Penyebab Tremor (Gemetaran) dan Cara Mengatasi

Mungkin banyak bertanya-tanya “Mengapa tangan saya jadi gemetaran?” Dalam istilah medis ini disebut penyakit tremor, bagi siapa saja yang mengalaminya sangat penting untuk mengatahui penyebab tremor dan bagaimana pengobatannya.

Penyakit tremor sebenarnya menyebabkan gemetar umum yang mempengaruhi seluruh tubuh, namun yang paling jelas terlihat adalah tremor tangan. Tremor pada tangan  tentu akan mengganggu aktivitas sehari-hari, seperti menulis dan menggunakan komputer.

Banyak orang yang khawatir dan takut berkaitan dengan penyebab tremor yang ia alami, khawatir jangan-jaangan itu disebabkan oleh kerusakan otak atau gangguan neurologis, seperti Parkinson. Namun, penting untuk tidak panik, karena ada banyak alasan lain mengapa seseoang bisa mengaami tremor.

penyakit tremor

Penyebab Tremor

Gangguan Kecemasan

Tubuh kita memiliki mekanisme alamiah yang disebut “fight or flight” adalah cara tubuh kita mempersiapkan diri menghadapi situasi genting, seperti situasi berbahaya, atau yang mengancam. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya Adrenalin dalam aliran darah. Namun, jika mekanisme fight or flight terus dipacu secara berlebihan, maka seseorang bisa menderita gangguan kecemasan. Gemetar ini dapat menyebabkan penderitaan yang cukup, dan pasien mungkin bertanya “Mengapa saya gemetar?”, Terutama jika mereka mencoba untuk tetap tenang. Baca juga: Telapak Tangan Berkeringat

Gula Darah Rendah

Jika Anda belum makan untuk sementara waktu, atau shock setelah peristiwa traumatis atau cedera, kadar gula darah bisa saja rendah, dan ini dapat menyebabkan tremor.

Kelebihan Kafein

Kafein bertindak sebagai stimulan, mempersiapkan tubuh untuk respon “fight or flight“. Jika Anda minum kafein berlebihan, maka akan memiliki terlalu banyak energi dan tidak dapat menenangkan tangan Anda sehingga ini bisa menjadi penyebab tremor. Baca juga: Efek Bahaya Minum Kopi

Tiroid yang Terlalu Aktif (Hipertiroid)

Tremor, penurunan berat badan dan kelelahan merupakan gejala-gejala dan tanda bahwa seseorang mungkin memiliki tiroid yang terlalu aktif atau dalam istilah medis disebut sebagai hipertiroid, suatu kondisi di mana metabolisme tubuh terlalu cepat sehingga akan cepat membakar terlalu banyak energi.

Kelelahan Fisik

Gemetaran pada tungkai dapat terjadi ketika seseorang terlalu banyak olah raga atau kerja fisik, itu terjadi karena kelelahan pada otot-otot. Anda juga mungkin merasa kram otot dan kelemahan.

Nikotin

Meskipun banyak orang merasa santai setelah merokok, nikotin dalam rokok dapat mengganggu sambungan neuromuskuler, sehingga gerakan menimbulkan gerakan otot tak sadar. Hal ini bisa juga menjadi penyebab tremor. Baca juga: Bahaya Rokok Elektrik

Alcohol Withdrawal

Seorang peminum alkohol bisa mengalami tangan gemetar jika mereka berhenti minum tiba-tiba. Mereka juga mungkin mengalami keringat berlebihan, sakit kepala, mual dan detak jantung yang cepat.

Parkinson

Parkinson terjadi ketika saraf yang memproduksi dopamin yang dominan mengelola kontrol gerakan otot menjadi rusak. Onset tremor mendadak dapat terjadi pada saat istirahat atau selama gerakan disengaja.

Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis adalah suatu kondisi dimana selubung myelin yang mengelilingi saraf menjadi rusak. Hal ini akan memperlambat impuls saraf, mengganggu kontrol gerakan, dan pasien mungkin mengalami serangan tremor.

Penyebab tremor lainnya

  • Kerusakan otak, akibat tumor otak, stroke, atau cedera kepala.
  • Tremor Essential. Gemetar seluruh tubuh mungkin karena rusaknya saraf.
  • Obat. Albuterol, yang biasa digunakan untuk mengobati asma, dapat menyebabkan kejang. Obat lain, termasuk anti-depresan dan obat stres juga dapat menyebabkan tremor.

Pengobatan Penyakit Tremor

Pengobatan tremor akan disesuaikan dengan penyebabnya. Ada beberapa obat tremor yang bisa digunakan. Ini termasuk beta-blocker, obat anti-kejang, obat penenang, Botox, dan obat-obatan lainnya.

Namun, jika dokter tidak dapat mengidentifikasi penyebab tremor padahal sudah dilakukan pemeriksaan fisik yang lengkap, maka bisa jadi penyakit tremor yang Anda alami ada kaitannya dengan gangguan kecemasan. Jika hal ini terjadi, mungkin teknik relaksasi akan berguna, seperti latihan pernapasan.

Akupunktur merpuakan pilihan lain, yang telah terbukti dapat mengontrol atau setidaknya meringankan tremor pada pasien tertentu.

Metode berikut juga dapat membantu mengatasi tremor:

  • Batasi asupan alkohol, karena hal ini nyata dapat mempengaruhi sistem saraf pusat, memperburuk penyakit  tremor.
  • Hindari kafein, zat perangsang yang mempromosikan pelepasan adrenalin dalam tubuh, yang dapat memperburuk gemetar.
  • Seorang terapis fisik dapat mengajarkan Anda latihan yang dapat Anda lakukan dengan mengangkat bobot ringan pada tangan untuk menciptakan stabilitas di tangan dan lengan sehingga dapat mengurangi atau bahkan mengatasi tremor.

mari kita berteman di

Situs ini hanya sebagai sumber informasi, tidak boleh dianggap sebagai nasihat medis, diagnosis ataupun anjuran pengobatan. Baca disclaimer