baik laki-laki maupun perempuan. Tingginya kadar hormon androgen ini diyakini menjadi faktor penyebab rambut rontok pada alopecia androgenik. Akan tetapi rambut rontok atau kebotakan tidak ada hubungannya dengan tingkat kejantanan seorang pria.

Faktor Gen sebagai penyebab rambut rontok
Apabila orang tua, ayah atau ibu mengalami rambut rontok bahkan kebotakan maka anak-anaknya memiliki kecendrungan mengalami kebotakan juga baik pada anak laki-laki maupun perempuan.

Obat-obatan penyebab rambut rontok
Obat-obatan yang dapat menyebabkan rambut rontok yang bersifat sementara diantaranya obat kemoterapi yang digunakan dalam pengobatan kanker, antikoagulan, retinoid yang digunakan untuk mengobati jerawat dan kulit, beta-adrenergic blockers yang digunakan untuk mengontrol tekanan darah, dan kontrasepsi oral.

Penyakit yang menjadi penyebab rambut rontok
Telogen effluvium merupakan rambut rontok yang bersifat sementara yang dapat terjadi dalam beberapa bulan setelah mengalami demam tinggi, penyakit parah atau stres yang ekstrim, dan pada wanita kadang-kadang terjadi setelah melahirkan.

Kerontokan rambut juga dapat disebabkan oleh luka bakar, sinar-X (rongsen), dan luka pada kulit kepala. Dalam kasus tersebut, pertumbuhan rambut dapat normal kembali setelah penyebabnya dihilangkan.

Kurap yang disebabkan oleh infeksi jamur juga bisa menyebabkan rambut rontok.

Penyebab alopecia areata, penyakit yang sering menyerang anak-anak atau remaja, tetap tidak dapat dijelaskan. Hal ini dianggap penyakit autoimun, yang berarti bahwa sistem kekebalan tubuh terlalu aktif dengan alasan yang tidak diketahui dan mempengaruhi folikel rambut. Dalam kebanyakan kasus rambut tumbuh kembali, meskipun mungkin sangat halus dan mungkin warna dan ketebalan rambut berbeda dengan sebelumnya.

Perawatan Rambut yang menyebabkan rambut rontok
Meskipun terlalu sering keramas, menggunakan jepit rambut, rol, dan mewarnai rambut tidak menyebabkan kebotakan, tapi dapat membuat rambut menipis dan rapuh sehingga mudah patah.

Rambut yang rapuh dan mudah patah juga dapat disebabkan oleh kepang rambut yang terlalu ketat, pemanas dan penjepit rambut, dsb.

Itulah hal-hal yang menjadi penyebab rambut rontok agar dapat dikenali dan diatasi dengan tepat.

Penyebab Rambut Rontok

Ajukan Pertanyaan

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer