Penyebab Sering Buang Air Kecil dan Cara Mengatasinya

Setiap orang normal pasti buang air kecil setiap harinya, paling tidak 4-8 kali sehari. Namun, apabila lebih sering buang air kecil apalagi sampai mengganggu saat tidur, tentu ini sesuatu yang tak lazim, bisa disebabkan oleh respon normal karena kebanyakan minum atau bisa juga disebabkan oleh penyakit.

Pada kesempatan ini mari kita ketahui hal-hal apa saja yang menjadi penyebab sering buang air kecil dan solusi mengatasinya. Untuk mempermudah, pertama-tama coba cermati gejala yang Anda alami, dalam hal ini saya bagi menjadi 2 yaitu sering buang air kecil tanpa rasa sakit dan sering kencing disertai rasa sakit serta perhatikan makanan dan minuman yang baru-baru ini dikonsumsi. Kemudian sesuaikan gejala dengan penyebabnya yang akan saya uraikan nanti.

Penyebab Sering Kencing dan Cara Mengatasinya

Minum Berlebihan
Coba perhatikan apakah baru-baru ini Anda terlalu banyak minum, minum yang berlebihan membuat Anda sering buang air kecil. Hal ini terjadi karena mekanisme keseimbangan tubuh, ketika air yang tersedia cukup maka sisanya akan dibuang.

Jenis Minuman
Minuman yang mengandung kafein seperti kopi atau teh memiliki sifat diuretik atau memicu buang air kecil. Oleh karena itu, kurangilah minuman tersebut atau menghindarinya ketika dirasa terlalu sering buang air kecil. Selain itu hindari juga alkohol, minuman berkarbonasi, produk-produk berbasis tomat, cokelat, pemanis buatan, dan makanan pedas.

Infeksi Saluran Kemih (ISK)
Infeksi pada saluran kencing terkhusus kandung kemih (Sisitis) akan menimbulkan gejala berupa sering buang air kecil disertai rasa nyeri, panas, atau sakit. Air seni yang keluar sedikit-sedikit. Kondisi seperti ini dikenal dengan istilah anyang-anyangan (bahasa jawa). Untuk mengatasinya diperlukan antibiotik (periksa ke dokter) untuk mengusir bakteri penyebab.

Diabetes Melitus
Gula darah yang tinggi dapat membuat seseorang sering buang air kecil. Hal ini terjadi karena sifat gula yang menarik cairan (hidrofilik). Sering kencing di malam hari saat tidur begitu menganggu bahkan bisa 3-5 kali, gejala lain biasanya sering merasa haus, kesemutan, dan badan lemas. Untuk mengatasi hal ini, maka gula darah harus diturunkan ke level normal dan untuk mencapainya dibutuhkan bantuan dokter. Lebih lanjut silahkan baca: Agar Gula Darah Terkontrol

Kandungan kemih hiperaktif
Sering buang air kecil dapat disebabkan oleh gangguang fungsi pada kandung kemih yaitu  hiperaktif bladder. Hal ini bisa terjadi saat seseorang depresi, stress ataupun cemas. Pengendalian diri dan kontrol terhadap stress adalah solusi mengatasi hal ini.

Hipertrofi prostat
Kelenjar prostat yang membesar (hipertrofi) akan menimbulkan gejala sering buang air kecil tidak lancar, sedikit-sedikit dan tidak lampias. Walaupun suah seselai kencing, tapi rasanya belum tentus dan ini memicu ingin kencing lagi dan lagi. Solusi bisa dengan obat-obatan (perlu resep dokter) sampai tindakan operasi.

Penggunaan obat diuretik
Obat-obat diuretik biasanya digunakan untuk mengobati tekanan darah tinggi. Obat ini memiliki mekanisme kerja meingkatkan pembuangan cairan tubuh melalui ginjal sehingga menyebabkan sering buang air kecil. Konsultasikan dengan dokter jika Anda terganggu dengan kencing yang berlebihan ketika menggunakannya.

Ingat selalu gejala apa saja yang menyertai keluhan sering buang air kecil yang Anda alami, karena hal ini penting sebagai bahan pertimbangan untuk menentukan diagnosis dan terapi yang tepat. Sekian, semoga bermanfaat :)

20 Komentar

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer