Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan yang Mungkin Anda Alami

Sakit pinggang merupakan gejala yang sering dikeluhkan oleh orang dewasa, terutama mereka yang aktif bekerja. Entah itu sakit pinggang sebelah kanan, kiri, atau ditengah-tengah, yang semuanya tentu sangat menyiksa, bahkan membuat sebagian orang menjadi absen dari pekerjaannya. Ada beberapa yang khawatir apakah nyeri pinggang ini karena kecapean saja atau karena penyakit ginjal, karena sering sekali pasien yang datang berobat dengan keluhan ini selalu menanyakan apakah sakit pinggangnya karena gangguan ginjal atau lainnya.

Pada kesempatan kali ini kita akan membahas beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kanan yang umumnya disebabkan oleh otot-otot yang tegang. Selain itu, nyeri pinggang sebelah kanan juga dapat disebabkan oleh keadaan darurat medis yang serius. Oleh karena itu sangat penting kiranya untuk memahami berbagai penyebab sakit pinggang dan mengenali apakah rasa sakit yang Anda merupakan gejala penyakit yang serius.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kanan

Sakit pinggang bisa terjadi pada waktu tertentu (akut) atau secara terus-menerus (kronis). Nyeri pinggang akut biasanya tajam, intens dan memiliki onset mendadak. Nyeri kronis berlanjut untuk waktu yang lama dan biasanya tidak sesakit nyeri pinggang akut, tapi seiring waktu, akan mempengaruhi kualitas hidup seseorang.

Berikut ini Beberapa penyakit yang menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan:

Tegang Otot

Jika otot lumbal sebelah kanan mengalami ketegangan, maka akan  menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan. Begitu pula sebaliknya untuk sisi yang kiri. Ini merupakan penyebab yang paling sering. Hal ini bisa terjadi jika seseorang membuat gerakan secara tiba-tiba, gerakan tak lazim, atau mengangkat barang-barang berat secara berulang. Rasa sakit pinggang dapat terjadi secara tiba-tiba dan intens atau mungkin meningkat secara bertahap.

nyeri pinggang sebelah kanan

Masalah Empedu

Kandung empedu seseorang jika meradang atau kram rasa sakitnya juga bisa menjalar ke pinggang sehingga dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kanan. Peradangan atau batu empedu merupakan penyebab yang paling sering. Rasa sakit biasanya berpusat di pingang bagian tengah sebelah kanan dan dapat menjalar naik ke bahu. Batu empedu dapat berkembang menjadi keadaan darurat medis, sehingga sangat penting untuk menyadari gejala penting lainnya selain sakit pinggang yaitu nyeri perut. Oleh karena itu jika sakit pinggang disertai dengan sakit perut, mual atau muntah Anda harus mencari perawatan medis segera.

Sciatica

Sciatica merupakan istilah yang diberikan untuk setiap jenis rasa sakit yang disebabkan oleh iritasi atau kompresi saraf siatik (saraf siatik kejepit). Saraf siatik merupakan saraf terpanjang dalam tubuh kita, yang berjalan dari bagian belakang panggul, melalui bokong, sampai ke kaki. Jika yang terlibat adalah saraf sciatic sebelah kanan maka akan menyebabkan sakit pingang sebelah kanan bagian bawah (panggul) yang menjalar sampai ke kaki.

Sakit Pinggang Karena Ginjal

Penyakit ginjal yang dapat menyebabkan sakit pinggang antara lain batu ginjal dan infeksi ginjal. Tergantung pada letak ginjal yang terlibat jika sebelah kanan yang kena maka yang sakit pinggang sebelah kanan, begitu pula sebaliknya.

Pada batu ginjal rasa sakit biasanya nyeri tumpul (kemeng) dan terasa sakit pada pengetukan (nyeri ketok) di area costovertebra angle (pemeriksaan ini dilakukan oleh dokter) dan tak jarang rasa sakit menjalar ke perut hingga selangkangan. Lebih lanjut silahkan baca: Gejala Batu Ginjal

Sedangkan pada infeksi ginjal selain keluhan dan tanda diatas ditambah lagi dengan adanya demam, menggigil, mual, muntah dan gangguan buang air kecil. Jika Anda mengalami sakit pinggang yang seperti ini segeralah mencari pertolongan medis.

Herpes Zoster

Karena herpes zoster ini menyerang saraf maka mungkin saja saraf pada pinggang sebelah kanan terkena sehingga akan timbul rasa nyeri, panas, terkadang disertai rasa kesemutan yang biasanya menjalar sampai perut sesuai jalur saraf dan tak lama kemudian timbul kelainan pada kulit berupa gelembung cairan yang bergerombol. Ciri khas dari herpes zoster ini hanya menyerang sebelah tubuh yakni kanan saja atau kiri saja. Baca lebih lanjut : Herpes Zoster

Jangan sepelekan sakit pinggang sebelah kanan ini, setiap kali terjadi perkirakan apa kemungkinan penyebabnya dan setelah membaca artikel ini saya berharap Anda dapat menyimpulkannya atau setidaknya dapat menambah wawasan. Semoga bermanfaat :)

21 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer